Tarif Tol Manado-Bitung Dirilis, Berlaku Mulai 30 Oktober

27/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tarif Tol Manado-Bitung Dirilis, Berlaku Mulai 30 Oktober
Selesai dengan pengoperasian gratis selama satu bulan penuh, Jasa Marga memberlakukan tarif Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu mulai 30 Oktober 2020.

Yang dinanti tiba, tarif resmi jalan Tol Manado-Bitung segera berlaku. Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1494/KPTS/M/2020 tanggal 14 Oktober 2020 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Manado-Bitung Segmen Manado-Simpang Susun Danowudu, tarif Tol Manado-Bitung berlaku mulai Jum’at, 30 Oktober 2020, pukul 00.00 WITA. Keputusan ini sekaligus mengakhiri masa operasional secara gratis yang berlangsung selama satu bulan.

"Sejak diresmikan dan beroperasi tanpa tarif sejak selama kurang lebih satu bulan untuk memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat, mulai Jumat ini atau pada tanggal 30 Oktober 2020, tarif jalan tol ini akan resmi berlaku," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George I.M.P Manurung seperti dirilis Jasa Marga, (26/10/2020).

>>> Daftar Tarif Tol se-Indonesia

Tarif termurah Rp 6.500

Ada 4 titik asal dan tujuan perjalanan, yaitu Manado, Airmadidi, Simpang Susun (SS) Kauditan, dan SS Danowudu. Sedangkan besaran tarif disesuaikan dengan Kepmen PUPR di atas terbagi menjadi 3. Tarif termurah di tiap perjalanan ada pada Golongan I, menengah untuk Golongan II - III, dan yang termahal Golongan IV - V.

Yang paling murah yaitu Rp 6.500, yaitu kendaraan Golongan I yang berasal dari SS Kauditan menuju SS Danowudu atau sebaliknya. Sedangkan yang termahal Rp 58.500, yaitu kendaraan Golongan IV dan V yang berasal dari Manado menuju SS Danowudu atau sebaliknya. Berikut data lengkapnya:

Gambar menunjukkan Tarif Tol Manado-Bitung

Tarif Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu ditetapkan, tidak lagi gratis

Para pengendara wajib mengetahui bahwa seluruh tarif di atas berlaku sistem transaksi tertutup dengan besaran tarif Rp 1.111/Km. Artinya mereka harus mempersiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup, menghindari hambatan yang mungkin terjadi di gerbang tol keluar.

Hal tersebut disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai media komunikasi seperti media cetak, online, elektronik, media sosial, dan media luar ruang (spanduk & Variable Message Sign/VMS).

Tol Manado-Bitung

Secara total jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang 39 kilometer membentang dari Kota Manado hingga Kota Bitung. Pembangunannya terbagi menjadi 2 seksi utama, yaitu Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB.
 
Untuk mengakses jalan tol ada 5 simpang susun (SS) disiapkan yaitu SS Manado, SS Airmadidi, SS Kauditan, SS Danowudu, dan SS Bitung. Tol juga dilengkapi dengan 5 Gerbang Tol (GT) untuk pembayaran yaitu GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung.

Tahun depan jika sudah tersambung dan beroperasi penuh, tol pertama di Sulawesi Utara ini terintegrasi dengan beberapa kawasan penting. Seperti Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung serta pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang.

>>> Tinggal di Manado, Temukan mobil yang kamu cari di sini!

Foto menunjukkan kendaraan melintas di Gerbang Tol Manado

Uji coba gratis selesai, Tarif Tol Manado-Bitung resmi berlaku

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top