Tarif Tol Semarang ABC, Surabaya-Gempol, dan Palikanci Resmi Naik

15/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Berlaku mulai Minggu 17 Januari 2021 Pukul 00.00 WIB tarif Tol Semarang ABC, Tol Surabaya-Gempol, dan Tol Palimanan-Kanci resmi menggunakan tarif baru.

PT Jasa Marga (Persero) resmi memberlakukan tarif baru untuk ketiga ruas Tol Transjawa mulai Minggu, 17 Januari 2021. Ketiganya, yaitu tarif Tol Semarang ABC, Tol Palimanan-Kanci, dan Tol Surabaya-Gempol yang seluruhnya dikelola PT Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT). Penyesuaian tarif ditetapkan berdasarkan surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) tentang penyesuaian tarif tol.

Seperti diberitakan sebelumnya, rencana penyesuaian bakal dilakukan pertengahan bulan. “Untuk penyesuaian tarif baru akan diberlakukan mulai pertengahan Januari.“ tulis JTT melalui akun IG @official.jasamargatransjawatol

Tarif Tol Semarang ABC

Pertama; Tarif jalan Tol Semarang ABC ditetapkan berdasarkan Kepmen PUPR Nomor 1228/KPTS/M/2020 Tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C. Untuk semua golongan kendaraan kenaikannya hanya Rp 500. Rincian lengkapnya yaitu Golongan I Rp 5.500 dari sebelumnya Rp 5.000, Golongan II dan III Rp 8.000 dari sebelumnya Rp 7.500, dan Golongan IV dan V Rp 10.500 dari sebelumnya Rp Rp 10.000.

>>> Tol Semarang ABC Mudahkan Akses ke Seluruh Kota Semarang

Foto Gerbang Tol Banyumanik Semarang

Meski naik, tarif Tol di Semarang tetap murah

Tarif di atas berlaku untuk seluruh gerbang masuk Tol Semarang ABC, yaitu Gerbang Tol (GT) Kali Kangkung Kendal, GT Krapyak, GT Muktiharjo (Kaligawe), GT Manyaran, GT Jatingaleh, GT Gayamsari, GT Srondol, dan GT Banyumanik. Hal ini dikarenakan Tol Semarang ABC menggunakan Transaksi Sistem Terbuka. Pembayaran dilakukan di gerbang tol masuk, sedangkan di pintu keluar tidak lagi melakukan pembayaran.

Tarif Tol Palimanan-Kanci

Kedua; Tarif jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) ditetapkan sesuai Kepmen PUPR Nomor 1403/KPT/M/2020 Tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci. Berbeda dengan tarif lama yang berlaku 5 tarif untuk 5 golongan kendaraan, tarif baru ini diringkas menjadi 3 tarif yaitu tarif Golongan I, Golongan II dan III, serta Golongan IV dan V. Adapun kenaikannya berkisar antara Rp 500 hingga Rp 3.000. Sedangkan yang turun berkisar Rp 500 hingga Rp 2.000. Detailnya bisa dilihat pada daftar tarif berikut:

Foto menunjukkan Tarif Tol Palimanan-Kanci

Tarif Tol Palikanci termahal Rp 30.000

>>> Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

Tarif Tol Surabaya-Gempol

Ketiga; Tarif jalan Tol Surabaya-Gempol ditetapkan berdasarkan Kepmen PUPR Nomor 1117/KPTS/M/2020 Tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Surabaya Gempol.

Di ruas tol ini tidak ada tarif yang turun. Semuanya naik dari yang termurah Rp 500 hingga yang termahal Rp 8.000. Yang naik Rp 500 yaitu ruas Kejapanan-Gempol (Sistem Terbuka) untuk kendaraan Golongan II, III, IV, dan V. Sedangkan yang naik Rp 8.000 yaitu asal tujuan Porong-Waru untuk kendaraan Golongan II, dari sebelumnya Rp 6.000 menjadi Rp 14.000. Lebih detailnya tarif baru Tol Surabaya-Gempol bisa dilihat pada daftar berikut:

Foto Tarif Tol Surabaya-Gempol

Tol Surabaya-Gempol berlaku sistem terbuka dan tertutup

Dengan adanya kenaikan tarif Tol Semarang ABC, Tol Surabaya-Gempol, dan Tol Palimanan-Kanci diharapkan pengendara untuk lebih mempersiapkan diri. Pastikan saldo uang elektronik mencukupi agar tidak terjadi hambatan saat melakukan pembayaran di gardu tol.

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top