Suzuki Pede Diskon PPnBM Bisa Dongkrak Penjualan

06/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Suzuki Indonesia menanggapi positif diskon PPnBM terhadap mobil baru, diproyeksikan penjualan unit bisa naik sekitar 20% dibandingkan dengan bulan sebelumnya

Dua produk andalan Suzuki yakni XL7 dan Ertiga yang dirakit di Tanah Air diketahui ikut tercantum dalam 21 mobil yang boleh mendapatkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) alias diskon PPnBM ditanggung pemerintah. PT Suzuki Indomobil Sales selaku agen pemegang merek Suzuki tentu menyambut baik kebijakan ini. 

Suzuki Indonesia Tanggapi Positif Kebijakan Pemerintah Ini

"Per satu maret kemarin, kami melihatnya PPnBM ini bisa meningkatkan penjualan produk Suzuki, Suzuki sendiri ada dua produk yakni XL7 dan All-New Ertiga. Secara study internal kami penjualan (bisa meningkat) sekitar 20%. Dampaknya memicu konsumen melakukan pembelian, dan kemungkinan ada efek bola salju jadi makin lama makin membesar," tukas Dony Saputra, selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Foto tampilan depan Suzuki XL7 Alpha AT 2020

XL7 dapat diskon PPnBM

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Dony ini juga menambahkan, "Kami juga optimis dengan adanya insentif PPnBM, bisa mendongkrak kinerja industri otomotif, harapannya insentif ini bisa dimanfaatkan untuk konsumen. Secara volume berkisar di antara 6.250 unit per bulan (bulan April hingga Desember). Itu berada di angka 47.000 kalau dibagi 9, kira-kira di angka 6.500," tambahnya di acara media update yang juga diikuti oleh Cintamobil.com.

>>> 40 Tahun Memimpin, CEO Suzuki Osamu Suzuki Pensiun

Produk Suzuki yang dapat diskon PPnBM

Seperti yang kami informasikan sebelumnya, terdapat dua produk andalan Suzuki yang mendapatkan keringanan pajak ini, yaitu XL7 dan Ertiga. Karena syarat mendapatkan insentif pajak ini adalah mobil segmen sedan dan 4x2 dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc yang dirakit di dalam negeri dengan kandungan lokal lebih dari 70 persen yang berhak mendapatkan keringanan PPnBM tersebut.

Gambar Suzuki APV Ambulance

Sayang APV tak jadi dapat insentif

Sebenarnya Suzuki masih punya produk yakni Suzuki APV yang berpotensi mendapat insentif pemerintah tersebut. Sayangnya produk ini tidak bisa ikutan.

"Kenapa APV tidak masuk program PPnBM? Kami berusaha agar APV bisa masuk program tersebut (local purchase), namun saat akhir kami kalibrasi, maka hanya Ertiga dan XL7 saja yang bisa masuk program tersebut," tutup Dony.

>>> Suzuki APV Laku Keras di Tengah Pandemi

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top