Tekan Polusi Udara, Pemerintah Bakal Subsidi Pertamax

25/08/2023

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Tekan Polusi Udara, Pemerintah Bakal Subsidi Pertamax
Permerintah dilaporkan sedang mengkaji penghapusan BBM jenis Pertalite dan mengalokasikan dana untuk memberikan subsidi Pertamax agar lebih ramah lingkungan.

mobil yang sedang mengantri di SPBU di Padang
Pemerintah pertimbangkan subsidi Pertamax bagi pengguna jalan

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) disebut sedang merencanakan pemberian subsidi BBM RON 92. Subsidi Pertamax dilakukan untuk mendorong masyarakat beralih ke bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dibandingkan Pertalite tersebut.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas lainnya di sini

Subsidi Pertamax

Polusi udara yang semakin tinggi, khususnya di daerah Jabodetabek membuat pemerintah sedang mencari cara untuk meningkatkan kualitas udara. Selain menggunakan water canon seperti yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya, cara lainnya adalah dengan meningkatkan penggunaan bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi.

BBM Pertamax di SPBU Pertamina
Pertamax punya RON yang lebih tinggi dibandingkan Pertalite

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian, Dadan Kusdiana. Dilansir dari berbagai sumber, ia menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang membahas wacara untuk memberikan subsidi kepada Pertamax. Saat ini, pemerintah baru memberikan subsidi pada BBM RON 90, atau Pertalite.

“Kami lagi membahas secara teknis maupun secara regulasi, secara keekonomian karena kan berbeda. Jadi nanti segera ada dari Pak Menteri. Tetapi kami masih membahas di internal," ungkapnya sebagaimana dilansir dari Kontan, Jumat (25/8/2023).

>>> Harga Keekonomian Pertamax Ternyata Lebih Murah daripada Harga BBM Pertamina

Tingkatkan penggunaan BBM RON tinggi

Dalam keterangannya, Dadan menjelaskan bahwa saat ini kontrobutor polusi udara di Jakarta masih didominasi oleh sektor transportasi. Apalagi masyarakat masih banyak menggunakan bahan bakar dengan RON rendah, ketimbang RON tinggi yang lebih ramah lingkungan. BBM dengan RON atau oktan yang lebih tinggi akan meningkatkan kualitas buangan udara yang dihasilkan.

"Secara teknis makin tinggi angka oktan pembakarannya makin bagus. Kalo pembakaran makin bagus, emisinya akan semakin sedikit,” jelasnya.

aplikasi MyPertamina yang ada di smartphone
Pemerintah beberapa waktu lalu uji coba pembatasan Pertalite

Beberapa waktu lalu, wacana untuk membatasi penggunaan BBM jenis Pertalite sudah mulai digaungkan dan sempat diuji coba di beberapa kabupaten dan kota. Ini dilakukan bersamaan dengan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM di SPBU Pertamina.

Namun pemerintah saat ini dikabarkan sedang mendiskusikan penghapusan Pertalite secara internal. Nantinya subsidi yang diberikan pada Pertalite akan dialokasikan pada BBM dengan RON yang lebih tinggi, misalnya Pertamax, supaya harganya jauh lebih terjangkau. Harga Pertamax per Agustus ini dibanderol mulai dari Rp12.500 per liter.

>>> Ini SPBU di Jakarta dan Surabaya yang Menjual Pertamax Green 95

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top