Teknologi Audi C-V2X Bantu Ingatkan Pengemudi Saat Ada Anak Sekolah

28/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Teknologi Audi C-V2X Bantu Ingatkan Pengemudi Saat Ada Anak Sekolah
Teknologi Audi C-V2X memungkinkan untuk memberi peringatan kepada pengemudi, saat memasuki zona sekolah atau mobil mendekati bus sekolah yang sedang berhenti untuk menaikkan atau menurunkan para siswa.

Audi belum lama ini memamerkan teknologi baru yang mereka namakan Cellular Vehicle-to-Everything (C-V2X). Teknologi ini dianggap dapat memberikan rasa aman tambahan kepada para penggunanya, baik keamanan untuk pengemudi dan penumpang, juga keamanan untuk pengguna jalan lain.

Menurut Audi, teknologi baru ini merupakan hasil kerjasama dengan Applied Information dan Temple Inc. Dan rencananya teknologi Audi C-V2X akan diterapkan demi meningkatkan keselamatan di zona sekolah.

>>> Teknologi Safety Shield 360 Akan Hadir di 10 Mobil Populer Nissan

Akan Memberikan Peringatan Saat Memasuki Zona Sekolah

School Zone

Teknologi dikembangkan demi menekan angka kecelakaan yang melibatkan pelajar

Dilansir dari Carbuzz, Rabu (28/10/2020), teknologi Audi C-V2X akan memberi tahu penggunanya jika mereka memasuki zona aman sekolah. Teknologi ini juga akan memberikan peringatan saat ada anak-anak melintas di depan mobil. Bahkan peringatan juga bakal muncul saat mobil yang terpasang C-V2X mendekati bus sekolah yang sedang berhenti menjemput atau menurunkan siswa.

Kemudian, teknologi tersebut juga akan memberikan ifnromasi hitungan mundur dari posisi lampu merah menyala sampai berganti lampu hijau. Dan apabila mobil terdeteksi melebihi kecepatan rata-rata sementara di depan ada zona sekolah atau ada anak-anak yang melintas, maka sensor akan langsung memberikan peringatan.

"Meningkatkan keselamatan di zona sekolah dan halte bus adalah prioritas dari pengembangan program teknologi ini. Kami senang bisa bekerja sama dengan Audi dan Temple untuk membantu menciptakan kemajuan teknologi keselamatan," kata Bryan Mullingan, President Applied Information.

>>> Anak Terkunci di Dalam Mobil? Ini Cara Memecahkan Kaca Biar Tetap Aman

Sensor Membaca Rambu yang Ada di Zona Sekolah dan Bus Sekolah

Audi C-V2X sensor

Sensor C-V2X akan berkomunikasi dengan rambu yang ada di zona sekolah dan bus sekolah

>>> Review Audi A4 2019 : Sedan Mewah Yang Semakin Canggih

Cara kerja dari teknologi Audi C-V2X adalah bekerja sama dengan fitur Roadside Unit (RSU) yang biasanya terpasang di zona sekolah. Rambu ini umumnya berupa lampu kuning berkedip yang fungsinya untuk memperingatkan pengemudi agar memperlambat laju kendaraannya demi menghidnari risiko menabrak anak-anak sekolah.

Nah teknologi C-V2X akan menangkap sinyal RSU dan kemudian RSU juga mengirimkan sinyal ke C-V2X yang terpasang di kendaraan. Namun bukan cuma membaca komunikasi antar sinyal itu saja, Audi juga menambahkan kemampuan C-V2X untuk dapat melacak perubahan jam sekolah yang bisanya sering terjadi. Misalnya jika sedang memasuki masa ujian dimana siswa sering masuk atau pulang lebih awal.

Selain melalui RSU, C-V2X juga akan membaca sensor dan sinyal yang terdapat pada bus sekolah. Namun nantinya setiap bus sekolah, terutama di Jerman, akan dipasang alat tambahan yang mengindikasikan kalau bus tersebut tengah berhenti untuk menaikan atau menurunkan para pelajar.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top