Swedia Lakukan Uji Coba Jalan yang Bisa Mengisi Daya Mobil Listrik

29/05/2017

Pasar mobil
Share this post:
Swedia Lakukan Uji Coba Jalan yang Bisa Mengisi Daya Mobil Listrik
Perusahaan-perusahaan besar di dunia telah berinvestasi besar terkait teknologi dan kendaraan listik. Dan Swedia menjadi salah satu negara yang mendukung kebijakan ini dengan meresmikan jalan yang bisa mengisi tenaga baterai mobil.

Masalah utama yang masih didapatkan oleh pengemudi kendaraan listrik diseluruh dunia adalah minimnya tempat pengisian daya. Mengatasi masalah ini, perusahaan teknologi di Swedia, Elways, menguji coba jalan yang bisa mengisi tenaga baterai. Proyek gabungan dari beberapa perusahaan tersebut disebut dengan eRoadArlanda.

CEO Elways, Hans Saell yang telah memimpin proyek ini dari 2013 silam, menjelaskan bagaimana teknologi ini bekerja dengan cara yang sederhana. Sebuah rel listrik selebar 15 sentimeter akan dipasang untuk menyalurkan energi listrik yang diterima oleh jalan. Sebuah lengan yang terpasang pada kendaraan akan diturunkan sehingga melakukan kontak dengan rel.

Berikut penjelasan cara kerja jalan listrik ini

Saell mengatakan sistem ini dirancang untuk membuat pengisian terus-menerus tanpa menyusahkan pengemudi. “Jika Anda melewati kendaraan lain, atau jika Anda meninggalkan jalur listrik, atau jika Anda datang ke jalan di mana kami tidak memiliki rel, [lengan] itu akan naik secara otomatis. Jadi sekali lagi, Anda tidak perlu memikirkannya sebagai pengemudi.”

>>> 2 merek Jepang kuasai pasar sedan Indonesia

Saat ini, baterai yang bisa menyimpan daya yang besar membuat biaya kendaraan listrik menjadi mahal. Tapi dengan adanya jalan listrik ini, produsen bisa memangkas kapasitas baterai kendaraan dan mengurangi biaya yang produksi mobil. Selain itu, adanya jalan ini akan menghilangkan kekhawatiran tentang kehabisan daya yang dialami oleh kendaraan listrik.

Dia memperkirakan bahwa versi lanjutan dari teknologi eRoadArlanda akan menelan biaya sekitar $ 1 Juta per kilometer. Terdengar mahal, namun Saell mengungkapkan bahwa biaya tersebut jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan proyek infrastruktur lainnya.

>>> Berita pasar mobil terbaru ada disini

Lebih lanjut, proyek ini juga telah diuji coba dalam segala jenis cuaca dan bahkan terbukti efektif dalam salju dan es. Saell mengungkapkan bahwa jalan listrik ini aman karena aliran listrik yang dihasilkan berada di bawah permukaan jalan dan tertutup dengan baik.

Gambar yang menunjukan rel listrik yang ada pada jalanan yang tertutup salju

Jalur listrik ini teruji aman digunakan ketika turun salju

Jalanan ini juga tidak akan dialiri oleh listrik sepanjang waktu. Listrik menyala dalam jangkauan 50 meter hanya ketika kendaraan yang dilengkapi peralatan lengan tersebut melaju di jalanan. Meskipun Saell menjelaskan bagaimana eRoadArlanda masih membutuhkan banyak pengembangan sebelum digunakan untuk industri yang luas.

>>> Berita otomotif dari seluruh dunia ada disini

Share this post:
 
back to top