Tanpa Biante dan Delica, Penjualan MPV Premium Menurun

05/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tanpa Biante dan Delica, Penjualan MPV Premium Menurun
Gaikindo mencatat penjualan MPV premium sepanjang 10 bulan 2019 turun 31,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, dengan unit terjual sebanyak 8.336 unit.

Menempati posisi teratas dalam kasta Multi Purpose Vehicle (MPV), segmen MPV Premium memang tidak sebesar pasar Low MPV dan atau MPV medium. Meski demikian MPV Premium masih mencatatkan kontribusi yang layak diapresiasi dengan penjualan cukup signifikan.

Seperti halnya segmen lain yang mengalami penurunan, tahun 2019 ini segmen MPV Premium juga mengalami penurunan penjualan. Hanya saja faktor yang mempengaruhi bukan sekadar panasnya suhu politik, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar AS, dan kenaikan pajak. Tapi juga karena hilangnya dua model dari pasar, yaitu Mazda Biante dan Mitsubishi Delica.

Foto Mitsubishi Delica D5 tampak dari samping depan

Tak ada lagi Mitsubishi Delica di line up Mitsubishi Indonesia

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat segmen MPV Premium saat ini diisi oleh Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Toyota Voxy, Nissan Elgrand, Nissan Serena, Hyundai H-1, dan Honda Odyssey dengan total penjualan sebanyak 8.336 unit untuk periode Januari-Oktober 2019. Angka penjualan ini turun 31,7 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 12.214 unit.

Rincian penjualan masing-masing model juga mengalami perubahan. Toyota Alphard memimpin pasar dengan angka penjualan sebanyak 3.534 unit. Meski demikian raihan Alphard ini tidak lebih baik dibanding tahun lalu yang berhasil terjual sebanyak 4.118 unit, alias turun 14 persen.

>>> Pilihan mobil terbaik dapat Anda temukan di sini

Toyota Voxy dan Toyota Vellfire juga demikian, mengalami penurunan tajam. Tahun ini terjual sebanyak 2.945 unit, turun 53 persen dari penjualan tahun lalu yang mencapai 5.272 unit. Untuk Vellfire terjual sebanyak 444 unit, turun sebesar 49 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 870 unit.

Hyundai H-1 yang tahun lalu terjual sebanyak 459 unit tahun ini terjual sebanyak 334 unit, alias mengalami penurunan sebesar 27 persen. Sedangkan Honda Odyssey yang tahun lalu terjual sebanyak 262 unit, turun 24 persen dengan penjualan sebanyak 199 unit.

Satu-satunya merek yang meraih hasil positif adalah Nissan. Dua modelnya di  segmen MPV Premium yakni Serena dan Elgrand mengalami peningkatan cukup tajam. Nissan Serena terjual sebanyak 848 unit dari sebelumnya hanya 572 unit, alias naik 48 persen. Sedangkan Nissan Elgrand terjual sebanyak 31 unit dari sebelumnya hanya 24 unit, alias naik 29 persen.

>>> Nissan Livina dan Serena Dinobatkan Sebagai MPV Terbaik di Indonesia

Mazda Biante dan Mitsubishi Delica yang tahun lalu masih mencatatkan angka penjualan, di tahun 2019 ini hilang dari daftar, kecuali 1 unit Mitsubishi Delica yang terjual pada Januari 2019.

Untuk Mazda Biante tidak lagi dijual di Indonesia karena produksinya memang dihentikan secara total oleh prinsipal mulai pertengahan semester I 2018 lalu. Adapun untuk penjualan sebenarnya cukup baik, hingga akhir 2018 Biante mampu terjual sebanyak 609 unit.

"Kami kehilangan satu model yakni Biante yang terakhir dijual akhir 2018. Penjualannya ratusan, tahun ini kami tidak punya Biante dan model baru baru datang pada semester kedua sehingga tidak menutup penurunan pada awal tahun," tutur Presiden Direktur, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Roy Arman Arfandy, belum lama ini.

Berbeda dengan Mitsubishi Delica yang saat ini masih diproduksi dan dijual, tapi tidak di Indonesia. Keputusan Mitsubishi berjualan Delica di Indonesia karena pasar yang kurang menggembirakan. Dalam setahun (2018) Delica hanya terjual sebanyak 28 unit. Bandingkan dengan Xpander yang punya desain lebih keren namun harga jauh lebih murah, wajar jika konsumen meninggalkan Delica meski mobil ini punya banyak fitur kemewahan.

>>> Lebih lengkapnya baca review Mitsubishi Delica di sini!

Foto Mazda Biante di pameran IIMS 2018

Penampilan terakhir Mazda Biante di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018

>>> Berita otomotif terlengkap bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Kelebihan dan Kekurangan Mazda Biante 2017

23/02/2018

Jual beli

Persaingan mobil jenis MPV semakin seru, dengan hadirnya MPV yang memiliki beragam model yang dipasarkan di tanah air. Mazda Biante berani bersaing ditengah gempuran banyaknya masyarakat memilih low MPV di banding medium MPV. Ketertarikan masyarakat pada mobl-mobil MPV memang bukan tanpa alasan, MPV menjadi menjamur karena masyarakat menginginkan mobil yang dapat diandalkan pada setiap situasi dan kebutuhannya.

Lihat juga

MMKSI Recall Delica dan Outlander Sport, Ini Tiga Bagian yang Akan Diperbarui

05/04/2019

Event - Promosi

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara bagi pengguna dua model Mitsubishi di Indonesia, MMKSI recall Delica dan Outlander Sport dengan pembaruan pada tiga bagian mobil.

Lihat juga

Wajah Baru Mitsubishi Delica D:5 Benar-Benar Bawa Keberuntungan

07/02/2019

Pasar mobil

Penampilan baru Mitsubishi Delica D:5 berwajah Xpander membawa keberuntungan buat Mitsubishi. Sejak diperkenalkan pada akhir tahun 2018 total pesanan yang masuk mencapai ribuan unit.

Lihat juga

Mengenang Sejarah 50 Tahun Mitsubishi Delica

29/09/2018

Pasar mobil

Mitsubishi Delica hadir sebagai minivan dengan interior luas dan bisa menampung 6-8 orang, serta dikenal punya fungsi lengkap untuk berkendara di medan off-road. Bagi yang penasaran dengan bentuk Delica terdahulu, mari kita lihat perkembangan Delica dari waktu ke waktu.

Lihat juga

Tampilan Generasi Baru Delica D:5 2019 Bocor, Keren Mirip Xpander

24/10/2018

Mobil baru

Tampilan generasi baru Mitsubishi Delica D:5 2019 bocor di internet lewat gambar brosur yang tersebar di situs Jepang kakaku.com. Kamera mata-mata bahkan menangkap mobil yang sama sedang dalam perjalanan untuk dibawa ke sebuah showroom untuk dipamerkan.

Lihat juga