Progres 29,5%, Tol Indralaya-Prabumulih Ditargetkan Selesai 2022

06/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Dari yang ditargetkan sepanjang 65 Km, jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah mencapai progres 29,5%. Ditargetkan tol ini bisa selesai pada pertengahan 2022.

Pembangunan jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus meningkat. Progres konstruksinya di berbagai ruas bertambah panjang. Termasuk jalan Tol Indralaya-Prabumulih di Sumatera Selatan. Progres konstruksi tol sepanjang 65 Km itu sudah tercapai 29,5 Km.

Meski terlihat sedikit, progres tersebut sesuai dengan jadwal yang disusun PT Hutama Karya, selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengerjakan. Progres konstruksi yang tergolong cepat berada di zona 1, Sta.0+000-Sta.10+500 di Kabupaten Ogan Ilir, yang telah mencapai 74,04 persen.

“Itu untuk keseluruhan progres proyek jalan tol yang terdiri dari 6 zona,” tutur Project Director Jalan Tol Indralaya-Prabumulih PT Hutama Karya (Persero) Hasan Turcahyo, (3/3/2021).

>>> Yang Istimewa Dari Tol Kapalbetung Sumatra Selatan

Foto Pembangunan Tol Indralaya-Prabumulih

Pembangunan jalan tol terus dikebut

Target selesai Juli 2022

Pembangunan jalan Tol Indralaya-Prabumulih ini bersamaan dengan pembangunan ruas lain di Tol Trans Sumatra, yaitu  Betung — Tempino-Jambi, Jambi-Rengat, dan Rengat-Pekanbaru. Namun demikian menurut Hasan, tidak ada kendala berarti. Semuanya berjalan lancar, bahkan sambil berjalannya proses pembebasan lahan milik warga yang belum selesai. Untuk target tidak berubah, pertengahan 2022 diharapkan bisa selesai 100% dan menjalani tahap berikutnya.

“Kami mulai pembangunan pada Juli 2020 dan ruas tol ini ditargetkan rampung pada pertengahan 2022,” kata Hasan. “Di semua zona itu masih ada pembebasan tanah, namun tidak mengganggu, pembangunan tetap jalan,” lanjutnya.

Tol Indralaya-Prabumulih

Tol Indralaya-Prabumulih merupakan feeder Tol Trans Sumatra yang menyambungkan Kota Palembang Sumatra Selatan dengan Kota Bengkulu di Provinsi Bengkulu. Panjangnya ruas ini 65 Km. Di ujung utara tersambung langsung dengan Tol Palembang-Indralaya, sedangkan di bagian selatan diteruskan dengan ruas Prabumulih-Muara Enim yang ditargetkan selesai akhir 2023.

>>> Tinggal di Palembang, temukan mobil impianmu di sini!

Foto Simpang Susun Indralaya

Simpang Susun Indralaya, penghubung Indralaya-Prabumulih-Muara Enim

Berikutnya dari Muara Enim juga disambung tol hingga Lubuk Linggau, kemudian disambungkan dengan jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau. Dengan begitu, dari Kota Palembang hingga Kota Bengkulu tersambung oleh jalan tol. Jarak tempuh keduanya juga semakin singkat. Sebagai gambaran, saat ini dari Palembang hingga Muara Enim atau sebaliknya butuh waktu sekitar 4 jam naik mobil. Jika lewat tol hanya butuh waktu sekitar 1,5 - 2 jam saja. Dari Palembang hingga Bengkulu juga bakal semakin singkat.

>>> Simak mobil terlengkap seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top