Tanpa Jakarta, Ini Daftar 10 Kota Termacet di Dunia

01/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Jakarta tak lagi menghuni daftar 10 besar kota termacet di dunia dan kini berhasil turun ke posisi 31. Tanpa Jakarta, inilah daftar 10 kota termacet sedunia.

Jakarta akhirnya bisa keluar dari posisi 10 besar kota termacet di dunia pada tahun 2020. Jakarta sepanjang tahun 2020 berhasil memperbaiki posisinya dan duduk di posisi ke-31. Satu hal yang memberikan kontribusi besar terhadap penurunan kemacetan di Jakarta adalah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak awal April 2020. Jakarta tercatat sebagai kota pertama di Indonesia yang mengajukan PSBB kala itu.

Adanya PSBB membuat aktifitas warga Jakarta amat terbatas. Kegiatan perkantoran dimaksimalkan dari rumah guna meminimalisir angka penyebaran virus corona. Di samping itu, kendaraan pribadi juga diimbau untuk tak keluyuran apabila tidak darurat. 

>>> Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Kini Tidak Boleh Parkir di Jakarta

Prestasi Bagi Jakarta

Jalanan Jakarta

Jalanan Jakarta menjadi sedikit lengang karena PSBB

Praktis kondisi jalanan di Ibu Kota menjadi sedikit lengang. Walhasil, tak seperti tahun-tahun sebelumnya angka kemacetan juga ikut berkurang. Bisa dibilang ini prestasi bagi Ibu Kota yang tercatat tak pernah absen mengisi daftar 10 besar kota termacet sedunia sejak 2017.

Setidaknya hal itu tersaji dalam data yang dirilis Tom Tom Index belum lama ini. Kalau Jakarta berhasil keluar dari 10 besar posisi kota termacet sedunia, ada juga beberapa kota yang belum bisa memperbaikinya. Moscow misalnya. Ibu Kota dari Rusia itu menjadi kota paling macet sedunia sepanjang tahun 2020. Di Moscow dalam setahun hanya 66 hari jalanannya bisa lengang. Kemacetan di Moscow tercatat mencapai 54 persen. 

Dalam satu tahun, pengendara di Moscow harus rela kehilangan 200 jam atau setara dengan 8 hari 8 jam. Ini merupakan catatan buruk bagi Moscow, mengingat pada tahun 2019 sudah sempat turun ke posisi 6. 

Kota Moscow

Kota Moscow menjadi yang termacet

Di bawah Moscow ada Mumbai, India. Tingkat kemacetan di Mumbai mencapai 53 persen dan jalanan lengang terjadi selama 133 hari. 

Lalu di bawah Mumbai ada Bogota. Bogota yang mengisi posisi ketiga memiliki tingkat kemacetan setara Mumbai yakni 53 persen. Bedanya, kalau pengendara di Mumbai harus rela menghabiskan 172 jam tambahan di jalan. Sementara di Bogota waktu ekstra yang dihabiskan pengendara adalah 165 jam.

jalanan India

Kondisi lalu lintas di jalanan India

Kemudian di tempat keempat ada Manila. Dengan posisi tersebut, Manila berhak dinobatkan sebagai kota termacet di kawasan ASEAN. Tingkat kemacetan di Manila sebesar 53 persen. Sebelumnya, pada tahun 2019 Manila menempati posisi kedua kota termacet sedunia. 

Lalu melengkapi posisi lima besar ada kota Istanbul. Istanbul sejak tahun 2017 belum berhasil menurunkan tingkat kemacetannya lantaran selalu berada di posisi 10 besar.

>>> Cari Mobil Lelang Jakarta? Ini Jadwal Lengkapnya

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar 10 kota termacet di dunia sepanjang 2020. 

1. Moscow, Rusia
2. Mumbai, India
3. Bogota, Kolombia
4. Manila, Filipina
5. Istanbul, Turki
6. Bengaluru, India
7. Kyiv, Ukraina
8. New Delhi, India
9. Novosibirsk, Rusia
10. Bangkok, Thailand

>>> Ini Dealer Mobil Bekas Murah Khusus Dicicil di Jakarta Barat

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top