Bayar Pajak Kendaraan Selama Libur Lebaran Bisa Lewat Online

11/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Jangan khawatir jika pajak kendaraan bermotor Anda habis saat masa libur Lebaran. Ada dispensasi bayar pajak selama libur Lebaran atau Anda bisa manfaatkan aplikasi untuk bayar pajak online.

Berdasarkan instruksi dari Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN RB RI, kantor pelayanan pajak kendaraan bermotor atau Samsat ditutup sementara selama libur Lebaran mulai tanggal 12 Mei 2021 dan beroperasi kembali pada Senin, 17 Mei 2021.

Kantor Samsat

Kantor Samsat tutup saat libur Lebaran

Lalu bagaimana jika pajak kendaraan bermotor Anda jatuh tempo saat masa libur Lebaran? Jangan khawatir sebab akan ada dispensasi. Sesuai dengan Perda No. 6 Tahun 2010, pajak kendaraan bermotor yang jatuh tempo pada hari libur jika dibayarkan saat hari kerja berikutnya tidak akan kena denda. Jadi, segera bayar pada tanggal 17 Mei 2021 agar Anda tidak kena denda.

>>> 7 Terminal Bus Jabodetabek Berhenti Beroperasi saat Ada Larangan Mudik 2021

Bayar Pajak Juga Bisa Lewat Online

Aplikasi Si Ondel

Bayar bisa lewat aplikasi Si Ondel

Sebenarnya di tengah kesibukan berkumpul di momen Lebaran, Anda juga bisa tetap membayar kewajiban pajak kendaraan online. Manfaatkan aplikasi Si Ondel, Samsat Online Delivery, yang diluncurkan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berkolaborasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda DKI Jakarta untuk memudahkan Anda memperpanjang dan membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus repot ke kantor Samsat.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Si Ondel di PlayStore atau AppStore. Ada beberapa fitur pada aplikasi ini. Aplikasi Si Ondel memiliki fitur real time tracking dalam proses pengiriman atau pengantaran Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) yang baru bisa dilakukan setelah libur Lebaran berakhir. Untuk Anda yang berdomisili di DKI Jakarta, pembayaran pajak online bisa dilakukan melalui Bank DKI atau aplikasi JAKONE Mobile.

>>> 3 Cara Cek Plat Nomor Jatim dan Provinsi Lainnya yang Bisa Anda Coba

Cara Bayar Pajak Lewat Aplikasi Si Ondel 

Bayar pajak kendaraan

Membayar pajak online hanya untuk yang tidak memiliki tunggakan

Cara pembayaran pajak melalui aplikasi Si Ondel juga terbilang mudah. Sebagai layanaan pengesahan STNK tahunan dan pembayaran PKB wilayah DKI Jakata, berikut ini mekanisme menggunakan aplikasi Si-Ondel:

  • Pemohon diwajibkan untuk registrasi dan bayar PKB via e-Samsat DKI.
  • Order delivery melalui aplikasi Si Ondel.
  • Driver Si Ondel akan mengambil Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) di loket samsat Drive Thru terdekat.
  • Driver Si Ondel akan mengirimkan TBPKP ke alamat tujuan.
  • Pemohon akan menerima TBPKP dan stiker pengesahan STNK. 

Namun, pastikan jika Anda tidak ada tunggakan pajak lebih dari satu tahun jika menggunakan Si Ondel. Sementara untuk pemilik kendaraan yang memiliki tunggakan pajak atau pajak bersamaan dengan penggantian STNK harus datang langsung ke kantor Samsat.

>>> Baca artikel seputar info lalu lintas di sini

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top