Syarat Naik Mobil Pribadi Selama PPKM Level 4

26/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah Indonesia resmi memperpanjang aturan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus mendatang. Apa saja kelonggaran yang diberikan pada perpanjangan ini?

Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 di sejumlah wilayah Jawa dan Bali. Perpanjangan PPKM ini berlaku mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

>>> Beda Aturan Berkendara PPKM  Level 4 dan Level 3

Gambar menunjukan Jokowi Dodo

Presiden RI resmi perpanjang PPKM  Level 4

Diperpanjang Hingga Awal Agustus

Perpanjangan masa PPKM Level 4 ini tentunya dilakukan untuk mempertahankan penurunan kurva kasus positif virus Covid-19 di Tanah Air. Selain itu perpanjangan ini juga mempertimbangkan banyak aspek dan penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat dengan ekstra hati-hati.

Selama PPKM  Level 4 periode 26 Juli sampai 2 Agustus ini pemerintah memberikan kelonggaran  pasar rakyat yang menjual kebutuhan pokok dibuka dengan setengah kapasitas maksimum dengan operasional hingga pukul 15.00. Kemudiaan untuk usaha kecil pedagang kaki 5 dan rumah makan juga diizinkan beroperasi dengan protokol yang ketat dan pembatasan jumlah pengunjung.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan melanjutkan penerapan PPKM  Level 4 dari 26 Juli sampai 2 Agustus." ucap Jokowi secara virtual, Minggu (25/7/2021).

>>> Dibuka saat PPKM  Level 4, Intip Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini

Gambar menunjukan Mobil keluarga

Setiap pelaku perjalanan wajib membawa surat negativ covid-19 dan tanda vaksin pertama

Aturan Berkendara Selama Perpanjangan PPKM Level 4

Pada pengumuman perpanjangan PPKM  Level 4 ini Presiden Joko Widodo tidak menjelaskan dengan detail lebih lanjut perihal aturan berkendara dan transportasi. Melihat bahwa PPKM ini masih berada pada tahap yang sama maka aturan berkendara sama dengan sebelumnya sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021.

Artinya setiap pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api) harus  membawa bukti negatif Covid-19 dan kartu vaksin tahap 1. Sedangkan untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.

Adapun daftar lokasi PPKM Level 4 yang berlaku mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 ada di bawah ini.

1. DKI Jakarta (seluruh wilayah)
2. Banten (Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kota Serang)
3. Jawa Barat (Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, 4. Kota Banjar, Kota Bandung dan Kota Tasikmalaya)
5. Jawa Tengah (Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Klaten, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Grobogan, 6. 6. Kabupaten Banyumas, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Salatiga dan Kota Magelang)
7. DIY (Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta)
8. Jawa Timur (Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota 9. 9. Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar dan Kota Batu)

>>> Merawat dan Menjaga Kebersihan Mobil dari Rumah

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top