Tekan Kemacetan, Luksemburg Jadi Negara Pertama yang Gratiskan Transportasi Publik

10/12/2018

Pasar mobil
Share this post:
Tekan Kemacetan, Luksemburg Jadi Negara Pertama yang Gratiskan Transportasi Publik
Sebagai salah satu negara yang terdesak sebagai kemacetan lalu lintas terburuk di dunia, Luksemburg akan menjadi negara pertama di dunia yang membuat semua transportasi publik gratis untuk semua orang.

Semua tarif transportasi umum, mulai dari kereta api, trem, dan bus akan dicabut musim panas mendatang di bawah rencana koalisi pemerintah yang dipimpin kembali oleh Xavier Bettel. Peraturan ini menjadi yang paling menarik setelah ia disumpah untuk masa jabatan kedua sebagai Perdana Menteri Luksemburg pada Rabu (5/12) lalu.

Gambar Xavier Bettel

Xavier Bettel yang terpilih menjadi Perdana Menteri Luksemburg

Bettel, yang berasal dari Partai Demokrat akan membentuk pemerintahan dengan Partai Pekerja Sosialis sayap kiri dan Partai Hijau. Selama masa kampanye, ia sangat antusias untuk memprioritaskan lingkungan yang lebih baik ketika ia terpilih kembali.

>>> All New Honda Brio Selamatkan Penjualan Honda Bulan November

Kota Luksemburg, ibu kota dari sebuah negara kecil di Eropa dengan nama yang sama, telah lama menjadi salah satu kota dengan kemacetan lalu lintas terburuk di dunia. Sebuah penelitian menunjukan bahwa pengemudi di ibukota menghabiskan rata-rata 33 jam dalam kemacetan lalu lintas pada tahun 2016.

Kota ini adalah rumah bagi sekitar 110.000 orang. Tetapi ada sekitar 400.000 perjalanan ke kota bagi pegawai yang tinggal dari kota-kota kecil lain di sekitarnya. Sementara negara ini hanya memiliki 600.000 penduduk, hampir 200.000 orang yang tinggal di Perancis, Belgia, dan jerman menyeberangi perbatasan setiap hari untuk bekerja di Luksemburg.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

Gambar lalu lintas Luksemburg

Luksemburg merupakan salah satu negara dengan lalu lintas terburuk

Karena itu, Luksemburg semakin menunjukan sikap progresif untuk transportasi. Musim panas ini, pemerintah sudah memberikan transportasi gratis untuk setiap anak dan remaja di bawah usia 20 tahun. Siswa sekolah menengah bisa menggunakan angkutan gratis dari rumah menuju sekolah mereka.

Pengguna komuter line hanya perlu membayar € 2, atau sekitar Rp 30 ribu untuk perjalanan hingga 2 jam yang sudah mencakup perjalanan mengitari penjuru negara yang hanya sebesar 2.590 km2. Bandingkan dengan pulau Bali dengan luas 5.780 km2. Sekarang, dari awal tahun 2020 semua tiket akan dihapus, siap untuk mengurangi kendaraan yang berkeliaran di jalanan kota.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top