Tak Menyerah, Ini Dia Kisah Jatuh Bangun Mobil Volkswagen "Made In Indonesia"

07/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Tak Menyerah, Ini Dia Kisah Jatuh Bangun Mobil Volkswagen "Made In Indonesia"
Sempat diproduksi lokal di awal kehadirannya, Volkswagen dalam beberapa tahun terakhir harus menelan pil pahit berjuang di pasar otomotif Tanah Air mengandalkan mobil VW impor. Kini berbekal fasilitas pabrik baru dan independen, Volkswagen siap buktikan keseriusan dalam memasarkan mobil baru dengan harga terjangkau dan kualitas standar global

"Never Say Never Again" menjadi ungkapan yang tepat menggambarkan usaha Volkswagen untuk menjadi esensi "mobil rakyat" di Indonesia. Sempat jatuh bangun dan tarik ulur, akhirnya tahun 2019 menjadi momen kembalinya mobil Volkswagen "Made in Indonesia" untuk pasar otomotif Tanah Air. 

Foto VW Tiguan AllSpace diberikan kepada konsumen

Management Volkswagen AG serahkan mobil VW Tiguan AllSpace kepada lima konsumen pertama

Melalui PT National Assemblers yang berada di bawah naungan Indomobil Group, pabrik seluas 60.000 m2 dengan kapasitas 6.000 unit/tahun dirancang untuk memproduksi mobil baru Volkswagen Tiguan AllSpace secara MKD (Medium Knock Down). Meski baru satu model, tapi tidak menutup kemungkinan akan hadir beragam model-model baru Volkswagen yang akan diproduksi di Indonesia, terkait beroperasinya pabrik mobil Volkswagen di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

>>> Sejarah Perubahan Logo Volkswagen: Dari Swastika Hingga Simpel dan Minimalis 

Memulai Langkah Sejak 1952

Jika ditarik mundur, sejarah mencatat Volkswagen menjadi salah satu brand mobil Eropa yang sudah hadir di Indonesia sejak era 50-an sampai sekarang. Volkswagen di Indonesia sendiri sudah hadir sejak tahun 1952, dimana Volkswagen pernah menjadi bagian dari mobil dinas, mobil keluarga, dan menjadi salah satu status prestise penting bagi masyarakat Indonesia. Dan tentu saja dalam hal produksi mobil, Volkswagen pernah ambil bagian dalam sejarah mobil produksi Indonesia. 

Foto Pameran NV PIOLA untuk Volkswagen di Indonesia

NV. PIOLA  menjadi importir Volkswagen dari 1952-1972

Adalah NV. PIOLA sebagai pelopor sekaligus agen tunggal dan importir mobil-mobil merek Volkswagen di Indonesia di akhir tahun 1952. Menyediakan diler resmi di Jakarta, Surabaya, dan Bandung, NV. PIOLA pada saat itu hanya mengimpor sekitar 650 Beetle dan 531 Combi dari pabrik Volkswagen di Jerman. Dan pada masanya harga mobil VW sangat terjangkau dibanderol sekitar Rp125 ribu (untuk harga di tahun tersebut).

Foto Pameran Volkswagen Mitra di depan Presiden Soeharto

VW MItra menjadi salah satu cara Volkswagen ikut bagian dalam produksi mobil nasional berbasis Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KNBS) 

Hanya saja perjalanan NV. PIOLA dalam mengkomandoi brand Volkswagen terhenti di tahun 1971, dimana keagenan VW berganti ke PT Garuda Mataram Motor. Satu tahun setelahnya, tepat di tahun 1974 proses produksi mobil VW secara CKD (Completely Knock Down) melalui PT German Motors Manufacturing. Pada saat itu mobil yang diproduksi adalah VW Safari dan VW Beetle 1302/200, dan VW Passat LS & L. Dan Volkswagen turut serta dalam kebijakan Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KNBS) pada era 1970an, dengan menciptakan kendaraan Volkswagen komersial berbasis VW T2 yang dinamakan VW MITRA (Mini Transpor Rakyat). 

Foto mobil Volkswagen Safari produksi German Motors Manufacturing

VW Safari menjadi salah satu model Volkswagen yang diproduksi PT German Motors Manufacturing

Kepopuleran Volkswagen di Indonesia pada era 70an tak berhenti sampai di sini. Total lebih dari 10.000 unit mobil VW diproduksi PT German Motors Manufacturing dan dipasarkan oleh PT Garuda Mataram Motor dari tahun 1974-1976. Dan pada tahun 1977, mobil VW Safari dipercaya sebagai mobil operasional untuk posisi Camat di seluruh Indonesia.

>>> Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen

Foto mobil Volkswagen di jalanan Jakarta

Jalanan Jakarta di era 1980an lebih didominasi mobil brand Jepang dan semakin sedikit yang menggunakan mobil brand Eropa seperti Volkswagen

Namun memasuki era 1980, PT Garuda Mataram Motor harus menelan berbagai pil pahit terkait mobil VW produksi dalam negeri yang mulai kalah pamor dari mobil produksi brand Jepang. Terjadi penurunan drastis dalam hal produksi mobil VW dalam negeri, dimana hanya 1000 unit/tahun bisa diproduksi selama tahun 1985 dan 1986. Satu tahun setelahnya, Volkswagen menghentikan seluruh kegiatannya di Indonesia akibat program pajak pemerintah yang tidak sesuai, serta semakin tingginya biaya produksi mobil di dalam negeri akibat kurs Rupiah ke Mark (Jerman) sedang tinggi.

>>> Di Indonesia juga hadir Volkswagen baru dan bekas yang dijual dengan harga menarik

Banyak Mengandalkan Produk Impor

Absennya Volkswagen dalam kancah otomotif Indonesia tidak berlangsung lama. Setelah restrukturisasi organisasi PT Garudan Mataram Motor yang diakuisisi oleh Indomobil Group, Volkswagen akhirnya "comeback" menggunakan VW Caravelle yang dijadikan kendaraan delegasi tamu KTT Gerakan Non Blok di tahun 1992. Setelah itu, mobil Volkswagen akhirnya kembali masuk jalur produksi dalam negeri secara CKD untuk VW Caravelle T4.

Foto mobil VW Caravelle eks-KTT Non Blok

VW Caravelle eks-KTT Gerakan Non Blok 1992

Terjadi perbedaan struktur untuk pemasaran Volkswagen versi mobil penumpang dan non mobil penumpang. Untuk mobil penumpang di tahun 2000, seluruh operasional dan impor mobil VW diserahkan kepada PT Car & Cars Indonesia. Dipimpin oleh Wenda Wonoseputro, masuk model-model seperti New Beetle, New Golf, New Passat, dan Polo ke Indonesia melalui perusahaan ini.

>>> Dapatkan berbagai berita pasar mobil terbaru hanya di sini

Perjalanan PT Car & Cars Indonesia dalam memegang komando bisnis Volkswagen di Indonesia kemudian diserahkan kembali kepada PT Garuda Mataram Motor di tahun 2008. Sejak saat itu, upaya produksi dalam negeri untuk mobil Volkswagen kembali dilakukan. Sekalipun status pengerjaan bersifat SKD (Semi Knock Down), perjalanan mobil produksi lokal untuk Volkswagen sudah dimulai oleh VW Touran dan VW Golf (A6) di tahun 2009. Kemudian VW Tiguan juga sempat diproduksi secara SKD di tahun 2012, serta VW Golf (A7) dipasarkan tahun 2013.

Foto mobil VW Golf di IIMS 2013

VW Golf "SKD" tampil di IIMS 2013

Namun upaya tersebut tetap tidak bisa menghilangkan stigma bahwa mobil Volkswagen tidak lagi menjadi "mobil rakyat" di Indonesia. Banyaknya model Volkswagen yang didatangkan secara impor, mengakibatkan harga mobil ini melonjak tinggi dan masuk ke dalam teritori mobil eropa premium. Sehingga dengan adanya fasilitas pabrik milik PT National Assemblers, Volkswagen mencoba membuat mobil VW baru di Indonesia jadi lebih terjangkau dengan fitur dan kualitas yang sama sesuai standar produksi global.

>>> Simak berita terbaru seputar otomotif di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Sejarah Perubahan Logo Volkswagen: Dari Swastika Hingga Simpel dan Minimalis 

11/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Volkswagen memiliki sejarah panjang sebagai sebuah pabrikan mobil. Dan sejarah perubahan logo Volkswagen pun memiliki cerita tersendiri. Selama lebih dari 80 tahun, logo pabrikan asal Jerman ini sudah berubah sebanyak sembilan kali. 

Lihat juga

2.000 Unit Volkswagen Siap Ramaikan Jambore Nasional Emas ke-50 VW Indonesia

10/09/2019

Event - Promosi

2 menit

Setelah lebih dari 25 tahun berdiri, di bawah naungan Volkswagen Indonesia Association (VIA) telah terdaftar 87 Klub dan beberapa komunitas dengan jumlah anggota mencapai 6.000 orang dan jumlah kendaraan sekitar 4.600 mobil VW. Di tahun 2019 ini, Jambore Nasional Volkswagen Indonesia Association (Jamnas VIA) masuk penyelenggaraan ke-50 kalinya.

Lihat juga

Volkswagen ID.R Kembali Pecahkan Rekor Hill Climb, Kali Ini Gunung Tianmen

03/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Rekor demi rekor terus diukirkan mobil prototype Volkswagen ID.R, setelah sebelumnya mematahkan rekor abadi Goodwood, kali ini giliran “Big Gate Road” Tianmen, Cina yang ditaklukkan mobil balap listrik itu.

Lihat juga

Mengintip Wajah Dan Spesifikasi VW Golf Mk 8 2020, Hatchback Yang Paling Ditunggu Kehadirannya

04/10/2019

Mobil baru

3 menit

Rumornya kita akan menyaksikan kehadiran dari generasi terbaru VW Golf pada 24 Oktober mendatang. Sudah tak sabar?

Lihat juga

Produksi Dalam Negeri, VW Tiguan AllSpace Resmi Diberikan Kepada Lima Konsumen Pertama

03/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Lima Mobil Volkswagen Tiguan AllSpace "made in Indonesia" resmi diserahkan kepada lima konsumen pertama, sekaligus menjadi tanda awal kembalinya VW produksi lokal

Lihat juga