Indonesia Tak Kebagian Jatah Suzuki Jimny Buatan India?

24/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Suzuki Jimny buatan India mulai diekspor ke berbagai negara, antara lain ke beberapa negara di Amerika Latin dan beberapa negara lain di Timur Tengah serta ke Afrika. Sayangnya Indonesia tidak masuk dalam daftar.

Maruti Suzuki akhirnya secara resmi mulai melakukan ekspor untuk Jimny ke beberapa negara lain. Adapun seremoni keberangkatan kloter pertama pengiriman Suzuki Jimny buatan India itu telah berlangsung 20 Januari 2021 di pelabuhan Mundra di Gujarat, India.

Ada 184 unit Suzuki Jimny yang diproduksi oleh Maruti Suzuki ini yang akan dikirim. Adapun negara tujuannya yaitu beberapa negara di Amerika Latin seperti Kolombia dan Peru. Lalu bagaimana nasib Indonesia?

>>> Belum 2 Tahun, Harga Suzuki Jimny di Indonesia Naik Rp 80 Jutaan

Permintaan Melonjak, Maruti Suzuki Diminta Produksi Jimny

Espor Suzuki Jimny dari India

Seremoni ekspor perdana Suzuki Jimny dari India

Ditunjuknya Maruti Suzuki India Limited (MSIL) untuk memproduksi Suzuki Jimny berdasarkan permintaan akan mobil compact offroad tersebut yang mengalami lonjakan permintaan. Sejak 2018, Suzuki sudah mencatat jumlah peminat untuk Jimny yang begitu membludak. Akhirnya Suzuki pun kewalahan dalam menghadapi tuntutan pasar tersebut.

Kini Jimny buatan India sudah masuk jalur diproduksi dan selanjutnya mobil ini akan dikirim ke beberapa negara lain untuk memenuhi permintaan yang tak sanggup lagi dipenuhi prinsipal Suzuki di Jepang. Adapun negara-negara yang bakal dikirim Suzuki Jimny made in India itu adalah pasar di Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

>>> Modifikasi Suzuki Jimny Disulap Jadi Land Rover Defender

Bagaimana Nasib Suzuki Jimny di Indonesia?

Suzuki Jimny Biru

Jimny dari India pakai mesin K15B 1.500 cc

>>> Review Suzuki Hustler 2018: Kandidat Mobil LCGC Suzuki Terbaru?

"Jimny akan memenuhi permintaan pelanggan di seluruh dunia. Jimny yang diproduksi di pabrik Gurugram Maruti Suzuki memiliki spesifikasi yang sama dengan model yang diproduksi di pabrik Kosai Suzuki Motor Corporation di Jepang," jelas Kenichi Ayukawa, Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited seperti dikutip dari Gaadiwaadi, Minggu (24/01/2021).

Dengan dimintanya Maruti Suzuki untuk memproduksi Jimny, maka India jadi negara kedua basis produksi Suzuki Jimny. Lalu apakah Suzuki Jimny buatan India ini juga akan ke Indonesia? Sayangnya, dalam catatan Maruti Suzuki, Indonesia belum termasuk target negara ekspor Jimny buatan mereka. Sehingga sepertinya untuk Indonesia masih diimpor langsung dari Jepang.

Mengenai spesifikasi, jelas antara Suzuki Jimny dari India dengan yang diproduksi di Jepang tidak ada perbedaan. Dimensinya sama yaitu punya panjang 3.645 milimeter (mm), lebar 1.646, dan tinggi 1.720 mm. Sementara mesinnya pakai mesin K15B berkapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau 4 percepatan torque converter automatic.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top