Tampilan Subaru WRX Terbaru Dibongkar, Meluncur Tahun 2022

30/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Penampilan Subaru WRX terbaru sudah mulai diperlihatkan lewat sebuah foto. Sedan performa tinggi dari pabrikan Jepang ini dikabarkan meluncur tahun 2022.

Subaru telah membagikan foto WRX yang digelapkan melalui laman situs resminya. Mereka juga akan melakukan world premiere secara livestream terhadap sedan yang terinspirasi dari dunia reli ini dalam waktu dekat.

Dikabarkan mobil ini akan menggunakan mesin FA24 turbocharged 2.4 liter yang dipinjam dari adiknya, Subaru BRZ. Mesin boxer 4-silinder tersebut diharapkan menghasilkan tenaga di kisaran 400 HP untuk versi STI.

Gambar Subaru WRX STI VA

Tampilan WRX generasi sebelumnya (VA)

Tampilan Subaru WRX Terbaru

Subaru menggambarkan WRX terbaru sebagai sedan performa tinggi yang mengacu pada warisan balapan dan reli dari Legacy, Impreza dan WRX terdahulu. Mobil ini akan menggunakan mesin boxer yang khas dari Subaru beserta dengan sistem dan all-wheel drive simetris.

Foto yang dibagikan Subaru menunjukkan siluet mobil, dan kita dapat melihat bahwa garis atap dan hood scoop besar mirip dengan kendaraan prototipe yang telah diperlihatkan tahun lalu.

>>> Mobil Listrik E-Legend EL1, Terinspirasi Audi Legendaris Dunia Reli

Gambar Subaru Viziv Concept

Subaru Viziv Concept yang menjadi inspirasi WRX terbaru

Sebelumnya, Subaru telah memperlihatkan Viziv Concept di tahun 2017 yang mengisyaratkan desain WRX di masa depan. Kami menduga akan ada beberapa elemen desain dari mobil konsep tersebut pada Subaru WRX terbaru.

Tampilan mobil ini tidak akan menyimpang terlalu jauh dari beberapa elemen kunci sebuah WRX termasuk hood scoop, fender lebar, spoiler belakang kecil, dan empat buah exhaust tip. Model STI dengan performa lebih tinggi akan menambahkan elemen visual yang lebih agresif seperti sayap belakang yang lebih besar.

>>> Ini 3 Gejala Yang Muncul Saat AC Mobil Anda Butuh Diservis

Mesin Boxer Andalan Subaru

Subaru WRX akan menggunakan mesin FA series andalan pabrikan berlambang bintang ini. Kabarnya, WRX terbaru akan meminjam unit mesin FA24 dari Subaru BRZ. Mesin tersebut akan menghasilkan tenaga sekitar 260 HP dengan torsi 375 Nm.

Namun, Subaru akan meningkatkan tenaga tersebut hingga mencapai 400 HP untuk versi STI dari Subaru WRX. Semua varian mobil ini akan diberi opsi transmisi manual 6-percepatan dan transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission).

Gambar mesin FA24

Mobil ini akan menggunakan mesin FA24 yang akan dilengkapi turbocharger

Belakangan ini, Subaru memang lebih berfokus pada mobil-mobil SUV mereka. Sehingga kehadiran mobil ini akan memuaskan keinginan para penggemar Subaru dari dunia motorsport yang sudah menantikan WRX generasi terbaru.

Belum ada keterangan secara resmi mengenai harga dari WRX terbaru, namun mobil ini kabarnya akan ditawarkan di kisaran $30.000 untuk pasar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 438 juta.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top