Tak Hanya Masyarakatnya, Mobil Suzuki Di India Juga Dipisah Secara Kasta

06/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Tak Hanya Masyarakatnya, Mobil Suzuki Di India Juga Dipisah Secara Kasta
Kalau mau tahun di negara mana Suzuki paling laris di dunia, India adalah jawabannya. Di negara para dewa ini nama Suzuki sangat populer. Penjualan Suzuki di India menguasai hampir 50 persen dari seluruh penjualan mobil di India sekaligus jadi kontributor Suzuki global terbesar di dunia melebihi negara asalnya, Jepang dan juga Indonesia.

Maruti Suzuki berhasil mencatatkan penjualan domestik sebanyak 1.44 juta unitDi tahun fiskal 2016-2017, dari total volume penjualan mobil di India Maruti Suzuki berhasil mencatatkan penjualan domestik sebanyak 1.44 juta unit dari 1.584 unit yang diproduksi. Selainnya di ekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Deputy General Manager and Head Corporate Communications Maruti Suzuki India Limited, Puneet Dhawan penjualan Suzuki selalu meningkat tiap tahunnya sebesar 10 persen. Dengan pertumbuhan sebesar ini Puneet memproyeksikan bakal menjual sebanya 2 juta unit kendaraan di tahun 2020.

gambar menunjukkan Maruti Suzuki Logo dengan warna biru merah dan abu abu

Maruti ada penjualan domestik sebanyak 1.44 juta unit

Penjualan mobil-mobil bermerek Suzuki yang begitu besar membuat Maruti Suzuki, anak perusahaan yang juga agen pemegang merek (APM) Suzuki di India merasa harus memisahkan antara dealer mobil penumpang dengan yang lain.

Tahun 2015, dealer premium Maruti Suzuki diresmikan dengan nama Nexa. Dealer yang sudah ada di tahun-tahun sebelumnya juga mengalami setting ulang menjadi lebih wah dan berkelas dengan label nama Arena.

>>> Baca juga: Review All New Suzuki Ertiga 2017

Nexa didirikan khusus untuk memasarkan Baleno, Cias, S-Cross dan Ignis. Sedangkan Arena menjual model-model Suzuki yang mainstream seperti Ertiga, Swift, Drize, Vitara Brezaa, Alto K10, Wagon R, Alto 800 dan Celerio.

gambar menunjukkan pemandangan dalam sebuah dealer suzuki ada beberapa mobil

Nexa didirikan khusus untuk memasarkan Baleno

Efek dari pendirian dealer Nexa begitu dirasakan oleh Maruti Suzuki. Nexa yang dikemas seperti layaknya hotel berbintang lima sukses menjaring lebih banyak konsumen orang kaya dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bila sebelumnya mereka enggan untuk melirik model Suzuki, kini tidak lagi. Layanan premium yang disediakan Nexa membuat mereka tak hanya terpikat untuk melihat, tapi juga untuk memiliki.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

“Jadi, kami membawa pengalaman baru di Nexa, dimana mereka akan merasakan layanan yang normal di industri perhotelan bintang lima,” tutur Puneet kepada awak media Indonesia di sela-sela acara pameran otomotif Delhi Auto Expo, Rabu (7/2/2018).

gambar menunjukkan Interior mewah dealer Maruti Suzuki Nexa

Seperti apa layanan premium di dealer Nexa?

Secara singkat seperti tertulis di atas layanan dealer Nexa kalau di Indonesia ibarat layanan hotel bintang lima. Konsumen yang datang bakal disambut oleh pramuniaga layaknya asisten pribadi. Perbincangan dilakukan di ruangan khusus dengan fasilitas dan perabotan mewah. Presentasi produk tidak dilakukan manual, tapi dilakukan menggunakan teknologi dan gadget. Saat terjadi deal transaksi, dealer bakal mengirimkan mobil yang dibeli bersamaan dengan mengirimkan paket karangan bunga dan kue tart sebagai ucapan terima kasih.

gambar menunjukkan sebuah mobil Truk mewah Maruti Suzuki Nexa berwarna hitam sedang diparkir di pinggir jalan

Presentasi produk tidak dilakukan manual

Untuk dealer Arena juga demikian. Perlahan-lahan Maruti Suzuki mulai melakukan perubahan terhadap dealer Arena. Penampilan lama dealer diubah dengan desain baru yang lebih modern dan beradaptasi dengan berbagai teknologi. Nuansa dealer juga dibikin makin hangat sehingga konsumen bakal betah berlama-lama.

>>> Baca juga Harga Suzuki Ignis Terbaru di Indonesia

Pemisahan dua dealer Nexa dan Arena ini menegaskan kalau konsumen Suzuki di India juga dipisahkan secara kasta. Gambarannya jelas, bagi konsumen Nexa kemungkinannya sangat kecil akan pergi ke dealer Arena. Tapi tak menutup kemungkinan konsumen Arena bakal naik menjadi konsumen Nexa seiring dengan peningkatan taraf ekonomi mereka.

Saat ini, dealer Nexa yang sudah berdiri resmi ada sebanyak 300 dealer. Sedangkan dealer lain yang bakal disetting ulang menjadi Arena ada lebih dari 3.000 dealer. Selain dua dealer untuk mobil penumpang, Maruti Suzuki juga memiliki dealer mobil komersil sebanyak 150 dealer serta 4.000 bengkel resmi (termasuk yang gabung dengan dealer).

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:

Berita lain

Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard yang Membuat Harganya Juga Beda

20/05/2020

Jual beli

8 menit

Meski mirip namun ada beberapa diferensiasi antara Toyota Vellfire vs Alphard yang bisa ditemui. Perbedaan inilah yang membuat harga kedua mobil itu juga tak sama

Lihat juga

Ini Daftar Harga Mobil Gran Max Bekas 2010 ke Bawah

21/05/2020

Jual beli

8 menit

Kali ini Cintamobil.com akan memberikan referensi harga mobil Gran Max bekas yang di bawah Rp100 juta. Tentunya mobil ini cocok untuk pengusaha kecil dan menengah.

Lihat juga

3 Mobil Mitsubishi Bakal Naik Harga Bulan Juni

20/05/2020

Pasar mobil

3 menit

3 mobil Mitsubishi bakal mengalami kenaikan harga pada Juni sebagai imbas dari naiknya dolar. Ketiga model itu adalah Xpander, pick-up L-300, dan juga Triton.

Lihat juga

Ambyar, Penjualan Mobil Bulan April Terjun Bebas

20/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik membuat penjualan mobil terjun bebas. Bahkan pengiriman dari pabrik ke diler tidak sampai 8 ribu unit.

Lihat juga

Mengenal Sejarah Toyota Corolla 2 Pintu Dijual di Seluruh Dunia

20/05/2020

Jual beli

8 menit

Corolla 2 Pintu dijual Toyota untuk pasar negara-negara tertentu, sehingga populasinya tidak begitu banyak. Tak heran mobil-mobil ini jadi incaran para kolektor mobil klasik.

Lihat juga