Tampil Dominan, Toyota Gazoo Racing Kuasai Le Mans 24 jam 2019

17/06/2019

Pasar mobil

10 menit

Share this post:
Tampil Dominan, Toyota Gazoo Racing Kuasai Le Mans 24 jam 2019
Toyota Gazoo Racing mengamankan kemenangan Le Mans 24 jam 2019 dengan keunggulan telak atas rival terdekat, namun masalah yang dialami #7 memberikan kemenangan pada mobil #8.

Mendominasi Le Mans 24 jam 2019 sejak lima jam awal, Toyota TS050 #7 yang dikemudikan Mike Conway, Kamui Kobayashi, dan Jose Maria Lopez tak tersentuh oleh #8 sebelum drama terjadi satu setengah jam jelang finis.

Unggul lebih dari dua menit, Toyota Gazoo Racing #7 mengalami pecah ban dan tertinggal sekitar 50 detik setelah masalah tersebut teratasi. Coba kembali mengejar #8 yang dikemudikan Fernando Alonso, Sebastien Buemi, dan Kazuki Nakajima, Lopez kehabisan waktu dan melintasi garis finis kedua, terpaut 16 detik.

>>> DragonSpeed gunakan livery throwback Gulf Racing, seperti apa tampilannya?

Toyota Gazoo Racing mendominasi dua posisi teratas sejak awal balapan, posisi terakhir podium jadi rebutan antara SMP Racing dan Rebellion. Sudah tertinggal satu lap dari pimpinan balapan pada lima jam awal, kedua tim tak memiliki perlawanan berarti, dan menuntaskan balapan terpaut enam putaran.

Stoffel Vandoorne, Mikhail Aleshin, dan Vitaly Petrov mengantarkan BR Engineering BR1 #11 finis di posisi ketiga mengungguli dua mobil Rebellion R-13 yang mengalami masalah sepanjang balapan.

Masalah mobil juga dialami oleh DragonSpeed dan ByKolles, di mana mobil dari kedua tim sudah gugur sejak malam harinya. BR1 #10 milik DragonSpeed mengalami masalah kelistrikan, sementara itu ENSO CLM P1/01 mengalami masalah serius pada girboks sejak beberapa jam awal.

Toyota Gazoo Racing, Fernando Alonso, Sebastien Buemi, Kazuki Nakajima, Toyota TS050 #8

Kemenangan ini juga mengantar Toyota #8 menuju gelar juara dunia LMP1 musim 2018-2019

Kemenangan ini semakin mengokohkan posisi Alonso, Buemi, dan Nakajima di posisi teratas klasemen, dan menutup superseason 2019-2020 sebagai yang terbaik di kelas LMP1.

LMP2: Signatech Alpine torehkan kemenangan dominan

Pemenang LMP2 Le Mans 2019, Signatech Alpine

Kemenangan Signatech terbantu oleh tercecernya tim unggulan seperti G-Drive Racing

Beralih ke kelas LMP2, trio Signatech, Nicholas Lapierre, Piere Thiriet, dan Andre Negrao sukses mempertahankan kemenangan tahun lalu dengan kembali jadi yang terbaik pada Le Mans 24 jam 2019. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini mereka tampil amat dominan.

Kemenangan ini tak lepas dari masalah pengkabelan yang dialami G-Drive Racing, di mana Oreca #26 yang dikemudikan Roman Rusinov, Jean-Eric Vergne, dan Job van Uitert kehilangan 20 menit saat balapan menyisakan lima lap.

>>> Temukan mobil impian Anda di sini 

Posisi kedua akhirnya dikuasai Jackie Chan DC Racing #38 dengan Ho-Pin Tung, Stephane Richelmi, dan Gabriel Aubry, ketiganya terpaut satu lap dari Signatech.

Sementara itu, polesitter LMP2, #28 TDS Oreca yang berisikan Loic Duval, Matthieu Vaxiere dan Francois Peroddo melengkapi podium LMP2 dengan finis ketiga setelah kecelakaan parah DragonSpeed Oreca #31 saat dikemudikan Pastor Maldonado.

GTE Pro: Beda nasib Ferrari-Corvette

Pemenang GTE Pro Le Mans 24 jam 2019, AF Corse Ferrari 488

Ini merupakan kemenangan pertama Le Mans 24 jam bagi Ferrari 488

Kekacauan periode safety car pada paruh awal Le Mans 24 jam 2019 praktis membuat persaingan GTE Pro hanya menyisakan dua mobil, yakni #51 Ferrari melawan Corvette #63 yang dikemudikan Antonio Garcia, Jan Magnussen, dan Mike Rockenfeller pada pagi harinya.

>>> [Infografis] lihat deretan mobil balap sportscar Ferrari di sini

Namun, intervensi kembali terjadi tiga jam sebelum finis setelah insiden yang dialami Nyck de Vries. Kejadian ini membuat #63 tertahan di pit, dan memberikan keunggulan satu menit pada trio James Calado, Alessandro Pier Guidi, dan Daniel Serra.

Corvette C7.R Corvette Racing berada di pit, Le Mans 24 jam 2019

Tampil menjanjikan sepanjang akhir pekan, Corvette pulang dari Le Mans dengan tangan hampa

Coba mengejar ketertinggalan dari Ferrari, Corvette justru kehilangan posisi podium setelah Magnussen melintir di Tikungan Porsche, dan membuatnya kehilangan sampai lima lap.

>>> Simak berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Posisi kedua dan ketiga akhirnya dikuasai duo Porsche, #91 (Gianmaria Bruni, Frederic Makowiecki, dan Richard Leitz) mengungguli #93 (Nick Tandy, Earl Bamber, dan Patrick Pillet), keduanya bertarung cukup sengit, dan terpaut kurang dari 20 detik saat melintasi garis finis.

Posisi keempat sampai ketujuh dikuasai Ford Chip Ganassi, dengan #68 (Sebastien Bourdais, Dirk Muller, dan Joey Hand) memimpin kontingen blue oval, yang menjalani balapan terakhirnya di WEC.

Masalah knalpot pada paruh awal balapan mencoret pemenang GTE Pro musim lalu, Porsche #92 dari persaingan Le Mans 24 jam 2019.. Namun finis 10 besar GTE Pro (atau lima besar di antara mobil GTE Pro WEC) mengantarkan Kevin Estre dan Michael Christiensen menuju gelar juara dunia GTE Pro.

Sementara itu, BMW dan Aston Martin menjalani akhir pekan yang memilukan. Pembalap BMW M8 GTE tertinggi finis di posisi ke-11, terpaut 6 lap dari mobil GTE Pro terbaik, sementara itu polesitter #95 Vantage GTE gagal menuntaskan balapan setelah kecelakaan parah pada malam hari.

Pemenang Le Mans 24 jam 2019 kategori GTE AM, Keating Motorsport Ford GT

Keating Motorsport tampil apik dan mengemas kemenangan untuk kelas GTE Am

Untuk kategori GTE-Am, Ford GT #85 milik Keating Motorsport menuntaskan balapan di posisi teratas meski sempat terkena penalti stop-and-go, dan mendapat perlawanan sengit dari #56 Project 1 Porsche.

>>> Simak berita otomotif lainnya di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Preview Le Mans 24 Jam 2019: GTE Pro

14/06/2019

Pasar mobil

10 menit

Meski secara realistis sulit bertarung untuk kemenangan overall, persaingan GTE Pro justru lebih menarik untuk disimak pada gelaran Le Mans 24 jam 2019 ini. Lalu, bagaimana peta persaingan di kelas tertinggi GT akhir pekan ini?

Lihat juga

Preview Le Mans 24 Jam 2019: LMP1

13/06/2019

Pasar mobil

15 menit

Ajang balap ketahanan paling bergengsi, Le Mans 24 jam, akan bergulir akhir pekan ini, dan menutup superseason World Endurance Championship 2019-2020. Lalu, bagaimana peta persaingan di kategori tertinggi, yakni LMP1?

Lihat juga

DragonSpeed Gunakan Livery Spesial Gulf Untuk Le Mans 2019

12/06/2019

Pasar mobil

5 menit

Jelang gelaran Le Mans 24 Jam 2019 yang akan bergulir akhir pekan ini, DragonSpeed memamerkan livery ikonik yang membuat BR1 Gibson #10 jadi mobil yang paling dinantikan penampilannya.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] 5 Mobil Le Mans 24 Jam Tercepat untuk Kecepatan Rata-Rata

11/04/2019

Pasar mobil

Le Mans 24 Jam memang salah satu balapan paling terkenal dalam sejarah otomotif. Sejak pertama kali balapan pada tahun 1923, berikut mobil Le Mans 24 Jam tercepat yang bertahan hingga saat ini.

Lihat juga
 
back to top