Tak Sekadar 'Suka Ngumpul', Ini Alasan Mobil 7 Penumpang Disukai Orang Indonesia

17/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Tak Sekadar 'Suka Ngumpul', Ini Alasan Mobil 7 Penumpang Disukai Orang Indonesia
Beda dengan negara tetangga yang lebih suka mobil kecil dengan kapasitas maksimal 4-5 penumpang, orang Indonesia lebih suka pada mobil 7 penumpang. Ternyata bukan hanya alasan suka ngumpul, ada alasan lain yang mau tidak mau bikin kita acung jempol.

Foto Perodua Myvi tampak dari samping depan

Perodua Myvi, mobil 5 penumpang paling laris di Malaysia

Beda dengan Malaysia yang orangnya lebih menyukai mobil-mobil berkapasitas 5 penumpang, orang Indonesia lebih suka dengan mobil 7 penumpang yang ukurannya lebih besar. Dilihat dari data penjualan sangat timpang sekali perbedaannya. Tahun 2018 penjualan mobil di Malaysia didominasi oleh Perodua (Daihatsu) dengan dua model menjadi yang terlaris, yakni Perodua Myvi dan Perodua Axia. Perodua Myvi yang di Indonesia dikenal dengan Daihatsu Sirion terjual sebanyak 82.122 unit, sedangkan untuk Perodua Axia alias Daihatsu Ayla terjual sebanyak 70.821 unit. Di Indonesia Daihatsu Sirion hanya laku 1.340 unit di sepanjang tahun 2018, sedangkan untuk Daihatsu Ayla lebih beruntung. Di periode yang sama terjual sebanyak 26.952 unit.

Mobil berukuran kecil macam dua model di atas memang bukan paling disuka Indonesia. Meski dari sisi penjualan termasuk bagus, itu tidak akan seberapa jika dibanding dengan penjualan mobil 7 penumpang baik MPV maupun SUV. Sejak kemunculan Toyota Avanza 2003 silam, mobil 7 penumpang terus mendominasi. Bahkan segmen lain seperti SUV yang di berbagai negara dikenal dengan kapasitas 5 penumpang harus beradaptasi. Di Indonesia SUV berubah menjadi mobil 7 penumpang seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios dan yang lain.

>>> Baca juga: Tangguh Dan Bisa Muat Banyak Penumpang, Berikut Pilihan Mobil Bekas SUV 7 Penumpang

Banyak kalangan menilai kesukaan orang Indonesia terhadap mobil 7 penumpang ini sesuai dengan karakter orang Indonesia yang terkenal suka kumpul-kumpul bersama keluarga, saudara, teman hingga para tetangga. Tidak hanya saat di rumah, saat bepergian dan naik mobil pun mereka lebih suka bersama.

Foto Interior Mazda CX-9 yang terlihat mewah

Orang Indonesia paling suka dengan mobil 7 penumpang

>>> Pesanan Toyota Avanza dan Toyota Veloz Capai 18.000 Unit, TAM Bakal Lakukan Overtime Produksi

Menurut Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, sukanya orang terhadap mobil 7 penumpang tak sekadar karena alasan 'suka ngumpul'. Lebih dari itu adalah karena jiwa sosial yang dinilai sangat tinggi dibanding negara lain serta karena antisipasi berbagai kemungkinan. Memilih mobil berkapasitas besar siapa tahu ada tetangga dan saudara turut menumpang, siapa tahu kepingin jalan-jalan bisa ajak lebih banyak teman, siapa tahu bawa barang bawaan dalam jumlah besar tidak perlu repot lagi cari angkutan.

"Orang Indonesia itu lebih senang mengantispiasi kondisi tidak terduga misal makan siang atau kadang orang pulang dari bandara banyak bawaan kebutuhan itu yang jadi alasannya," kata Soerjo belum lama ini.

Jadi tak usah heran kalau Anda sering ketemu mobil 7 penumpang, isinya cuma sopir sama satu penumpang. Meski kebutuhan hariannya bisa tercukupi dengan mobil berkapasitas kecil macam city car, hatchback atau sedan, mereka tetap lebih suka membeli mobil berkapasitas besar. "Kalau kita berdiri di lobby hotel, lobbynya mal, mobil segede Avanza 7-seater diisi driver dan penumpang kenapa nggak sekalian 5-seater aja," ujarnya.

>>> Baca Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018 di sini

Foto All New Toyota Rush di jalan raya

Tampil dengan desain kekinian dan tetap 7 penumpang, Toyota Rush mengalami peningkatan pesat

Toyota Astra Motor (TAM) sendiri dari sekitar 25 model yang dijual di Indonesia separohnya adalah model mobil 7 penumpang seperti Avanza, Veloz, Calya, Rush, Sienta, Fortuner, dan yang lain. Sementara sisanya adalah mobil 5 penumpang dan mobil niaga. Yang paling anyar disegarkan, ada New Avanza dan New Veloz 2019.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terbaru dan terlengkap hanya di Cintamobil.com

>>> Selalu update berita-berita otomotif terkini di Cintamobil.com!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top