Tarif Tol TERPEKA Diberlakukan, Golongan I Terjauh Rp 170 Ribu

08/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tarif Tol TERPEKA Diberlakukan, Golongan I Terjauh Rp 170 Ribu
Tarif Tol TERPEKA resmi diberlakukan mulai 6 Januari 2020. Tarif terjauh untuk Golongan I sebesar Rp 170.000, sedangkan Golongan IV dan V sebesar Rp 341.000.

Pasca pemberlakuan secara gratis untuk kepentingan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (TERPEKA) kini resmi berbayar. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) secara resmi memberlakukan tarif Tol TERPEKA mulai 6 Januari 2020.

Foto menunjukkan suasana di Gerbang Tol Kayuagung

Tol TERPEKA beroperasi secara penuh

Besar tarif

Penetapan tarif Tol TERPEKA ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1194/KPTS/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

BPJT melalui akun Instagram @bpjt_info mengunggah besaran tarif sesuai dengan KepmenPUPR di atas. Diantaranya; tarif terjauh dari Simpang Susun Terbanggi Besar menuju Simpang Susun Kayu Agung, Golongan I sebesar Rp 170.000, Golongan II/III sebesar Rp 255.500, dan Golongan IV/V sebesar Rp 341.000.

Untuk tarif termurah dari Simpang Susun Lambu Kibang menuju Simpang Susun Way Kenanga, Golongan I sebesar Rp 15.000, Golongan II/III sebesar Rp 22.500, dan Golongan IV/V sebesar Rp 30.000.

>>> Pertama Kali Berkendara di Jalan Tol? Lakukan Tiga Hal Ini

Berikut daftar lengkap tarif Tol TERPEKA berlaku mulai 6 Januari 2020:

Gambar grafis Tarif Tol TERPEKA

Gambar daftar Tarif Tol TERPEKA

Gambar daftar Tarif Tol TERPEKA

Gambar daftar Tarif Tol TERPEKA

Daftar lengkap tarif Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (TERPEKA)

Tol TERPEKA

Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (TERPEKA) memiliki panjang 189 km, merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra. Tol ini membentang dari Terbanggi Besar, Lampung Tengah hingga Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

Oleh Museum Rekor Indonesia  (MURI) Tol TERPEKA dinobatkan sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia. Bukan hanya panjangnya yang mengalahkan ruas Tol Cikopo - Palimanan (Cipali), tapi waktu pengerjaannya yang cukup singkat. PT Hutama Karya (Persero) hanya membutuhkan waktu 841 hari atau kurang lebih 2 tahun 3 bulan untuk menyelesaikan mega proyek senilai Rp 21,9 triliun ini.

Tol TERPEKA terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I Terbanggi Besar – Pematang Panggang (112 Km) dan Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung (78 Km).

>>> Bakal Ada Yang Mengalahkan Rekor Tol TERPEKA Sebagai Ruas Tol Terpanjang di Indonesia

Grafis Jalan Tol TERPEKA, ruas tol terpanjang di Indonesia dengan pembangunan kilat

Pembangunan Jalan Tol TERPEKA tidak lebih dari dua setengah tahun

BPJT berharap dengan beroperasinya tol ini secara penuh bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, serta yang paling utama adalah menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap dan terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top