SUV Mercedes dan Volkswagen Ini Raih Penghargaan Keselamatan

30/10/2019

Pasar mobil

5 menit

SUV Mercedes dan Volkswagen Ini Raih Penghargaan Keselamatan
Seiring kemajuan zaman, para pabrikan berlomba-lomba menciptakan mobil yang memberi rasa nyaman dan aman kepada para pengemudi dan penumpang. Baru-baru ini, Mercedes GLE-Class 2020 dan Volkswagen Tiguan 2019 mendapatkan penghargaan Top Safety Pick+.

Baik Mercedes-Benz GLE 2020 dan Volkswagen Tiguan 2019 mendapatkan penghargaan Top Safety Pick + (TPS+) dari Insurance Institue for Highway Safety (IIHS) sebagai salah satu mobil paling aman saat ini. Namun, kedua mobil tidak mendapatkan nilai bagus dengan perlengkapan standarnya, karena fitur krusial tersebut merupakan opsional.

>>> Volkswagen Tiguan Allspace akhirnya kembali diberikan pada lima konsumen pertama

Penghargaan Top Safety Pick 2019 IIHS

Penghargaan TSP+ yang didapat Volkswagen Tiguan dan Mercedes GLC-Class

Untuk mendapatkan penghargaan Top Safety Pick +, sebuah mobil harus mendapatkan rating bagus dari keenam evaluasi tes tabrakan, mulai dari tingkat overlap depan sisi pengemudi, sisi penumpang, overlap bagian depan, bagian samping, kekuatan atap, tes penahanan kepala untuk pencegahan kecelakaan depan, dan rating lampu depan. Baik Mercedes dan VW meraih rating baik di keenam tes kecelakaan.

Lampu depan Mercedes GLC-Class 2020

Salah satu poin plus GLE-Class adalah fitur opsional curve-adaptive LED Projected headlights

Mercedes-Benz GLE 2020 mendapatkan penghargaan TSP+ karena fitur opsional curve-adaptive LED projected headlights dengan high beam assist, yang tersedia pada kendaraan yang dibuat setelah Juli 2019, sementara itu LED statis yang merupakan perlengkapan standar hanya mendapatkan rating “Acceptable”, yang berarti tak layak mendapatkan penghargaan Top Safety Pick +.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Mercedes-Benz GLE 2020 juga menawarkan front crash prevention system sebagai standar, yang juga tersedia sistem lebih canggih sebagai opsional. Keduanya mendapatkan rating “Superior”. Meski IIHS menemukan beberapa kekurangan dari sistem ini, namun kedua sistem ini memenuhi standar yang diperlukan.

Mercedes GLE-Class 2020 warna putih

Fitur front crash prevention system GLC juga mendapat nilai baik dari IIHS

Sementara itu, Volkswagen Tiguan 2019 mendapatkan penghargaan TSP+ jika dilengkapi dengan curve-adaptive LED headlights dengan high-beam assist dan sistem pencegahan kecelakaan depan yang mendapat rating “Superior”. Sementara untuk lampu depannya, yang tersedia pada model yang dirakit setelah Juni 2019, mendapatkan rating bagus.

Lampu depan Volkswagen Tiguan Allspace

Volkswagen juga menerapkan teknologi serupa seperti GLC dan mendapat rating tinggi dari IIHS

Menurut IIHS, model sebelumnya dengan lampu depan serupa mendapatkan rating “Marginal” dan tidak layak untuk mendapatkan penghargaan Top Safety Pick +, sedangkan lampu depan halogen yang jadi standar mendapatkan rating buruk.

>>> Berita seputar pasar mobil bisa Anda temukan di sini

Volkswagen Tiguan 2019 merupakan model kedua yang mendapatkan penghargaan serupa setelah Golf GTI. Sementara itu, model GLE-Class 2019 juga mendapat TSP+ meski sama-sama mendapatkan sistem pencegah kecelakaan depan dan lampu depan tertentu untuk menyesuaikan standar yang diperlukan.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top