Tak Jadi Rampung Akhir Juni, Ini Progres Jalan Tol BORR Seksi 3A

14/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tak Jadi Rampung Akhir Juni, Ini Progres Jalan Tol BORR Seksi 3A
Tidak jadi selesai pada akhir Juni 2020 seperti yang ditargetkan, konstruksi Jalan Tol BORR Seksi 3A terus berlanjut. Dan berikut progres yang dicapai saat ini!

Pekerjaan konstruksi Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A Simpang Susun Yasmin-Simpang Susun Semplak tidak jadi selesai pada akhir Juni 2020 sebagaimana ditargetkan sebelumnya. Meski demikian proyek terus berlanjut dan meningkat cukup baik.

Progres lebih dari 99%

Dilaporkan Jasa Marga, hingga 9 Agustus 2020 progres konstruksi Jalan Tol Bogor (BORR) Seksi 3A tersebut mencapai 99,139%.  Artinya tinggal menyisakan "sedikit" pekerjaan agar seksi ini tersambung dengan Seksi 1 hingga Seksi 2B Sentul-Simpang Yasmin. Setelah itu dilanjutkan dengan proses uji layak fungsi - operasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga dan Kementerian Perhubungan agar Jalan Tol dapat dioperasikan.

>>> Selain Rambu-rambu, Waspadai 5 Hal Berikut Saat Mengemudi di Jalan Tol

Foto menunjukkan plang Jalan Tol BORR

Pembangunan infrastruktur jalan tol terus berlanjut

"Direncanakan, pengoperasian dilakukan secara bertahap. Tahap saat ini akan dioperasikan tanpa On Ramp RSIA Bunda Suryatni mengingat potensi traffic pada on ramp ini sangat kecil. Traffic baru akan besar apabila jalan tol telah tersambung dengan Jalan Tol Depok-Antasari." tutur Dedi Krisnariawan Sunoto, Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) sebagaimana dirilis Jasa Marga, (13/8/2020).

"Pengoperasian On Ramp RSIA Bunda Suryatni akan dilakukan apabila pembebasan lahan RSIA Bunda Suryatni selesai dilakukan dan frontage road selesai dibangun," lanjutnya. PT MSJ merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola jalan tol lingkar Bogor ini.

Sebelumnya, pada awal Juni 2020 PT MSJ menargetkan konstruksi Jalan Tol Bogor (BORR) Seksi 3A selesai pada akhir Juni 2020 untuk kemudian menjalani uji kelayakan. Namun rencana itu sedikit terhambat adanya pandemi COVID-19 dan hal-hal teknis yang lain sehingga target tidak tercapai.

>>> Pembangunan Jalan Tol BORR Seksi 3A Ditarget Rampung Akhir Juni 2020

Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A

Jalan tol yang dikenal sebagai Tol Lingkar Luar Bogor ini membentang mengelilingi Kota Bogor dari Sentul Selatan hingga Simpang Salabenda. Panjangnya mencapai 12 Km dan terbagi menjadi beberapa Seksi, yaitu:

  • Seksi 1 Sentul-Kedunghalang, sepanjang 3,85 Km. Dibangun sejak Maret 2008 dan resmi beroperasi November 2009
  • Seksi 2A Kedunghalang-Kedungbadak, sepanjang 1,95 Km. Beroperasi akhir Mei 2014.
  • Seksi 2B Kedungbadak-Simpang Yasmin, sepanjang 2,65 Km. Beroperasi awal Juni 2018
  • Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak, sepanjang 2,85 Km.
  • Seksi 3B Semplak-Junction Salabenda, sepanjang 4 Km.

Foto menunjukkan Jembatan Tol BORR Seksi 3A saat menjalani uji beban pada 15-18 Juni 2020

Jembatan Tol BORR Seksi 3A menjalani uji beban dari tanggal 15-18 Juni 2020

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Hampir Selesai, Jembatan Jalan Tol BORR Seksi 3A Jalani Uji Beban

18/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Progres kontruksinyanya sudah mencapai 98,7 persen, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melaksanakan uji beban jembatan Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A.

Lihat juga

Pembangunan Jalan Tol BORR Seksi 3A Ditarget Rampung Akhir Juni 2020

11/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Pembangunan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A sudah mencapai 98,7 persen. Jasa Marga menargetkan akhir Juni 2020 pembangunan selesai.

Lihat juga

Dua Jalan Tol Baru di Jaringan JORR Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun

12/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan dua jalan tol baru di jaringan Tol JORR II segera selesai dan bisa dioperasikan pada akhir tahun secara fungsional.

Lihat juga

Mengenal Perbedaan Sistem Transaksi di Jalan Tol

12/08/2020

Pengemudian

3 menit

Mesipun tidak wajib, pengendara sebaiknya mengetahui perbedaan Sistem Transaksi Terbuka dan Tertutup jalan tol, serta kelebihan yang dimiliki masing-masing.

Lihat juga

Fasilitas di Rest Area KM 360B Jalan Tol Semarang-Batang Bertambah

10/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga menambah 4 fasilitas baru di Rest Area KM 360B Jalan Tol Semarang-Batang sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jalan tol.

Lihat juga
 
back to top