Tandai Kendaraan Listrik, Pemprov DKI Siapkan Stiker Khusus

27/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tandai Kendaraan Listrik, Pemprov DKI Siapkan Stiker Khusus
Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siapkan stiker khusus untuk dipasang pada kendaraan listrik, motor maupun mobil listrik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan diberlakukannya aturan baru Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2020 tentang Insentif Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas KBL Berbasis Baterai. Salah satu isi yang menarik yaitu dibebaskannya kendaraan listrik dari pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB).

Pergub baru yang berlaku mulai 15 Januari 2020 lalu hingga 31 Desember 2024 yang akan datang. ini menjadi implementasi pertama Pemprov DKI terhadap Perpres No. 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program KBL Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

>>> Kendaraan Listrik di Jakarta Bebas Biaya Balik Nama Hingga 2024

Foto Gubernur DKI Anies Baswedan saat mengumumkan pembebasan pajak BBN-KB kendaraan listrik

DKI bebaskan pajak BBN-KB kendaraan listrik

Bebas Ganjil Genap

Insentif bukan hanya pembebasan pajak BBN-KB, mobil listrik dan motor listrik juga bakal bebas ganjil genap. Artinya kendaraan bisa melewati rute mana saja tanpa khawatir ditilang meski tanggal tidak sesuai dengan plat nomor. Terkecuali ada pelanggara lain yang dilakukan pengendara, sudah pasti akan ditilang. Perlu dicatat juga insentif ini khusus Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai atau kendaraan listrik murni.

Untuk kendaraan yang tidak murni listrik seperti hybrid dan plug ini hybrid yang masih menggunakan bahan bakar konvensional tetap dikenakan aturan ganjil genap. Tidak boleh melintas di sembarang waktu.

>>> Pilihan mobil berkualitas ada di sini

Dipasang stiker khusus

Foto menunjukkan Stiker mobil listrik

Mobil listrik bakal dipasang stiker khusus

Sebagai penanda untuk memudahkan identifikasi kendaraan listrik saat melintas di jalan raya, Pemerintah DKI melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tengah menyiapkan stiker khusus yang akan dipasang di setiap kendaraan.

"Sebagai penanda bebas dari ETLE ganjil genap kita berikan stiker khusus, sehingga saat melintas di kawasan ETLE terlihat ada stiker pengguna mobil listrik tidak diberikan tindakan pelanggaran. Sama dengan kendaraan disabilitas," tutur Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, kepada wartawan di, Jakarta, Kamis (24/1/2020).

Stiker akan disertai barcode dan dipasang di tempat yang bisa terdeteksi kamera tilang elektronik. Untuk yang terakhir ini Dishub melakukan koordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

"Sesegera mungkin, ini Pergubnya juga baru jadi kami akan buatkan stikernya, kemudian kami koordinasikan dengan rekan-rekan di Polda. Jadi untuk stiker itu nanti kami yang akan keluarkan," ujar Syafrin.

>>> Sistem Keamanan Mobil Listrik: Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?

Foto Nissan LEAF sedang isi ulang baterai listrik

Mobil listrik mendapatkan banyak insentif

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top