Tak Berakhir 7 Juni, SIKM DKI Jakarta Tetap Wajib Sampai Pandemi COVID-19 Usai

31/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tak Berakhir 7 Juni, SIKM DKI Jakarta Tetap Wajib Sampai Pandemi COVID-19 Usai
Dishub DKI Jakarta memastikan pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) atau SIKM DKI Jakarta tetap diberlakukan hingga pandemi virus Corona (COVID-19) selesai

Sejak 22 Mei 2020 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewajibkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi warga yang ingin bepergian keluar atau masuk wilayah Jakarta. Pemeriksaan dilakukan di perbatasan Jabodetabek dengan wilayah lain dan akan dilaksanakan hingga 7 Juni 2020.

Kabar yang beredar tidak ada lagi kewajiban membawa SIKM setelah 7 Juni 2020 dan tidak ada lagi pemeriksaan sehingga warga yang sebelumnya mudik bisa balik ke Jakarta dengan bebas.

SIKM tetap diwajibkan

Kabar di atas disanggah pemerintah. Dalam rilis bernomor 1312/SP-HMS/05/2020 tanggal 29 Mei 2020 Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta menuturkan Dinas Perhubungan DKI akan tetap melakukan pemeriksaan SIKM setelah 7 Juni 2020. Hanya saja lokasinya ditarik mundur. Tidak lagi di perbatasan Jabodetabek dengan wilayah lain, tapi di perbatasan wilayah administrasi Jakarta dengan kawasan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

>>> New Normal, Inikah Solusi Transportasi Umum Aman dari Virus Covid-19?

Foto menunjukkan Pemeriksaan SIKM di gerbang tol

Pemeriksaan SIKM berlanjut sampai pandemi usai

Pemeriksaan akan terus dilakukan sampai dengan penetapan COVID-19 sebagai bencana nasional non-alam dinyatakan selesai oleh Pemerintah, sesuai Pergub Nomor 47 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo menegaskan, warga dengan kriteria tertentu masih wajib mengantongi SIKM di perbatasan Jakarta dengan Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi.

"Setelah 7 Juni, pengecekan kami tarik mundur, yaitu dilakukan di perbatasan wilayah administrasi Jakarta dengan Bodetabek. Sehingga SIKM masih wajib dimiliki. Ketentuan kepemilikan SIKM merujuk pada pasal 7 Pergub Nomor 47 Tahun 2020," terang Syafrin.

Berlaku untuk 11 sektor

Untuk diketahui SIKM untuk 11 sektor usaha, yaitu Kesehatan, Bahan Pangan/ Makanan/Minuman, Energi, Komunikasi dan Teknologi Informatika, Keuangan, Logistik, Perhotelan, Konstruksi, Industri Strategis Pelayanan Dasar, Utilitas Publik, dan Industri yang ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu, serta Pemenuhan Kebutuhan Sehari-hari.

Selain untuk kepentingan 11 sektor di atas warga dilarang keluar/masuk Jakarta. Pemberlakuan tersebut bertujuan untuk mencegah penularan COVID-19 dan memberikan kepastian hukum dalam pengendalian penduduk Jakarta saat keluar kawasan Jabodetabek dan penduduk dari luar Jabodetabek saat masuk ke Jakarta.

>>> Terpaksa Berkendara Keluar Rumah saat PSBB? Perhatikan 10 Hal Berikut!

Foto menunjukkan petugas melakukan pemeriksaan kendaraan yang keluar masuk Jakarta

Tanpa mengantongi surat izin, pengemudi kendaraan niaga juga tidak bisa masuk Jakarta

Pembuatan SIKM dapat diurus melalui situs resmi Covid-19 DKI Jakarta yakni corona.jakarta.go.id, dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut:

  1. Pengantar RT RW;
  2. Surat keterangan sehat;
  3. Surat keterangan bekerja di jakarta (SIKM berulang);
  4. Surat perjalanan dinas dari kantor;
  5. Pas foto berwarna;
  6. KTP yang sudah discan.

>>> Berita mobil terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Catat, SIKM Jakarta Hanya Boleh untuk 11 Urusan Ini!

29/05/2020

Pasar mobil

3 menit

SIKM menjadi dispensasi bagi warga untuk bisa keluar / masuk Jakarta selama masa PSBB. Namun perlu diperhatikan SIKM hanya berlaku untuk urusan-urusan tertentu.

Lihat juga

Tidak Punya SIKM Jakarta, 2.989 Pengendara Disuruh Putar Balik

28/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memutarbalikan sebanyak 2.989 kendaraan karena tidak punya SIKM selama operasi penyekatan arus balik mudik 2020.

Lihat juga

Modus Baru Pemudik Masuk ke Jakarta, Ganti Plat Nomor!

29/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Beragam cara dilakukan pemudik masuk ke Jakarta demi lolos petugas di pos penyekatan check point. Kini modus yang dilakukan adalah dengan mengganti plat nomor kendaraannya.

Lihat juga
 
back to top