Tarif Tol Semarang-Solo Bakal Naik Dalam Waktu Dekat

15/06/2021

Pasar mobil

3 menit

PT. Jasamarga Transjawa Tollroad bakal menaikkan Tarif Tol Semarang-Solo dalam waktu dekat. Pengendara dimohon mempersiapkan saldo uang elektronik yang cukup.

Masuk di pertengahan Juni 2021, PT. Jasamarga Transjawa Tollroad  (JTT) bersiap melakukan penyesuaian tarif Tol Semarang-Solo. Hal itu sebagaimana keputusan pemerintah lewat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

“Dalam waktu dekat ini, Ruas Jalan Tol Semarang-Solo akan diberlakukan penyesuaian tarif. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 752/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Semarang-Solo” tulis JTT melalui akun IG @official.jasamargatransjawatol.

Tarif Tol Semarang-Solo

JTT belum memberikan bocoran tarif baru yang akan diberlakukan. Namun bisa dipastikan, tarif baru diperkirakan bakal tetap menggunakan skema tiga tarif untuk 5 golongan kendaraan, yaitu tarif Golongan I, Golongan II/III, serta Golongan IV/V. Untuk saat ini, tarif untuk kendaraan Golongan I paling murah Rp 7.500, yaitu asal tujuan Banyumanik-Ungaran dan sebaliknya.

Berikut daftar lengkap tarif Tol Semarang-Solo yang berlaku sejak 2019:

Foto Tarif Tol Semarang-Solo

Tarif jalan Tol Semarang-Solo sejak tahun 2019

Sedangkan yang termahal Rp 65.000, yaitu asal tujuan Banyumanik-Kartasura dan sebaliknya. JTT mengimbau kepada pengendara untuk mempersiapkan saldo uang elektronik dengan jumlah cukup agar perjalanan tidak terhambat saat membayar di gardu tol.

>>> Gerbang Tol Ungaran, Akses Utama ke Tempat Wisata Kabupaten Semarang

Jalan Tol Semarang-Solo

Jalan Tol Semarang-Solo dibangun mulai 2009 merupakan penghubung utama jalur utara (Jakarta-Semarang) Tol Trans Jawa dengan jalur tengah (Solo-Surabaya). Panjangnya mencapai 75 kilometer dan mayoritas melewati pegunungan. Karena itu pula kontur jalanan naik turun tajam dan memiliki banyak jembatan panjang dan tinggi.

Foto Jembatan Tuntang Tol Semarang-Solo

Ruas Tol Semarang-Solo memiliki banyak jembatan darat yang sangat panjang

Jalan tol ini terbagi menjadi 5 Seksi yang semuanya telah beroperasi, yaitu Seksi 1 (Tembalang-Ungaran) panjang 16.3 km, Seksi 2 (Ungaran-Bawen) panjang 11.3 km, Seksi 3 (Bawen-Salatiga) panjang 17.6 km, Seksi 4 (Salatiga-Boyolali) panjang 22.4 km, dan Seksi 5 (Boyolali-Kartasura) panjang 11.1 km.

>>> Sesuai Regulasi, Tarif Tol Berubah Setiap 2 Tahun

Jembatan Lemah Ireng I sepanjang 879 (Seksi Ungaran-Bawen) menjadi jembatan terpanjang di ruas ini serta terpanjang di seluruh jaringan Tol Trans Jawa. Sedangkan untuk yang tertinggi yaitu Jembatan Kenteng (Seksi Salatiga-Boyolali). Dibangun di atas jurang sedalam 60 meter beberapa pilar jembatan ini memiliki tinggi 40 meter.

>>> Tinggal di Semarang, temukan mobil pilihanmu disini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top