Tambah Investasi, Mitsubishi Xpander Hybrid Dikembangkan di Indonesia

10/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tambah Investasi, Mitsubishi Xpander Hybrid Dikembangkan di Indonesia
Mitsubishi Xpander hybrid bakal dikembangkan di Indonesia. Hal ini diketahui dari komitmen investasi yang bakal digelontorkan Mitsubishi senilai Rp 11,2 T.

Mitsubishi Xpander Hybrid memang sudah masuk dalam program elektrifikasi kendaraan listrik milik produsen berlogo tiga berlian. Kabarnya Mitsubishi akan mengembangkan produksi Xpander hybrid di Indonesia. 

Untuk pengembangan tersebut, Mitsubishi sudah berkomitmen menambah investasinya di Indonesia.

ilustrasi rencana mobil baru Mitsubishi berwarna putih dan merah

Rencana pengembangan kendaraan elektrifikasi Mitsubishi

>>> Mendag Sebut Xpander Buatan Cikarang Bisa Kuasai Pasar Australia

Kapasitas Produksi Ikut Bertambah

Penambahan investasi ini juga sekaligus berkaitan dengan penambahan kapasitas produksi mobil di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia. 

"Bahwa pada akhir tahun 2025 mereka akan tambah investasi sebesar Rp 11,2 triliun, dimana akan terjadi peningkatan kapasitas dari yang tadinya 220.000 menjadi 250.000," tutur Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam konferensi pers virtual di Tokyo, Rabu (10/3/2021). 

"Sedangkan mereka juga akan mengembangkan dua model yaitu Xpander hybrid model kedua yaitu Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV) ini diarahkan menjadi produk ekspor dari Indonesia ke negara-negara tujuan ekspor," jelas Agus. 

Jenis kendaraan hybrid memang menjadi fokus Mitsubishi di Indonesia. Sementara untuk mobil listrik murni alias Battery Electric Vehicle (BEV) masih dalam tahap studi. Mitsubishi sendiri menargetkan kendaraan elektrifikasi mencapai setengah dari total penjualan secara keseluruhan pada tahun 2030, atau naik sekitar 7 persen. 

ilustrasi kehadiran MItsubishi Xpander Hybrid di Mitsubishi

Mitsubishi Xpander hybrid lahir tahun 2023

Percepatan pengadaan kendaraan elektrfikasi di tubuh Mitsubishi merupakan respons dari ketatnya aturan emisi di sejumlah negara. Demi memenuhi aturan tersebut, Mitsubishi kian gencar menghadirkan mobil ramah lingkungannya. 

"Tentu juga kami dari pemerintah akan terus mengawal, dan mereka rencana investasi PHEV dan BEV ini juga mereka masih melakukan studi terhadap model-model yang akan dikembangkan (khusus BEV), tapi mereka sudah komitmen," sebut Agus.

>>> Iklan Mitsubishi Xpander di Malaysia Ejek Avanza 'Tak Cantik'

Negara Tujuan Ekspor Mitsubishi Meningkat

Kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid dipercaya bisa menjadi angin segar bagi MPV yang cukup laris di negara-negara Asia Tenggara tersebut. Terlebih dengan mesin hybrid maka sudah bisa memenuhi standar dari beberapa negara yang mulai ketat menerapkan aturan emisi.

[Kaleidoskop Mitsubishi Xpander 2018] Eskpansi Ke Mancanegara Dorong MMKSI Tingkatkan Produksi Hingga Level Maksimal

Ekspor kendaraan Mitsubishi juga bakal ditambah

Di samping itu, Mitsubishi juga berencana untuk melebarkan sayapnya di pasar ekspor dengan memperluas negara tujuan. Kendaraan elektrifikasi menjadi salah satu objek yang bakal diekspor dari Indonesia.

"Misi pemerintah Indonesia datang ke Jepang salah satunya melobi prinsipal bisa memberikan perluasan tujuan ekspor. Nah ini Mitsubishi sudah kasih izin tadinya 30 negara jadi 39 negara. Jadi positif berkaitan dengan Mitsubishi," beber Agus lagi. 

>>> Tips Mendapatkan Mitsubishi Xpander Kredit Termurah

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top