Tahanan Rumah di Jepang, Carlos Ghosn Dilaporkan Mendarat di Lebanon

31/12/2019

Pasar mobil

2 menit

Tahanan Rumah di Jepang, Carlos Ghosn Dilaporkan Mendarat di Lebanon
Mantan CEO Renault Nissan Carlos Ghosn dilaporkan mendarat di Lebanon, meskipun sedang berada dalam pengawasan Kepolisian Jepang dan menjadi tahanan rumah.

Beberapa media internasional melaporkan mantan pejabat tinggi Renault dan Nissan meninggalkan Jepang dan tiba di Lebanon Senin lalu. Masalahnya, Ghosn masih menjalani pemeriksaan dan berada dalam pengawasan pihak kepolisian Jepang sebagai tahanan rumah sembari menunggu persidangan tentang sejumlah tindak kejahatan pengelolaan keuangan yang dituduhkan kepadanya.

Masih belum ada informasi detail yang dikonfirmasi, baik oleh pihak Renault dan Nissan maupun pihak Kepolisian Jepang. Sumber anonim yang diberitakan oleh Financial Times menyebutkan Ghosn mendarat di bandara internasional Beirut Rafic al-Hariri pada Minggu malam menggunakan jet pribadi dari Turki.

 Carlos Ghosn memakai jas dengan logo Nissan di belakangnya
Carlos Ghosn dilaporkan mendarat di Lebanon ketika menjadi tahanan rumah di Jepang

Aturan tahanan rumah memungkinkan Ghosn meninggalkan tempat tinggalnya di Tokyo. Tetapi dia dilarang meninggalkan Jepang. Seorang juru bicara kantor kejaksaan Tokyo menolak berkomentar kepada Reuters, sedangkan pejabat kedutaan Lebanon di Tokyo tidak dapat dihubungi ketika dihubungi oleh media.

>>> Video Pernyataan Carlos Ghosn Dirilis, Mengaku Dijebak dan Dikhianati

Ghosn memegang kewarganegaraan Prancis dan Lebanon. Dia juga menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di sana. Ghosn juga baru saja kembali ke Jepang dari Lebanon ketika dia ditangkap pada November 2018 karena melanggar undang-undang keuangan Jepang.

Beberapa persyaratan yang harus dipatuhi Ghosn setelah menyerahkan uang jaminan seperti keharusan untuk menetap di Tokyo. Ghosn pun tidak boleh bepergian ke luar Jepang dan harus menyerahkan passport kepada pengacaranya. Bagian dari persyaratan lainnya yaitu Ghosn harus mendapatkan persetujuan dari pihak Kejaksaan untuk perjalanan lebih dari dua malam.

>>> Daftar harga mobil terbaru bisa dicek di sini

Carlos Ghosn berjas hitam keluar dari kantor pengacara

Carlos Ghosn ketika keluar dari kantor pengacaranya di Jepang

Investigasi internal di Nissan diduga mengungkap perbedaan dalam laporan kompensasi Ghosn ke Tokyo Stock Exchange. Aktivitas ini dikatakan telah berlangsung selama beberapa tahun. Dalam sebuah pernyataan klarifikasi, pihak Nissan mengungkapkan “banyak tindakan pelanggan lainnya telah terungkap, seperti penggunaan asset perusahaan untuk kepentingan pribadi…”

Setelah mengirim uang jaminan sebesar $9 juta kepada pengadilan tinggi Jepang, Ghosn akhirnya ditangkap lagi pada April 2019 atas tuduhan penyalahgunaan anggaran keuangan lainya. Persidangan dijadwalkan akan dimulai pada awal 2020.

>>> Berita mobil terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top