Tempat Parkir Darurat Tol Japek II Elevated Ditargetkan Selesai Maret

13/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga menargetkan pada bulan Maret 2021, 4 tempat parkir darurat (emergency parking bay) di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated bisa digunakan.

Pembuatan tempat parkir darurat (emergency parking bay) di 4 titik jalan tol layang Jakarta-Cikampek / Tol Japek II Elevated terus berlanjut. Berdasarkan informasi yang dibagikan Jasa Marga, pekerjaan fisiknya sudah hampir selesai dengan progres mencapai 85 persen.

“Saat ini progres pembangunan di empat lokasi sudah lebih dari 85%” tulis Jasa marga di akun Instagram @official.jasamarga, (12/1/2021).

Secara terperinci, progres keempat-nya adalah 96,1 persen untuk 1A KM 21 (Arah Cikampek), 88,8 persen untuk 2A KM 41 (Arah Cikampek), 86,1 persen untuk 2B KM 39 (Arah Jakarta), dan 89,1 persen untuk 1B KM 22 (Arah Jakarta).

>>> 4 Konsep Emergency Plan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Foto menunjukkan Jalan Tol jakarta-Cikampek existing dan elevated

Tol Jakarta-Cikampek II elevated mempercepat waktu perjalanan

Selesai Bulan Maret

Lebih lanjut, ke-4 tempat parkir darurat ini ditargetkan bisa selesai bulan Maret 2021 mendatang dan segera bisa digunakan. Pengendara yang yang mengalami kendala pada kendaraannya bisa berhenti di tempat tersebut sambil menunggu bantuan datang. Itu akan lebih aman dan nyaman serta tidak mengganggu lalu lintas.

“Seluruh Emergency Parking Bay ini ditargetkan dapat digunakan pada Maret 2021,” jelas Jasa Marga.

Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Seperti diketahui, jalan Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek II) Elevated adalah tol layang terpanjang di Indonesia. Panjangnya 38 kilometer membentang dari Cikunir hingga Karawang Timur. Sejak awal jalan tol ini dibuat tanpa gerbang keluar selain di ujung barat dan di ujung timur tanpa rest area, tanpa area parkir darurat, dan tanpa jalur evakuasi.

Masalah besar muncul saat terjadi insiden seperti kecelakaan yang beberapa kali terjadi. Atau saat ada mobil mogok di tengah tol karena masalah teknis. Jasa Marga akhirnya memutuskan membuat jalur evakuasi berupa tangga darurat (Emergency Access) dan tempat parkir darurat (emergency parking bay).

Penambahan fasilitas ini juga menjadi bagian dari peningkatan pelayanan jalan tol. Utamanya karena sejak diresmikan pada 12 Desember 2019 oleh Presiden Joko Widodo dan dioperasikan tanpa tarif, jalan tol ini ramai digunakan. Selain mengurai kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek existing (tol bawah) juga mempersingkat jarak tempuh bagi pengendara dari Jakarta yang menuju arah timur, Tol Trans Jawa dan Tol Cipularang.

>>> Begini 5 Cara Berkendara Aman di Jalan Tol yang Baru Dibuka

Gambar menunjukkan 4 Konsep emergency plan Tol Layang Jakarta Cikampek

Jasa Marga terus meningkatkan pelayanan

>>> Berita menarik lainnya bisa ditemukan disini

 

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top