Teknologi Toyota Ini Bisa Bikin Mobil Mencuci Sendiri Secara Otomatis

06/01/2021

Pasar mobil

2 menit

Bukan hanya mempersiapkan mobil yang bisa berjalan sendiri, teknologi Toyota terbaru ini bisa membantu Anda dengan mencuci mobil tanpa bantuan manusia.

Bayangkan sebuah dunia dimana mobil Anda bisa mengantarkan Anda di malam hari tanpa harus menyetir, atau saat robot memasak makan malam ketika Anda kelelahan setelah bekerja. Tetapi, bagaimana jika Anda sedang ingin bersantai tapi mobil kotor dan perlu dicuci? Sebuah rencana terbaru dari teknologi Toyota ini bisa sangat membantu di masa depan.

Sistem otonom tingkat tinggi

Keinginan Toyota untuk membuat mobil yang bisa mencuci secara otomatis terlihat dari paten yang diajukan Toyota melalui US Patent and Trademark Office yang terungkap pada tanggal 24 Desember silam. Dilansir dari berbagai media, perusahaan paling bernilai tahun 2020 ini mendaftarkan aplikasi sistem pencucian mobil otomatis.

sistem otonom yang digunakan pada mobil futuristik
Sistem ini akan digunakan pada mobil otonom

>>> Toyota Motor Corporation Laporkan Rekor Produksi di Bulan November

Sayangnya fitur baru ini baru akan digunakan pada kendaraan otonom tingkat 4 maupun 5, yaitu mobil yang bisa berkendara tanpa bantuan manusia. Sistem ini telah dirancang untuk armada taksi agar tetap bersih, terhindar dari kerumitan dan biaya perawatannya.

Gambar paten Toyota ini relatif sederhana. Digunakan untuk mobil otonom atau swakemudi, mobil tersebut akan terhubung ke server berbasis cloud. Sistem akan menilai apakah mobil perlu dicuci atau tidak, serta mencari dan berkendara sendiri ke fasilitas pencucian mobil secara otomatis.

>>> 5 Alasan Ini Membuat Toyota Corolla Cross Hybrid Cocok di Indonesia

Paten terbaru Toyota

Dalam penjelasannya, paten tersebut mengatakan bahwa sistem akan menilai kendaraan dengan memperoleh informasi perjalanan kendaraan. Teknologi ini bisa menilai apakah kondisi kendaraan memenuhi kondisi mobil perlu dicuci atau tidak. Kondisi pencucian mobil termasuk ketika mobil dibawa bepergian di jalan yang tidak beraspal.

teknologi Toyota yang bisa mencuci secara otomatis
Teknologi Toyota yang bisa mencuci mobil secara otomatis

Pada dasarnya, dua sistem dipersiapkan dan untuk menilai apakah mobil dianggap masih bersih, atau mobil sudah melebihi batas kebersihan berdasarkan kondisi kendaraan. Setelah itu, mobil secara otomatis berkendara ke tempat pencucian mobil. Semua ini dilakukan tanpa ada campur tangan manusia yang terlibat.

Memang masih belum ada kepastian kapan teknologi ini digunakan pada mobil baru Toyota. Selain itu, ada banyak teknologi Toyota lainnya yang sudah bisa dinikmati, seperti sistem Adaptive Front-Lighting System yang didesain untuk mengikuti roda depan ketika Anda menikung, sehingga bisa meningkatkan visibilitas ketika berkendara.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas Toyota di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top