Suzuki Carry Facelift Meluncur, Kompetitor Kasih Tanggapan

22/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Suzuki Carry Facelift Meluncur, Kompetitor Kasih Tanggapan
Suzuki Carry Facelift berada di pasar mobil niaga ringan yang gemuk, berikut ini adalah beberapa tanggapan kompetitor terhadap eksistensi pick up Suzuki ini

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Suzuki Carry Facelift 2021 meluncur pada hari kamis (21/2) lalu. Tentunya tak bisa dipungkiri, jika sang rajanya pick up ini berada di pasar kendaraan niaga ringan yang gemuk. Artinya, penjualan unitnya banyak dan diminati oleh konsumen. Tercatat sedikitnya ada 4 merek yang bermain di kelas ini. Berikut ini kami kumpulkan beberapa tanggapan dari kompetitor mengenai eksistensi pick up Suzuki yang satu ini.

Foto Suzuki Carry Facelift 2021

Suzuki Carry Facelift ini muncul sejak dua tahun kemunculan New Carry di Tanah Air

Daihatsu Menilai Belum Perlu Lakukan Ubahan

Foto Daihatsu Gran Max 1.5L 2020

Existing model Gran Max dipercaya masih mampu gaet pasar

Jagoan Sunter yang satu ini menilai belum perlu melakukan ubahan pada pick up ringan andalan mereka yakni Daihatsu Gran Max. Alasan yang dikemukakan pihak PT Astra Daihatsu Motor adalah konsumen mobil niaga tidak terlalu membutuhkan ubahan tampilan eksterior maupun interior pada mobil mereka. Hal yang terpenting adalah mobil niaga kuat diajak kerja keras mencari pundi-pundi rupiah.

Gambar Toyota Town Ace atau Daihatsu Gran Max Facelift

Jika mobil ini meluncur di Indonesia akan jadi rival tangguh Suzuki Carry Facelift

"Menurut survey kami, untuk customer commercial car itu lebih mementingkan fungsi dan performa, bukan penampilan. Jadi kami (Daihatsu) melihat Gran Max masih oke untuk memenuhi kebutuhan bisnis customer di Indonesia," papar Amelia Tjandra, selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor ke tim Cintamobil.com, Jum'at (22/1) sore. Maka dengan demikian PT ADM sejauh ini belum ada niat memasarkan Daihatsu Gran Max facelift yang punya tampilan baru dan mesin anyar.

DFSK Akan Fokus Ke GELORA

Gambar DFSK Super Cab Gasoline

Tahun ini DFSK lebih fokus ke GELORA dibanding Super Cab

Pabrikan aseli Tiongkok ini juga memiliki andalan di kelas kendaraan pick up ringan. Yakni DFSK Super Cab. Super Cab memiliki sejumlah keunggulan yang tak dimiliki oleh rivalnya tak terkecuali oleh Suzuki Carry Facelift. Keunggulan utama dari produk yang dirakit di Cikande, Banten ini adalah Super Cab punya dua pilihan mesin, yakni varian bensin 1.500 cc 4-silinder, dan varian diesel 1.300 cc 4-silinder. Jelas kelebihan ini tak dimiliki Suzuki Carry Facelift.

Gambar SOKON K10

So, jangan harap ada versi penyegaran dari DFSK Super Cab

Namun, meski di luar negeri Super Cab sudah ada versi penyegarannnya yang terlihat lebih modern dan enak dilihat, tetapi untuk diluncurkan ke Indonesia, sepertinya Anda harus bersabar. "Saat ini, kami belum memiliki rencana untuk meluncurkan New Super Cab, tetapi kami akan lebih fokus ke model DFSK Gelora," tukas Major Qin, selaku Deputy Marketing Director PT Sokonindo Automobile kepada tim kami di waktu terpisah.

>>> Begini rasa mengemudi Suzuki Carry Pick Up terbaru

TATA Belum Ada Pergerakan (Sama Sekali)

Gambar TATA Supe ACE

TATA masih belum ada pergerakan

Seakan tak ingin ketinggalan dengan pabrikan Jepang dan China, perusahaan asal India ini juga memiliki mobil niaga ringan yang sekelas dengan Suzuki New Carry Facelift yakni TATA Super ACE. Dibandingkan dengan rival sekelasnya, TATA mengandalkan mesin diesel yang konsumsi BBM-nya diklaim lebih irit dari para kompetitornya. Tapi apakah pabrikan India ini sudah ada rencana meluncurkan model terbaru?

Gambar promo buy one get one free

Beberapa bulan lalu Super ACE jadi mobil 'hadiah' pembelian unit truk TATA

"Masih belum," ucap Wilda Bachtiar, selaku Head of Marketing PT TATA Motors Distribusi Indonesia kepada kami saat dikonfirmasi mengenai produk anyar di line up TATA yang sekelas Suzuki Carry Facelift. Sebagai informasi, beberapa bulan lalu mobil pick up ini menjadi hadiah dari program penjualan buy one get one free yang dicanangkan TATA Indonesia. Jadi setiap pembelian Truk TATA model LPT 913 dan TATA model Ultra 1014 bisa langsung bawa pulang pick up saingan Carry ini.

Esemka Bagaimana?

Gambar pabrik dan dealer Esemka di Boyolali, Jawa Tengah

ESEMKA punya dua model untuk melawan kedigdayaan Carry

Merek asli Indonesia ini tetap mengandalkan dua model pick up untuk 'melawan' kedigdayaan Suzuki Carry, model tersebut adalah Esemka Bima 1.2L dan Esemka Bima 1.3L. Sayangnya, jumlah dealer yang masih terbatas serta belum jelasnya jaminan aftersales dan garansi membuat penjualan mobil ini tentunya tak sebesar mobil-mobil sekelasnya. Padahal, secara spesifikasi merek asli Indonesia ini bejaban dengan merek yang sudah mapan.

Foto tampilan belakang Esemka Bima 1.3

Mobil ini punya berbagai kelebihan dibandingkan para rivalnya

Contohnya Esemka Bima bermesin 1.300, pick up ini terlihat besar dengan ukuran panjang 4.930 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.995 mm. Ukuran kargo atau bak angkutnya juga punya dimensi panjang 2.970 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 470 mm, serta berdesain bak flat deck. Bila dibandingkan dari dimensi baknya, mobil ini lebih besar dibandingkan pesaingnya asal Jepang misal Suzuki New Carry dan Daihatsu Gran Max.

>>> Mau beli mobil pick up bekas? Mobil ini yang kami sarankan untuk Anda

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa Harga Suzuki Carry Facelift?
Suzuki Carry Facelift dibanderol mulai harga Rp 152.500.000 hingga Rp 162.000.000
Apakah Suzuki Carry Luxury masih tersedia?
Yes, tapi hanya menghabiskan stok saja
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top