Tampil Kompetitif, T2 Motorsports Nyaris Podium di Australia

14/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Tampil Kompetitif, T2 Motorsports Nyaris Podium di Australia
Perjalanan T2 Motorsports menuju balapan ketahanan bergengsi Le Mans 24 Jam berlanjut di ajang Asian Le Mans Series 2019/2020. Tampil kuat sepanjang akhir pekan, mereka hampir saja meraih podium pertamanya di kejuaraan ALMS 2019 dan harus puas finis keempat.

Pada putaran kedua ajang Asian Le Mans Series 2019/2020 yang digelar di sirkuit The Bend Motorsport Park. T2 Motorsports yang digawangi duo pembalap Indonesia, Rio Haryanto-David Tjiptobiantoro, serta pembalap kawakan asal Italia, Christian Colombo hampir saja mengkonversi penampilan kuat sepanjang akhir pekan menjadi raihan podium pertama di ajang ALMS 2019/2020.

David Tjiptobiantoro sedang bersiap memulai balapan The Bend 4 jam

Panjang trek serta jumlah tikungan memberikan tantangan tersendiri bagi pembalap

>>> Selain dipakai T2, Ferrri 488 GTE juga menang di Le Mans 24 jam 2019 loh, simak reviewnya di sini

Jadi salah satu trek permanen terpanjang di dunia yang mendapat homologasi FIA dengan panjang 7,7km dan 35 tikungan. The Bend Motorsport park menuntut ketahanan dan pembalap T2 Motorsports. Pun demikian, baik Rio, David, ataupun Christian tampil kompetitif dengan menempati posisi start ke-4 di kelas GT3 menggunakan Ferrari 488 GT3.

“Cuaca di sini cukup panas, bisa mencapai 40 derajat celcius. Maka dari itu, kami harus memperhatikan asupan air demi ketahanan fisik kami. Selain itu, kami juga harus konsentrasi penuh untuk menghadapi 35 tikungan di setiap lapnya,” papar Rio.

Start dari posisi ke-4, T2 Motorsports mengawali balapan ketahanan berdurasi 4 jam itu dengan baik. Davit Tjipto, yang memulai balapan dari peringkat keempat berhasil naik dua posisi pada satu jam awal sebelum digantikan Rio Haryanto, dan Colombo ditugaskan membawa mobil menuju garis finis pada 1 jam 40 menit terakhir, Sengitnya balapan membuat posisi podium terancam.

Ferrari 488 GT3 yang digunakan T2 Motorsport pada balapan ALMS 2019/2020 The Bend Motorsport

Sempat berada di posisi kedua, T2 harus puas finis keempat

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Benar saja, setelah 2 jam menjaga posisi dua besar, safety car masuk dan mengubah peta persaingan balapan. Sempat turun ke posisi tiga, banyaknya drama akhir balapan membuat T2 Motorsports kehilangan momentum, dan kehilangan peluang finis podium. Adapun Car Guy jadi tim GT3 terbaik, disusul HubAuto Corsa di peringkat kedua dan Spirit of Race di peringkat ketiga.

“Kesalahan sekecil apapun dapat berakibat sangat fatal di ajang balap ini, maka dari itu kami selalu berusaha melakukan yang terbaik dan menaruh konsentrasi penuh saat di trek” ujar David Tjipto.

Torehan ini merupakan hasil terbaik bagi T2 Motorsports di ajang Asian Le Mans Series musim 2019/2020, dan menjadi modal berharga bagi tim untuk dua putaran selanjutnya, yakni Sepang 4 jam (16/2) serta Buriram 4 jam (23/2). Dan memperebutkan tiket berlaga di Le Mans 24 jam 2020 untuk juara dari tiap kategori.

>>> Berita baru seputar dunia balap dapat Anda lihat di sini

Ferrari 488 GT3 T2 Motorsport sedang berada di pit lane, ALMS 2019 The Bend

Hasil keempat di Australia jadi modal bagus untuk menatap dua balapan selanjutnya

“Pertandingan hari ini belum membuahkan hasil yang maksimal untuk kami, namun kami semakin percaya diri. Apalagi pebalap kami, Rio menjadi sorotan untuk perolehan waktunya di sesi free practice ke-2 kemarin dengan catatan waktu 2 menit 59,576 detik” ungkap Irmawan Poedjoadi selaku Team Principal T2 Motorsports.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top