Suzuki Jimny Lite, Produk Minimalis Untuk Memotong Inden, Masuk Indonesia?

22/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Suzuki Jimny Lite menjadi salah satu solusi yang ditawarkan Suzuki untuk mengurangi panjangnya antrian Suzuki Jimny melalui produk yang lebih minimalis

Panjangnya antrian SPK Suzuki Jimny generasi ke-IV bukan hanya menjadi masalah di Indonesia, juga terjadi di negara lain, salah satunya negeri kanguru, Australia. Berbeda dengan negara lain, nyatanya Australia mendapatkan solusi dari Suzuki berupa varian Suzuki Jimny Lite.

Foto Suzuki Jimny

Fiturnya tak akan selengkap Jimny ini

Secara teknis, varian tersebut adalah varian Suzuki Jimny yang lebih sederhana karena banyak fitur yang dihilangkan. Hal itu sejalan dengan definisi “Lite” yang berarti “lighter feature list”. Dengan demikian, harga varian tersebut  menjadi lebih murah dan sekaligus dapat memotong daftar inden di Australia yang sudah mencapai satu tahun lamanya. 

>>> 8 Contoh Modifikasi Mobil Jimny dari Harian Sampai yang Extreme

Tampil Lebih Sederhana

Pada sisi eksterior, varian Suzuki Jimny  minimalis ini menonjolkan aspek sederhana melalui lampu depan  halogen, tanpa fog lamp dan rumah plastik untuk kaca spion luar. Selain itu cukup pakai velg baja 15 inci menggantikan velg alloy.

gambar suzuki

Interior tampil minimalis karena fitur disederhanakan

Sedangkan kabin dilengkapi dengan rangkaian fitur standar seperti head unit biasa dan  CD player. Perangkat hiburan  berupa head unit dengan layar sentuh 7 inci yang menjadi fitur standar pada Suzuki Jimny JB74, ditiadakan.

Fungsi Tetap

Suzuki menjamin tidak ada yang berubah dalam hal fungsi dasar varian Suzuki Jimny "minimalis". Itu sebabnya,  mesin masih sama K15B empat silinder segaris 1.5-litre dengan tenaga 101 hp dan torsi  130 Nm. Sebagai varian entry level, tentunya ditawarkan sebagai SUV tiga pedal dengan transmisi manual 5-speed. Kalau konsumen ingin memiliki versi dengan transmisi otomatis 4-speed, silakan pesan varian yang lebih tinggi kepada dealer.

gambar suzuki

Tidak ada yang berubah dalam hal kemampuan off road

Pada sisi lain, varian entry level Suzuki Jimny ini tetap menjadi Suzuki Jimny karena fitur sistem 4WD All Grip Pro tidak dipangkas. Dengan demikian, konsumen Australia bisa memilih dua varian Suzuki Jimny (AT dan MT) dan dua varian Suzuki Jimny Lite (AT dan MT0. Untuk menjaga kualitas produk,  varian Lite tetap diproduksi di Jepang dan akan dipasarkan di Australia mulai 1 Agustus 2021 mendatang.

Foto emblem Jimny All Grip di Suzuki Jimny JB74

Bakal masuk Indonesia enggak ya?

Kabar lainnya, Suzuki sedang menyiapkan varian Suzuki Jimny 5 pintu yang akan dirilis secara global pada tahun 2022 bersamaan dengan peluncuran Suzuki Jimny 3 pintu versi facelift. Wah, kira-kira trim Light ini bakal masuk Indonesia enggak ya? Menurut tim Cintamobil.com yang bisa jawab ya hanya Suzuki Indonesia, Halo PT Suzuki Indomobil Sales... 

>>> Suzuki Jimny Long Alias Katana BRI Bakal Reborn? Ini Detail & Sejarahnya

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top