Temui Presiden Jokowi, Hyundai Siap Bikin Pabrik di Indonesia

26/07/2019

Pasar mobil

2 menit

Industri otomotif di Indonesia tampaknya masih menjadi primadona para pabrikan dunia. Setelah dua tahun lalu pabrik Wuling, merek otomotif asal China berdiri, kini giliran Hyundai yang siap bangun pabrik di Indonesia. Meski merek Hyundai sudah cukup lama beredar di Indonesia, namun pembangunan pabrik ini menjadi sinyal positif untuk industri otomotif di Indonesia.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kemarin Kamis (25/7) mengunggah foto di Instagram dengan keterangan menerima delegasi Hyundai Motors Group di Jakarta untuk membahas rencana investasi Hyundai di Indonesia. Dalam unggahan tersebut diberi informasi bahwa salah satu raksasa otomotif Korea Selatan ini sedang menjajaki beberapa kawasan lokasi pabrik di Indonesia.

>>> Melihat ke Dalam Kabin Hyundai Kona 2019 yang Lega dan Menawan

Presiden Jokowo bertemu perwakilan Hyundai Motors Group

Foto yang diunggah di Instagram Presiden Jokowi bertemu dengan manajemen Hyundai Motors Group

Tidak hanya membahas soal investasi, Presiden Jokowi juga menyatakan berdiskusi tentang masa depan teknologi di dunia otomotif seperti electric vehicle (EV), fuel cell vehicle, dan autonomous vehicle. Bahkan kabarnya industri otomotif (dunia) juga sedang mempertimbangkan untuk produk flying vehicle.

>>> Berita pasar mobil menarik lainnya di Cintamobil.com

Kabar ini pun dibenarkan oleh sumber internal PT Hyundai Mobil Indonesia yang enggan disebut namanya. “Benar (akan bangun pabrik di Indonesia),” ujarnya kepada Cintamobil.com. Saat ditanya lebih lanjut lokasi pabrik Hyundai nantinya, sumber tersebut mengatakan masih dalam tahap negosiasi.

Produk Hyundai H-1 berwarna cokelat

Hyundai H-1 sudah dirakit di pabrik Hyundai, Karawang saat ini bahkan di ekspor ke beberapa negara

“Tapi hampir dipastikan daerah Jawa Barat,” ungkapnya tanpa memberi tahu lebih detail kota mana yang akan menjadi pusat pabrik Hyundai kedepannya. Adapun soal produk apa yang dirakit di pabrik baru nanti, sumber tersebut belum mau memberi informasi detail. Tetapi bisa dipastikan tidak semua lini produk Hyundai CKD (completely knock down). “Sama seperti merek lain, tetap ada produk yang CBU (completely build up),” tutupnya.

>>> Beragam mobil baru berteknologi tinggi bisa Anda dapatkan di sini

>>> Simak informasi otomotif terupdate lainnya hanya di situs Cintamobil.com

 
back to top