Tempat Wisata di Semarang Tutup Sampai PPKM Darurat Selesai

06/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Anda yang mau piknik ke Semarang sebaiknya ditunda. Selain akses masuk kota disekat, sejumlah tempat wisata di Semarang juga tutup sampai PPKM Darurat selesai.

Operasional sejumlah sektor dibatasi dan ditutup selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali 3-20 Juli 2021. Salah satunya sektor fasilitas umum yang meliputi area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan area publik yang lain.

Tempat wisata di Semarang tutup

Di Semarang Jawa Tengah, mayoritas tempat wisata juga tidak menerima kunjungan. Baik tempat wisata yang berada di kota maupun di kabupaten. Berikut diantaranya:

  • Simpang Lima

Diunggah akun IG @seputarsemarang, Kawasan Simpang Lima ditutup 24 jam sampai 20 Juli 2021. Penutupan bahkan meluas ke Jalan Pandanaran sampai Jalan Merbabu, sebagian Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Pahlawan.

>>> 5 Destinasi Wisata Lokal di Semarang

Foto Kawasan Simpang Lima Semarang

Kawasan Simpang Lima tutup total selama PPKM Darurat

  • Lawang Sewu

Tempat wisata yang berada di Kawasan Tugu Muda ini juga tidak menerima kunjungan sampai PPKM Darurat selesai tanggal 20 Juli 2021.

  • Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng yang berada di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat tidak menerima kunjungan wisata karena digunakan sebagai salah satu sentra vaksinasi oleh Pemkot.

  • Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang ditutup sementara untuk berbagai kegiatan publik, termasuk kunjungan wisata. Meski demikian tempat ini masih bisa digunakan untuk beribadah shalat lima waktu dengan physical distancing, kecuali Shalat Jum’at, untuk sementara tidak digelar di masjid terbesar di Jawa Tengah ini.

Foto pengendara sepeda motor melakukan Vaksinasi Drive Thru di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang

Untuk sementara waktu Klenteng Sam Poo Kong difungsikan sebagai sentra vaksinasi

  • Dusun Semilir dan Eling Bening

Dua tempat wisata keluarga di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang ini ditutup sementara dan akan dibuka setelah mendapatkan pemberitahuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

  • Saloka Theme Park

Saloka Theme Park beralamat di Jalan Fatmawati, Lopait Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Tempat wisata ini tutup sementara bahkan sejak akhir Juni 2021 atau sebelum PPKM Darurat dimulai.

“Berdasarkan instruksi Bupati No 16 Tahun 2021 tentang "Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Kab. Semarang". Maka untuk sementara waktu Saloka tidak beroperasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.” unggah pengelola Saloka di akun Instagram @salokapark.

>>> Trik Aman Mengemudi Mobil Besar di Masa PPKM Darurat

Foto pengumuman Penutupan sementara Saloka Theme Park Kabupaten Semarang

Saloka Theme Park tutup sementara waktu

  • Candi Gedong Songo, Palagan Ambarawa, Bukit Cinta Rawa Pening, Water Park Muncul, dan Kolam Renang Muncul

Kelima tempat wisata milik Pemkab Semarang ini sudah ditutup sejak akhir Juni 2021, sesuai Instruksi Bupati No. 16 Tahun 2021. Di masa PPKM Darurat ini penutupan berlanjut. Pembukaan kembali menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Nah, buat Anda yang punya rencana berkunjung ke tempat wisata di Semarang sebaiknya ditunda dulu. Jangan nekat berangkat karena perjalanan Anda bisa jadi sia-sia. Selain tempat wisatanya ditutup, untuk akses ke Kota Semarang via jalan tol juga disekat ketat. Sebagian ditutup total, sebagian yang lain dilakukan sistem buka tutup dan dilakukan pemeriksaan pengendara.

>>> PPKM Darurat di Semarang, 5 Gerbang Tol Masuk Kota Tutup Total

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top