Tarif Tol Serpong-Pamulang Dirilis, Termahal Rp 22.000

27/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga merilis tarif Tol Serpong-Pamulang atau Seksi 1 Tol Serpong-Cinere yang bakal berlaku dalam waktu dekat. Adapun tarif termahal hanya Rp 22.000.

Jalan Serpong-Cinere Seksi 1, yakni ruas Serpong-Pamulang bakal segera bertarif. PT Jasa Marga melalui PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) telah merilis besarannya untuk semua golongan kendaraan sesuai Keputusan Menteri PUPR.

“Dalam waktu dekat akan diberlakukan penerapan tarif Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 1 (Serpong-Pamulang) berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 592/KPTS/M/2021.” tulis CSJ dalam akun IG-nya @officialserpongcinere.

Tarif Tol Serpong-Pamulang

Berdasarkan Kepmen PUPR diatas hanya ada 3 tarif untuk 5 golongan kendaraan, yakni tarif Golongan I, tarif Golongan II-III, dan tarif Golongan IV-V. Lebih lengkapnya berikut tarif Tol Serpong-Pamulang:

  1. Golongan I : Rp 11.000
  2. Golongan II : Rp 16.500
  3. Golongan III : Rp 16.500
  4. Golongan IV : Rp 22.000
  5. Golongan V : Rp 22.000

Meski sudah dirilis, tarif diatas masih bersifat pemberitahuan. CSJ maupun Jasa Marga belum mengumumkan detail waktunya tarif diberlakukan.

>>> Sudah Diresmikan, Dua Ruas Jalan Tol JORR 2 Dibuka Gratis Untuk Umum

Foto menunjukkan kendaraan melintas di Gerbang Tol Pamulang

Masa uji coba gratis selesai, Tol Serpong-Pamulang berlaku tarif resmi

Tol Serpong-Cinere

Tol Serpong-Cinere bagian utama jalan tol lingkar luar Jakarta 2 atau JORR 2 yang memiliki memiliki panjang keseluruhan 10,14 Km. Proses pembangunannya dilakukan PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) dan dibagi menjadi 2 Seksi, Seksi 1 Serpong-Pamulang (6,5 Km) dan Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,64 Km).

Seksi 1 atau ruas Serpong-Pamulang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol (GT) Pamulang, pada Kamis (1/4/2021). Bersamaan dengan itu diresmikan juga jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. Dan mulai 2 April 2021 jalan dioperasikan tanpa tarif.

Adanya jalan tol membuat waktu tempuh dari Serpong-Pamulang menjadi lebih singkat, dari sebelumnya sekitar 30 menit menjadi hanya 5 menitan. Begitu pula akses menuju Bandara Soekarno-Hatta menjadi lebih cepat.

Adapun pemberlakukan tarif resmi dikarenakan masa sosialisasi gratis dianggap sudah cukup. Setelah tarif diberlakukan secara resmi pengendara yang melintas wajib mempersiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup agar tidak terjadi hambatan di perjalanan.

Sebagai tambahan, pemberlakukan tarif jalan tol sudah sesuai regulasi. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol pengendara yang melintas wajib membayar sesuai tarif yang ditetapkan. Besar kecilnya tidak dipukul rata, tapi disesuaikan dengan golongan kendaraan masing-masing.

>>> Sesuai Regulasi, Tarif Tol Berubah Setiap 2 Tahun

Gambar menunjukkan Tarif Tol Serpong-Pamulang

Tarif Tol Serpong-Pamulang termahal hanya Rp 22.000

>>> Tinggal di Serpong - Tangerang, temukan mobil pilihanmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top