Teknologi Keselamatan Berkemudi CAN Drive akan Diuji Coba di Canberra

28/04/2018

Pasar mobil
Share this post:
Teknologi Keselamatan Berkemudi CAN Drive akan Diuji Coba di Canberra
Sebentar lagi, pengendaraan mungkin akan menyamai mobil-mobil yang ada pada film fiksi ilmiah. Setelah perkembangan kemudi otomatis mulai dilakukan, CAN Drive yang dibuat oleh Seeing Machines akan menganalisa gerak gerik dan ekspresi wajah untuk meberi peringatan ketik pengemud kehilangan fokus dari jalan.

Pemimpin teknologi untuk computer vision dalam melihat, memahami dan membantu manusia, sedang dalam tahap akhir pengembangan CAN Drive. Uji coba kendaraan otomatis pertama yang berfokus pada prilaku pengemudi ini akan mulai dilakukan di Sutton Driver Training Track, Canberra, Australia. Uji coba ini akan membuktikan seberapa cepat pengemudi kembali mengendalikan kendaraan otomatis.

Dalam peranti lunak yang dibuat oleh Seeing Machines ini, CAN Drive akan memantau pengemudi melalui gerak gerik dan ekspresi wajah. Sistem akan menganalisa dan memberikan peringatan ketika pengemudi kehilangan fokus dari jalan.

Gambar yang menunjukan Ken Kroeger, Chairman & CEO, Seeing Machines, meluncurkan Uji Coba Tahap 1

Ken Kroeger, Chairman & CEO, Seeing Machines, meluncurkan Uji Coba CAN Drive

Proyek otomatisasi Seeing Machines didukung oleh Rachel Stephen-Smith MLA dan ACT Government dengan menanamkan investasi sebesar A$ 1,35 Juta untuk pengembangan sistem ini. "Seeing Machines memimpin dunia dengan langkah menguraikan interaksi antara manusia dan mesin, sejalan dengan kian berkembangnya kendaraan otomatis," terang Rachel Stephen-Smith MLA.

>>> Baca juga Mobil kamera tercepat Lamborghini Huracan

Seeing Machine juga mengajak pengendara lain di Canberra untuk mengikuti uji coba ini. Seletah melakukan uji coba di Sutton Driver TT, perusahaan akan melakukan tes uji coba di jalanan asli Canberra untuk mengkaji perilaku pengemudi dalam situasi nyata.

"Canberra merupakan kota yang maju dan berkembang serta memiliki reputasi sebagai lokasi uji coba teknologi baru serta model bisnis inovatif yang dapat meningkatkan kehidupan warganya: kami telah mendukung Uber masuk ke Canberra, kami juga telah menggelar uji coba pengantaran barang dengan pesawat nirawak (drone) yang pertama di dunia, dan kini kami memprakarsai penelitian yang membuat kendaraan otomatis menjadi lebih aman," jelas Rachel.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Gambar yang menunjukan mobil CAN Drive berwarna biru yang sedang melaju di jalanan

CAN Drive akan diuji coba di jalanan Canberra

Kelak, data CAN Drive diakui disa dikembangkan dalam upaya peningkatan keselamatan mengemudi di seluruh dunia. Dengan platform pantauan mengemudi, teknologi otomatis dalam banyak bidang transportasi akan digunakan untuk mengutamakan aspek keselamatan berkendara, sebagaimana dijelaskan oleh Chairman Seeing machine, Ken Kroeger.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top