Terapkan Ganjil Genap, Polda Metro Hentikan Penyekatan di Jakarta

11/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ditlantas Polda Metro Jaya menghentikan penyekatan di Jakarta mulai 11 Agustus 2021 dan menggantinya dengan sistem ganjil genap dari pagi hingga malam.

Penyekatan di Jakarta resmi dihentikan mulai Rabu, (11/8/2021) atau sehari usai keputusan perpanjangan PPKM Level 4. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal menggantinya dengan cara lain.

"Mulai besok penyekatan di 100 titik akan kita hentikan dan kita ganti dengan 3 cara bertindak yang baru, terkait dengan pengendalian mobilitas," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Terapkan Ganjil Genap

3 cara yang dimaksud, yang pertama adalah sistem ganjil genap. Sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Nomor 320 Tahun 2021, ganjil genap bakal diuji coba di 8 ruas jalan mulai 12 Agustus.

Foto Kombes Sambodo Purnomo Yogo

Polisi hentikan penyekatan di Jakarta

“Di delapan ruas jalan mulai tanggal 12 Agustus, hari Kamis, akan kita berlakukan/uji cobakan pembatasan sistem ganjil genap mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB,” kata Kombes Sambodo.

Berikut lokasinya:

  1. Jalan Sudirman
  2. Jalan MH Thamrin
  3. Jalan Merdeka Barat
  4. Jalan Majapahit
  5. Jalan Gajah Mada
  6. Jalan Hayam Wuruk
  7. Jalan Pintu Besar Selatan
  8. Jalan Gatot Subroto

>>> Daftar 13 Kendaraan yang Boleh Melintas di Kawasan Ganjil Genap

STRP tetap wajib

Meski tidak lagi dilakukan penyekatan, pengendara yang melintas di 8 ruas jalan di atas tetap wajib membawa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP). Petugas akan melakukan pemeriksaan secara acak untuk hal tersebut.

“Dan ini (sistem gage) diterapkan untuk roda empat ke atas, roda dua nggak berlaku. STRP tetap menjadi persyaratan tapi tak lagi melakukan penyekatan di 100 titik, hanya delapan saja,” jelas Kombes.

Foto menunjukkan Pemeriksaan kendaraan di hari terakhir penyekatan PPKM Level 4 Jakarta

Pekerja infomal wajib menunjukkan STRP jika berkendara di ibu kota

Untuk ruas jalan yang lain menunggu evaluasi. Termasuk juga apakah ganjil genap bakal dilanjutkan atau tidak.

“Dan tidak menutup kemungkinan kalau delapan titik ini tak efektif, maka bisa saja kami akan menambah kawasan untuk pengendalian mobilitas dengan sistem ganjil genap,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui PPKM Jawa Bali masih berlaku dan diperpanjang lagi mulai 10 Agustus hingga 16 Agustus 2021. Namun untuk penyekatan jalan, beberapa wilayah sudah mengakhirinya lebih awal dari penyekatan di Jakarta. Seperti 27 akses tol di Jawa Tengah serta akses masuk Kota Semarang.

Ditlantas Polda Metro sendiri masih melakukan penyekatan hingga hari terakhir sebelum perpanjangan, yaitu 9 Agustus 2021.

>>> PPKM Jawa Bali Diperpanjang, 16 Kota-Kabupaten Turun Level

Gambar pengumuman Ganjil Genap Jakarta

Ganjil genap kembali diterapkan di ibu kota

>>> Tinggal di Jakarta, temukan mobil impianmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top