Syarat Naik Mobil Pribadi dan Pesawat saat PPKM Level 2 dan 3

21/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Berikut beberapa syarat naik mobil untuk daerah PPKM Level 2 dan 3.

Pemerintah memutuskan PPKM Jawa dan Bali kembali diperpanjang selama 2 minggu hingga tanggal 2 Oktober nanti. Perbedaannya, sudah banyak daerah yang menerima penurunan level PPKM dari sebelumnya Level 4 menjadi Level 3 dan 2, sehingga syarat naik mobil pribadi dan transportasi umum sudah lebih longgar dibandingkan sebelumnya.

Syarat Naik Transportasi Pribadi dan Umum

Aturan mengenai perjalanan di daerah PPKM Level 2 dan Level 3 di Jawa dan Bali tercantum pada Instruksi Mendagri Nomor 43 dan 44 Tahun 2021 yang berlaku mulai dari 21 September hingga 4 Oktober 2021.

naik bus pada PPKM Level 2 dan 3
Simak syarat naik transportasi umum dan pribadi dari pihak Kepolisian

>>> PPKM Diperpanjang, Ganjil Genap Bakal Diberlakukan di Kawasan Wisata

Berikut syarat menggunakan transportasi pada PPKM Level 2 dan 3 di Jawa dan Bali yang perlu Anda perhatikan.

  • Bagi pelaku perjalanan domestik menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, hingga transportasi umum, seperti bis, kereta api, kapal laut, dan pesawat harus menunjukkan
    • Kartu vaksin (minimal dosis pertama)
    • PCR (H-2) untuk pesawat dan Antigen (H-1) untuk transportasi darat lainnya dan kapal laut.
  • Ketentuan tersebut berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Jawa dan Bali, serta tidak berlaku dalam wilayah aglomerasi, seperti Jabodetabek.
  • Perjalanan menggunakan pesawat di daerah Jawa dan Bali perlu menunjukkan hasil negatif Antigen (H-1) serta vaksinasi dosis kedua, atau hasil negatif PCR (H-2) jika baru mendapatkan vaksin dosis pertama.
  • Sedangkan untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang dikecualikan dari peraturan memiliki kartu vaksin.

>>> Pengamat: "PPKM Diperpanjang? Pasti, Levelnya Saja yang Berubah"

Tidak ada lagi PPKM Level 4

Dalam perpanjangan PPKM saat ini, seluruh daerah di Jawa dan Bali sudah menerapkan PPKM Level 2 maupun Level 3. Seluruh daerah Bali dan DKI Jakarta menerapkan PPKM Level 3, sedangkan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur terbagi menjadi PPKM Level 2 dan dan Level 3.

polisi yang sedang memberlakukan PPKM Level 2 dan 3
Semua wilayah Jawa dan Bali tak lagi menerapkan PPKM Level 4

Untuk wilayah PPKM Level 3, transportasi umum bisa memberlakukan kapasitas maksimal 70% dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat. Sedangkan wilayah dengan status PPKM Level 2 sudah bisa memberlakukan kapasitas maksimal 100%, namun dengan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top