Suzuki Jimny Long Alias Katana BRI Bakal Reborn? Ini Detail & Sejarahnya

17/05/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Suzuki Jimny Long yang dulu kurang peminat karena berbagai sebab kini berbalik total karena justru semakin banyak diburu sehingga harganya melambung.

Belakangan ini ramai beredar kabar Suzuki Jimny Long sedang berada dalam tahap pengembangan akhir oleh prinsipal Suzuki Jepang dan siap dirilis tahun 2022 mendatang. Menurut Autoc-One, sebuah laman online Jepang yang mengutip seorang petinggi Suzuki, SUV 5 pintu tersebut rencananya akan melakukan debut perdana dalam event Tokyo Motor Show 2021 pada bulan Oktober namun dibatalkan akibat pandemi Covid-19 yang masih merebak di negeri matahari terbit.

gambar suzuki jimny

Sejak generasi pertama, Suzuki sudah menyediakan varian Jimny LWB

Sedangkan laman Motor1 menyebutkan Suzuki siap memasang mesin turbo untuk Suzuki Jimny LWB dan tidak ketinggalan versi hybrid beserta  motor listrik. Kabarnya, Suzuki Jimny LWB varian hybrid lebih mahal  Yen 300.000 (sekitar Rp 40 juta) daripada  Jimny Sierra JDM.   

gambar suzuki jimny

Salah satu varian Suzuki Jimny LWB dengan 5 pintu  

Secara garis besar, perbedaan mendasar antara Suzuki Jimny SWB dengan LWB lebih terfokus pada  penambahan  pintu 3 dan 4 (pintu belakang untuk penghuni kursi baris kedua), sementara perubahan sisi eksterior maupun interior diperkirakan hanya sedikit saja. Penyegaran  lainnya mencakup  grille depan model bilah horizontal tunggal sebagai  pengganti grille yang sekarang. Sangat boleh jadi, Suzuki juga sedang menyiapkan varian Jimny 5 pintu kelas premium yang lebih mahal dan tampilannya mirip Mercedes Benz G-Class versi  kompak.

gambar suzuki jimny

Suzuki Jimny LJ81, cikal bakal Suzuki Jimny LWB 

Merunut sejarahnya, Suzuki Jimny sasis panjang (Long Wheel Base, LWB) sebenarnya sudah muncul sejak jaman Suzuki Jimny LJ80 (masa edar 1970-1981). Saat itu Suzuki merilis varian Suzuki Jimny LJ81 berupa pick-up dengan jarak sumbu roda lebih panjang daripada  Suzuki LJ80 SWB (2.200 mm vs 1.930 mm). Lalu pada tahun 1980-an saat Suzuki Jimny generasi ke-2  diluncurkan (Suzuki Jimny SJ), juga tersedia varian Suzuki SJ40 LWB yaitu SJ40T (JDM). Untuk pasar Jepang, semua Suzuki Jimny LWB tersedia  dalam bentuk pick-up  dengan bak model  three-way atau flat deck. Selain Jepang,  Suzuki Jimny LWB juga pasarkan ke seluruh dunia dengan berbagai nama seperti Maruti Gypsy (India), Santana LWB (Sspanyol dan sebagian negara Eropa), Jimny LWB ataupun Caribian (Indonesia dan Thailand).  

gambar suzuki jimny

Suzuki Jimny SJ410 LWB dalam format pick-up 

Suzuki Jimny SJ410 Long Wheel Base (LWB) pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1984 untuk mendukung program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS) dari pemerintahan Soeharto. Ketika hadir di Indonesia, Suzuki Jimny LWB hanya tersedia sebagai mobil cab chassis (kendaraan sasis) yang diperuntukkan bagi industri karoseri. Suzuki Jimny LWB yang dirakit di Indonesia lalu diberi nama Katana dan hanya  menganut sistem gerak 4x2 (RWD). Secara teknis, tidak ada perbedaan spesifikasi mendasar pada sektor mesin maupun transmisi antara Suzuki Jimny LWB dengan Suzuki Jimny SWB. Kedua model tersebut sama-sama memakai mesin FA10 1,0 liter dan transmisi manual. Hanya saja waktu itu Suzuki Jimny LWB minim peminat untuk pasar  mobil baru maupun  mobil bekas. Ada sejumlah penyebab, miulai dari desain karoseri yang kurang memikat, tampilan  yang tidak proporsional, hingga bobot yang terlalu berat untuk mesin FA10 1,0 liter. Makanya pada tahun 1992 Suzuki Jimny LWB dihentikan penjualannya oleh Indomobil Group. Nah, berikut ini varian Suzuki Jimny LWB yang beredar di Indonesia  

>>> Mobil Paling Dicari, 3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dari Suzuki Jimny Terbaru

Suzuki Katana BRI

Suzuki Katana BRI adalah varian Suzuki Jimny Long (LWB) hasil kreasi karoseri Adiputro yang bermarkas di Malang, Jawa Timur. Sejak diluncurkan pada tahun 1987, Suzuki Katana BRI lebih banyak digunakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai kendaraan operasional untuk melayani para nasabah yang berada di daerah terpencil.

gambar suzuki jimny

Suzuki Katana Long BRI, kini diburu oleh para kolektor dan harganya melambung tinggi

Di antara berbagai model Suzuki Jimny LWB yang beredar,  Suzuki Katana “Long” (Kalong) BRI menjadi favorit dan incaran para penggemar Suzuki Jimny  karena sosok dan tampilan  yang pas dan proporsional. Dimensi yang lebih panjang menjadikan Suzuki Jimny LWB lebih sesuai bagi keluarga dan menawarkan  kapasitas angkut yang lebih banyak daripada Suzuki Jimny standar SWB. Karena menjadi favorit para offroader, Suzuki Katana BRI dimodifikasi secara total antara lain sistem gerak dibuat 4WD, ganti mesin dan transmisi.    

Suzuki Katana Corsica

Suzuki Katana Corsica adalah varian Suzuki Jimny Long yang diproduksi  oleh perusahaan karoseri Alexander. Ciri utama Suzuki Katana Corsica adalah kaca belakang dengan kabin yang seolah terpisah dari bodi utama. Selain itu, pada bagian atap dilengkapi semacam panoramic roof seperti Land Rover. Untuk tambahan informasi, perusahaan karoseri Alexander boleh disebut sebagai karoseri “spesialis” Suzuki sejak jaman Suzuki Carry.

gambar suzuki jimny

Suzuki Jimny Corsica, hasil kreasi karoseri Alexander

Sosok Suzuki Katana Corsica versi sasis panjang dengan 5 pintu ini mempunyai ciri khas fascia  belakang berupa desain kaca model tumpuk  pada pintu bagasi serupa Land Rover Discovery 1-4. Untuk varian sasis panjang 5 pintu, pintu penumpang samping belakang memakai jendela model naik turun dengan sistem engkol. Pada tahun 1990-an, perusahaan karoseri Alexander diakuisisi oleh perusahaan karoseri New Armada, Magelang. 

Suzuki Katana Country

Boleh jadi inilah varian Suzuki Jimny Long yang paling berbeda dengan Suzuki Jimny Katana Long lainnya yang telah dibahas sebelumnya. Suzuki Katana Country juga hasil kreasi perusahaan karoseri namun belum menemukan referensi nama perusahaan karoseri yang membuatnya. Tampilan unik Suzuki Katana Country terwakili melalui lampu belakang/rem/stop dengan posisi vertikal pada bodi belakang sehingga mirip Daihatsu Taft/Rocky (F70/73/75/78).

gambar suzuki jimny

Suzuki Katana Country, mempunyai kemiripan dengan Daihatsu Taft Rocky

Jadi posisi lampu belakang/rem/stop bukan horizontal di bemper belakang. Sekilas, tampilannya sangat mirip dengan Daihatsu Taft Rocky. Secara keseluruhan, tampilan Suzuki Katana Country dianggap kurang gagah dibanding Suzuki Jimny Long lainnya yang pernah ada di Indonesia. Tidak heran kalau pemilik Suzuki Katana Country sasis panjang kerap mengubah atap bagian belakang dengan model Daihatsu Taft Rocky agar tampak lebih gagah dan macho. Tentunya  tanpa mengorbankan ciri khas Suzuki Katana Country itu sendiri.

Suzuki Jimny Caribian

Setelah menghilang cukup lama (sejak tahun 1992) , 12 tahun kemudian Suzuki Jimny Long (LWB) kembali hadir melalui Suzuki Jimny SJ413 Caribian (CBU) yang berasal dari Thailand. Suzuki Jimny SJ413 Caribian yang meluncur secara resmi pada  tahun 2004 ini memakai  sasis yang sama dengan Suzuki Jimny Long (SJ410 LWB). Sesuai kode modelnya, Suzuki SJ413 Caribian dilengkapi mesin 1,3 liter.

gambar suzuki jimny

Suzuki Jimny Caribian, hanya beredar selama 2 tahun saja

Sayangnya, Suzuki JImny Caribian hanya beredar selama 2 tahun saja mulai dari tahun 2004 hingga  tahun 2006. Indomobil Group memutuskan untuk menghentikan penjualan Suzuki JImny Caribian karena sulit bersaing melawan pick-up double cabin dari merek lain. Faktanya,  kehadiran Suzuki Jimny SJ413 Caribian memberikan berkah tersendiri karena Suzuki Jimny Long (SJ410 LWB) kembali populer di kalangan para penggemar off road.  Belakangan, Suzuki Jimny LWB yang  lebih populer di indonesia dengan sebutan “Kalong” (Katana Long)  justru banyak dicari sehingga harganya melambung tinggi.

>>> Suzuki Jimny 5 Pintu Hadir Tahun Depan di India

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top