Tak Perlu Mekanik Datang, Servis Pagani Huayra Cukup Pakai Aplikasi Ponsel

25/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Tak Perlu Mekanik Datang, Servis Pagani Huayra Cukup Pakai Aplikasi Ponsel
Pagani memperkenalkan aplikasi bernama L.E.O. yang memungkinkan para pemilik Pagani Huayra untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan dari jarak jauh menggunakan ponsel.

Kemajuan teknologi informasi dan industri otomotif kini seakan berjalan beriringan. Sudah tak terhitung berapa banyak teknologi informasi khususnya teknologi digital yang bisa membantu para pengemudi serta pemilik kendaraan. Mulai dari sekedar mengontrol perangkat hiburan, sampai bisa membuka pintu secara otomatis dari jarak jauh.

Kini perkembangan teknologi juga diaplikasikan oleh Pagani. Perusahaan otomotif yang berpusat di San Cesario sul Panaro, Italia itu memperkenalkan teknologi yang mereka namakan L.E.O. (Learn Evaluate Operate). Dikutip dari Carbuzz, Sabtu (24/10/2020), teknologi ini mampu mengontrol dan memantau data setiap pemilik Pagani Huayra untuk melakukan diagnosis terhadap mobilnya dari jarak jauh.

>>> Kelakukan Orang Kaya, Hypercar 30 Milyar Pagani Zonda Revolución Jadi Dinding Pemisah

Aplikasi Mobile yang Dikembangkan Selama 3 Tahun

Pagani Huayra Roadster

Aplikasi ini terhubung ke server pusat Pagani

"Pada awal tahun 2000-an kami adalah salah satu perusahaan pertama di industri ini yang bereksperimen untuk mendiagnosis jarak jauh kendaraan. Dan kami telah mengembangkan L.E.O. yang dapat menawarkan lebih banyak hal lain bagi pelanggan kami," kata Horacio Pagani, Founder and Chief of Pagani Automobili.

Teknologi L.E.O. akan dihubungkan dengan sistem ECU Pagani Huayra untuk mengumpulkan informasi demi melakukan analisis dan pemantauan terhadap seluruh sistem di mobil tersebut. Data ini kemudian dikirim ke server pusat yang menyimpan parameter setiap mobil Pagani Huayra yang telah diproduksi untuk kemudian danalisis oleh pihak Pagani.

Setelah data diterima pihak Pagani, data ini kemudian dianalisis untuk melihat apakah ada sesuatu hal pada sistem mobil yang tidak normal. Jika ada, maka sistem akan mengirim informasi untuk melakukan servis. Bahkan melalui sistem ini pula bisa dikirimkan firmware yang dikembangkan khusus, sehingga dapat terinstal ke mobil dari jarak jauh tanpa membutuhkan mekanik yang datang ke rumah pelanggan.

>>> 6 Keuntungan Servis Mobil Secara Berkala Sesuai Jadwal

Sudah Bisa Dipakai Seluruh Pengguna Pagani Huayra

Pagani Huayra Roadster rear

Pemilik mobil bisa melakukan update sofetware dari jarak jauh

>>> Review Renault Trezor 2016: Sosok Mobil Yang Viral Belum Lama Ini

Dengan aplikasi yang bisa dipasang ke ponsel tersebut, pemilik Pagani Huayra akan dapat memantau sistem pada mobil mereka, mendapat informasi jadwal perawatan berkala, sampai menginstal update software dari jarak jauh.

Aplikasi tersebut sudah diuji coba pada sebuah Pagani Huayra Roadster BC, dan diantaranya untuk memasang update software pada engine control module demi mengoptimalkan kinerja mesin. Dan hasilnya perangkat lunak itu berhasil terpasang dari jarak jauh tanpa membutuhkan mekanik.

Untuk aplikasi L.E.O. ini Pagani membutuhkan waktu 3 tahun dan berkolaborasi dengan Vodafone Business, While1, dan DMD Computers. Dengan aplikasi ini pula pihak Pagani mengkalim bisa menemukan kesalahan pada Huayra milik konsumen sebelum menimbulkan masalah yang lebih serius.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top