Suzuki APV Masuk 5 Besar Penjualan Mobil Terlaris Bulan April, Didominasi Ambulance

24/05/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Secara mengejutkan Suzuki APV berhasil merangsek masuk penjualan 5 besar di bulan April 2020 lalu, ternyata penjualan mobilnya didominasi produk ambulance

Penjualan mobil baru saat ini sedang diterpa pandemic virus Corona yang memang membuat jualan ambyar (hancur). Pasar mobil pun turun secara drastis, bahkan hingga 90%. Namun di sisi lain, secara mengejutkan Suzuki APV berhasil merangsek masuk penjualan 5 besar di bulan April 2020 lalu. Berdasarkan data wholesales GAIKINDO APV berhasil membuntuti Honda Brio, Daihatsu Sigra, Toyota Innova, dan Mitsubishi Xpander. Data lengkapnya kami sajikan di bawah:

 10 Mobil Terlaris Bulan April 2020 Jumlah 1. Honda Brio 766 Unit 2. Daihatsu Sigra 479 Unit 3. Toyota Innova 455 Unit 4. Mitsubishi Xpander 380 Unit 5. Suzuki APV 293 Unit 6. Toyota Avanza 277 Unit 7. Suzuki XL7 267 Unit 8. Toyota Fortuner 252 Unit 9. Toyota Agya 250 Unit 10. Toyota Rush 218 Unit

Setelah kami konfirmasi ke pihak Suzuki Indonesia ternyata pihak PT Suzuki Indomobil Sales juga kaget dengan performa penjualan Suzuki APV yang baik. Maklum saja, mobil ini modelnya memang sudah out of date, dan penjualannya telah tergantikan oleh Suzuki New Carry dan Suzuki Ertiga. Apalagi ditambah fakta teknis bahwa APV belum mendapat penyegaran major lagi sejak tahun 2008.

Suzuki Indonesia Terkejut

Gambar menunjukkan Suzuki APV dijadikan mobil toko

APV punya akronim All Purpose Vehicle

"Iya, hebring ya APV masih tetap bisa eksis," kekeh Harold Donnel selaku Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS kepada Cintamobil.com. Pria yang suka berolahraga lari ini juga menambahkan jika APV memang cukup banyak terjual untuk kebutuhan ambulance, meski untuk detail pasti jumlah unit APV yang terjual untuk kebutuhan ambulance, pihaknya mengaku harus mengecek lebih detail lagi.

Gambar menunjukkan Suzuki APV GA Ambulance

Ditengah pandemic, penjualan Suzuki APV meningkat

"Dominasinya memang untuk ambulance, karena kalau mobil niaga, APV sudah di replace ke New Carry kan. Semoga APV kita bisa bantu untuk counter pandemic ini ya," harap Harold sapaan akrab Harold Donnel saat ngobrol dengan tim Cintamobil.com membahas soal APV Ambulance ini. Lebih detail, angka penjualan wholesales Suzuki APV yang mencapai 293 unit di bulan April 2020 apabila dijabarkan adalah sebagai berikut:

Tipe Suzuki APV Jumlah
APV-GE 101
APV-GL 80
APV-GX 73
APV-GX AT -
APV-SGX 39

Gambar menunjukkan Suzuki APV Luxury Ambulance

 APV dengan trim Luxury digunakan untuk armada ambulance

Dari data diatas dapat dilihat bahwa ada lima tipe APV, lantas yang mana APV terfavorit untuk dijadikan mobil medis? Pihak Suzuki Indonesia menjawab tidak ada tipe tertentu yang jadi favorit, karena semua basis APV mampu dijadikan ambulance, malah "Kalau dulu sih karena proses LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) jadi pitching based dengan spek tertinggi (SGX bahkan Luxury). Itu karena alasan keamanan pengemudi dan pasien. Tapi kalau sekarang need to re-check again ya," timpal Harold.

Sekilas Pandang Suzuki APV di Indonesia

Gambar menunjukkan posisi intake udara Suzuki APV GX 2004

APV hadir sejak 2004 dan cukup jago menerjang banjir

Suzuki APV lahir pada tahun 2004 sebagai jawaban Suzuki atas hadirnya duo Avanza-Xenia sejak tahun 2003. Tahun 2004 Suzuki meluncurkan Suzuki APV (All Purpose Vehicle) yang terdiri dari 3 tipe, yaitu GA sebagai tipe terendah, GL ditempatkan untuk tipe menengah, dan GX ditipe tertinggi. Menyusul satu tahun setelahnya, Mitsubishi Maven (pelesetan dari My Friendred) turut serta menggempur produk duo Astra tersebut. Bedanya Mitsubishi Maven ini hadir di pasar mobil Indonesia dalam dua tipe yaitu GLX untuk yang terendah dan GLS untuk yang tertinggi, keduanya menggunakan mesin 1500 cc.

Gambar menunjukkan Mitsubishi MAVEN GLX 2005

APV juga punya kembaran dengan Mitsubishi yang bernama Maven

Namun pendekatan yang berbeda dilakukan oleh Mitsubishi, tidak seperti Avanza dan Xenia yang menggunakan basis mesin sama K3-VE non VVT-i untuk mesin 1300 cc dan 1KR-DE untuk mesin 1000 cc. Suzuki mempercayakan unit 4 silinder berkapasitas 1.500 cc berkode G15 yang juga diandalkan Suzuki Baleno, maka Mitsubishi menggunakan mesin 4G15 yang juga digunakan oleh Mitsubishi Colt T120SS. Dari sisi teknis lainnya, yang asyik adalah Mitsubishi Maven sudah mengandalkan gardan dengan kisi-kisi yang lebih mempercepat pembuangan panas.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top