Tarif Tol Ngawi-Kertosono Naik Mulai 29 April 2021

27/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
PT. Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) menetapkan Tarif Tol Ngawi-Kertosono yang baru berlaku mulai 29 April 2021 dengan kenaikan paling banyak Rp 5.000.

Tarif baru bakal berlaku untuk jalan Tol Ngawi-Kertosono di Jawa Timur akhir bulan ini, tepatnya mulai Kamis, 29 April 2021. Demikian disampaikan PT. Jasamarga Transjawa Tollroad  (JTT) melalui akun IG @official.jasamargatransjawatol. JTT menyatakan keputusan kenaikan didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

“Mulai, Kamis 29 April 2021 pukul 00.00 WIB tarif baru di ruas Tol Ngawi-Kertosono resmi diberlakukan. Penyesuaian tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 261/KPTS/M/2021.” tulis JTT.

>>> Tarif Tol Ngawi-Kertosono Segera Naik

Tarif baru Tol Ngawi-Kertosono

Seperti diberitakan sebelumnya, tarif Tol Ngawi-Kertosono yang baru ini menggunakan skema tiga tarif untuk 5 golongan kendaraan, yaitu tarif Golongan I, Golongan II/III, serta Golongan IV/V. Untuk penyesuaian kali ini tidak semua tarif mengalami kenaikan. Ada beberapa asal perjalanan yang tarifnya tidak berubah dan masih menggunakan tarif lama.

Untuk asal perjalanan yang tarifnya naik, besarannya bervariasi antara Rp 500 hingga Rp 5.000. Tarif termurah yaitu Rp 8.500, untuk kendaraan Golongan I asal tujuan Madiun-Caruban dan sebaliknya. Tarif ini sama dengan tarif lama alias tidak mengalami kenaikan. Sedangkan tarif termahal adalah Rp 181.000, yaitu untuk kendaraan Golongan IV/V asal tujuan Klitik-Kertosono dan sebaliknya. Tarif ini naik Rp 5.000 dari tarif lamanya Rp 176.000.

Berikut daftar lengkap tarif Tol Ngawi-Kertosono yang baru:

Foto Tarif jalan Tol Ngawi-Kertosono mulai 29 April 2021

Jalan Tol Ngawi-Kertosono baru sekali mengalami penyesuaian tarif

Tol Ngawi-Kertosono

Jalan Tol Ngawi-Kertosono merupakan salah satu ruas utama Tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur. Panjangnya 87 Km membentang dari Kabupaten Ngawi hingga Kertosono Kabupaten Nganjuk. Jalan tol ini tersambung dengan Tol Solo-Ngawi di ujung barat dan tersambung dengan Tol Kertosono-Mojokerto di ujung timur.

Pada akhir 2018 jalan tol resmi beroperasi secara penuh setelah sebelumnya dilakukan dua kali peresmian. Tanggal 29 Maret 2018 untuk ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 52 Km dan tanggal 20 Desember 2018 untuk ruas Wilangan-Kertosono. Adapun untuk tarif pertama kali diberlakukan pada 21 Januari 2019, sebagaimana Keputusan Menteri PUPR No.62/KPTS/2019.

Salah satu keunikan Tol Ngawi-Kertosono yaitu menjadi jalan tol bernada pertama di Indonesia. Di Km 644+200 B (arah Surabaya) jika kecepatan kendaraan antara 80 km - 100 km per jam pengendara bakal mendengar suara musik dari jalanan dengan nada lagu Happy Birthday.

>>> Tol Ngawi-Kertosono, Jadi Jalan Bernada Pertama di Indonesia

Foto Jalan Tol Ngawi-Kertosono dalam kondisi sepi

Kesunyian Tol Ngawi-Kertosono saat larangan mudik lebaran 2020

>>> Cari mobil bekas berkualitas di Kota Ngawi Jawa Timur, Cek di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top