Tepis Anggapan Miring Biosolar B30, Ini Tanggapan Para APM

31/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tepis Anggapan Miring Biosolar B30, Ini Tanggapan Para APM
Muncul anggapan kalau bahan bakar Biosolar B30 bisa membetuk gel di daerah dingin sehinga tidak aman digunakan. Ini tanggapan sebenarnya dari para APM!

Bahan bakar Biosolar B30 atau campuran 30 persen bahan bakar nabati dan solar sudah dijual sejak 1 Januari 2020 di seluruh SPBU Pertamina. Bahan bakar ini menggantikan biosolar B20 dan menjadi pilihan lain bagi pemilik mobil diesel saat pengisian BBM selain Dexlite dan Pertamina Dex.

Foto menunjukkan saat Presiden Jokowi meluncurkan BBM Biosolar B30

Biosolar B30 resmi dipasarkan mulai 1 Januari 2020

Dalam perjalanannya sejak mulai dipasarkan beragam respon muncul. Diantara yang paling santer, Biosolar B30 berubah menjadi gel saat dipakai di daerah bersuhu dingin seperti Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, yang membuat mesin mobil susah dihidupkan.

>>> Ada Banyak Faktor, Inilah Penyebab Mobil Boros BBM

Tanggapan para APM

Tak ingin berlama-lama Tim Teknis B30 dari Kementerian ESDM pun turun langsung, menghubungi beberapa perwakilan APM (Agen Pemegang Merek) untuk mengkonfirmasi kebenaran hal ini, diantaranya PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Hino Motor Manufacturing Indonesia dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Dan berikut tanggapan dari mereka sebagaimana dirilis Kementerian ESDM di laman resminya, (28/1/2020).

  • Isuzu

Prototype & Test Dept. Head, PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Harmoko Setyawan, menuturkan hingga saat ini pihaknya belum menerima keluhan dari konsumen terkait penggunaan Biosolar B20 maupun B30. Komponen kendaraan Isuzu yang terkait fuel line, sudah memenuhi standar penggunaan Biosolar sejak tahun 2016. "Kami akan berkoordinasi lebih intensif dengan seluruh bengkel Isuzu, untuk meminimalkan dampak yang mungkin terjadi", tutur Harmoko.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil berkualitas di sini

  • Hino

Banner Hino menyatakan dukungan terhadap program B30

Hino menyatakan kesiapannya mengikuti program B30

Product License & Certification at PT. Hino Motor Manufacturing Indonesia, Andi Tauji juga menyatakan belum ada konsumen yang mengadukan keluhan kendaraan gara-gara mengkonsumsi B30. "Sampai saat ini belum ada pengaduan atau keluhan dari konsumen terkait dengan penggunaan B30", katanya.

  • UD Trucks

UD Product Management, Catur Satyawira, juga belum menemukan komplain dari konsumennya sehubungan penggunaan Biosolar B30, termasuk yang berada di daerah dingin. "Sesuai dengan test yang dilakukan bersama dengan Kementerian ESDM, terbukti UD Truck tidak ada kendala masalah mengenai mesin", ungkap Catur.

  • GAIKINDO

Asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) juga melakukan konfirmasi terhadap beberapa APM. Hasilnya, "Belum ada laporan yang diterima APM mengenai problem filter blocking tersebut", tutur Sekretaris Gabungan Kepala Kompartemen Teknik Lingkungan dan GAIKINDO, Abdul Rochim.

>>> Berteknologi Canggih Tapi Kendaraan Niaga Mercedes-Benz Siap Pakai Bahan Bakar B30

Kesimpulan

Foto Biosolar B30, sampel untuk uji coba

Biosolar B30 aman dipakai mobil diesel

Bahan bakar Biosolar B30 aman digunakan pada semua mobil bermesin diesel, meskipun di daerah bersuhu dingin. Hasil uji jalan B30 yang dilakukan sepanjang tahun 2019 yang diikuti sejumlah APM menunjukkan tidak terjadi dampak yang signifikan antara penggunaan B20 dengan B30. Selain itu juga uji start-ability yang dilakukan di dataran tinggi Dieng menunjukkan bahwa kendaraan dapat dihidupkan dengan normal setelah didiamkan (soaking) sampai 21 hari dengan menggunakan B30.

Terkait kendaraan lain yang mengeluhkan terjadi masalah usai menggunakan B30 tidak bisa seratus persen diyakini penyebabnya murni dari B30, alias bisa saja terjadi karena sebab lain.

>>> Berita otomotif lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Berteknologi Canggih Tapi Kendaraan Niaga Mercedes-Benz Siap Pakai Bahan Bakar B30

17/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Meski truk maupun bus modern lansiran Mercedes-Benz telah mengusung beragam teknologi canggih, tapi ternyata produk mereka sudah siap pakai bahan bakar B30

Lihat juga

BBN B30 Baru Diluncurkan, Pemerintah Sudah Targetkan B40 dan B50

25/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Bahan Bakar Nabati Biodiesel 30 persen atau BBN B30 baru saja diluncurkan. Meski demikian pemerintah siap melanjutkan ke B40 tahun depan dan B50 di 2021.

Lihat juga

Pertamina Biodiesel B30 Mulai Tersedia, Harga Lebih Murah dari Solar

23/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Pertamina sudah siap untuk memasrkan bahan bakar solar jenis baru, yaitu Biodiesel B30. Bahkan harga bahan bakar ini diklaim lebih murah dari solar biasa.

Lihat juga

DFSK Turut Andil Dalam Uji Coba Dan Perkenalan Solar B30

17/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Program pengembangan bahan bakar alternatif menjadi perhatian serius pemerintah dengan melakukan uji coba dan perkenalan bahan bakar Solar B30. DFSK menjadi salah satu APM yang mendukung penuh program pemerintah dalam menghadirkan solar B30 kepada masyarakat.

Lihat juga

B30 Dimulai 2020, Tahun Ini Pemerintah Mulai Uji Coba

23/05/2019

Pasar mobil

3 menit

Agenda Pemerintah Indonesia terkait Biodiesel nyatanya mulai dikembangkan baru-baru ini. Terbukti pemerintah mengajak kendaraan komersial untuk menguji campuran Biodiesel 30 persen (B30), mengamati dampak yang dihasilkan.

Lihat juga
 
back to top