Tak Punya Pabrik Lokal, Audi Indonesia Bergantung Kiriman Dari Jerman

06/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Tak Punya Pabrik Lokal, Audi Indonesia Bergantung Kiriman Dari Jerman
Hingga saat ini, Audi masih tercatat sebagai salah satu merek Eropa yang menjajakan model mobilnya di Indonesia. Ada banyak model dipasarkan, namun tak ada satu pun yang diproduksi di Indonesia. Semuanya CBU dari mancanegara alias impor utuh.

Ini berbeda dengan dua saudaranya yang sama-sama dari Jerman, Mercedes-Benz dan BMW. Mercy sudah melokalisasi modelnya sejak 2009. Pabrik perakitannya berada di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat seluas 42 hektar. BMW malah lebih lama lagi, merakit modelnya di Indonesia sejak 1076 dengan model pertamanya BMW 520i.

>>> Raksasa Otomotif Jerman, Audi dan Porsche, akan Bekerja Sama untuk Pengembangan Mobil Listrik

Audi Q5 Quattro tampak dari depan

Audi Q5 Quattro diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 bersama dengan A3 Sportback

Kaitannya dengan hal tersebut PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku distributor dan agen pemegang merek (APM) memberikan tanggapan. Menurut Herry Noverino, Marketing and PR Department Manager PT GMM, pembukaan pabrik produksi otomotif di sebuah negara bukan hal yang mustahil. Tapi semua didasarkan pada kondisi pasar juga. Seberapa besar permintaan pasar terhadap semua produk.

"Untuk membangun pabrik kita harus memenuhi kuota tertentu yang diminta principal. Kalau demand sudah banyak mungkin bisa," tutur Herry kepada media di sela-sela event Roadshow Audi A3 Sportback di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

Herry memberikan penjelasan lebih lanjut, hampir semua model Audi yang dijual di tanah air diimpor langsung dari Jerman secara CBU dan sebagian kecil dari negara lain yaitu Meksiko. Tapi tidak ada yang diimpor dari negara di benua Asia.

>>> Mau beli mobil? cari disini, beli mobil harga bagus  

Pabrik VW di India tidak memasok mobil merek Audi

Induk Audi, VolksWagen (VW) punya pabrik di India namun tidak memproduksi Audi, hanya model merek VW saja

Induk Audi, VolksWagen (VW) memang memiliki sentra produksi di India. Tapi pabrik di tanah Hindustan tersebut bukan untuk memproduksi Audi, khusus merek VW saja. So, bisa Herry memastikan Audi yang di Indonesia bergantung dari kiriman perusahaan pusat di Jerman. Maka tak mengherankan kalau inden unit baru bisa mencapai 2-3 bulan lamanya.

"Kalau yang di India khusus VW saja. Kalau Audi dari Jerman langsung dan Meksiko. Indennya memang agak lama jadinya, bisa 2-3 bulan," tutup Herry.

Audi A3 Sportback dibawa ke mall Kota Kasablanka untuk diperkenalkan ke masyarakat Indonesia

Roadshow Audi A3 Sportback di mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan yang berlangsung hingga 6 Mei 2018

Share this post:
 
back to top