SUV Mendominasi Penjualan Mercedes-Benz, Ini Yang Jadi Bintang

15/01/2019

Pasar mobil
SUV Mendominasi Penjualan Mercedes-Benz, Ini Yang Jadi Bintang
Di tengah ketatnya persaingan segmen mobil premium tingkat global penjualan Mercedes-Benz tahun 2018 mampu menembus angka 2,3 juta unit dan mengantarkannya memecahkan rekor penjualan yang dicapai Daimler selama 8 tahun berturut-turut. Lalu siapa model yang menjadi bintang?

Infografis penjualan Mercedes-Benz secara global

Infografis pencapaian prestasi Mercedes-Benz di 2018

Daimler baru saja merilis data penjualan Mercedes-Benz di seluruh dunia untuk periode 2018 dan mencatatkan hasil luar biasa. Sepanjang dua belas bulan pabrikan otomotif asal Jerman ini berhasil menjual sebanyak 2.310.185 unit mobil Mercy atau meningkat sebanyak 0,9 persen dibanding penjualan tahun 2017 yang mencapai 2.289.344 unit. Pencapaian ini mengantarkan Mercedes-Benz pada banyak prestasi, seperti memecahkan rekor penjualan yang dicapai delapan kali berturut-turut, menjadi merek premium terlaris di industri otomotif untuk ketiga kalinya berturut-turut dan yang lain.

Model SUV menyumbang penjualan terbesar dengan jumlah unit terjual sebanyak 820.721 unit atau meningkat sebesar 1,9%. Jika dikalkulasi model SUV menyumbang lebih dari sepertiga dari seluruh penjualan Mercedes-Benz dengan pasar utamanya yaitu China, Amerika Serikat, dan Jerman. SUV Mercedes-Benz GLC dan GLA menjadi bintang dengan mencatatkan penjualan tertinggi alias paling laris di dunia. Di tahun 2019 ini kisah sukses dua kendaraan off-road itu bakal dilanjutkan oleh Mercedes-Benz GLE, EQC serta peningkatan model GLC dan GLC Coupé.

>>> Negara Ini Paling Banyak Menjual Mobil Mercedes-Benz

Foto SUV Mercedes-Benz GLC tampak dari depan

Mercedes-Benz GLC, salah satu SUV premium terlaris di dunia

Bagaimana dengan model lain?

Meski berada di bawah torehan model SUV yang dipimpin Mercedes-Benz GLC dan GLA, model-model di kategori yang lain masih cukup menggembirakan.  Tepat di bawah SUV ada compact car yang mencatatkan penjualan sebanyak 609.000 unit. Penjualan di segmen ini dipimpin New Mercedes-Benz A-Class lalu diikuti B-Class, CLA, CLA Shooting Brake. Di tahun 2019 Mercedes-Benz akan terus membangun kesuksesan dengan model-model mobil kompak generasi berikutnya - termasuk A-Class Saloon, B-Class dan CLA.

Menyusul di bawah compact car, ada Mercedes-Benz C-Class dengan C-Class Saloon and Estate yang membukukan penjualan sebanyak 397.000 unit. Lalu Mercedes-Benz E-Class dengan E-Class Saloon dan Estate yang membukukan penjualan sebanyak 355.000 unit, Mercedes-Benz S-Class dengan S-Class Saloon dan Mercedes-Maybach S-Class Saloon yang membukukan penjualan sebanyak 77.923 unit.

Untuk kategori dream car yang diisi New CLS Coupé, New C-Class Cabriolet dan C-Class Coupé tercatat sebanyak 166.000 unit mobil dikirim ke konsumen di seluruh dunia. New C-Class Cabriolet dan C-Class Coupé telah memberikan dorongan signifikan terhadap penjualan Mercedes-Benz sejak kedua mobil ini tersedia di dealer pada semester II 2018.

>>> Baca Review Mercedes-Benz C 200 EQ Boost Avantgarde Line 2019 di sini!

Foto Mercedes-Benz CLS tampak dari samping depan

Baru meluncur pertengahan 2018, Mercedes-Benz langsung mendongkrak penjualan

Pertumbuhan penjualan juga didapatkan lewat penjualan mobil multiguna mewah Mercedes-Benz V-Class yang meningkat sebesar 6,8% dengan total penjualan sebanyak 62.699 unit, serta penjualan mobil pickup mewah Mercedes-Benz X-Class yang terjual sebanyak 14.000 unit. Pencapaian X-Class ini cukup bagus mengingat tahun 2018 adalah tahun pertamanya sejak mobil ini mulai dijual akhir 2017 di Eropa lalu diluncurkan di Afrika Selatan dan Australia pada 2018.

Kategori lain terakhir yang tak kalah memberikan kontribusi terhadap penjualan Mercedes-Benz adalah AMG yang dikhususkan pada model mobil berperforma tinggi dan mobil sport. Dari banyak model yang ditawarkan seperti E-Class Coupés, E-Class Cabriolets, AMG C 43 4MATIC Coupé, Mercedes-AMG G 63 SUV, AMG C 63 Sedan, AMG GT 4-door Coupé dan yang lain, Mercedes-Benz meraih penjualan sebanyak 118.000 unit di seluruh dunia.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di Cintamobil.com

Foto Mercedes-AMG GT 63 S 4Matic tampak dari samping depang

Mercedes-AMG GT 63 S 4Matic, cocok di arena balap maupun dipakai sehari-hari

Mercedes-AMG G 63 SUV saat ini juga dipasarkan di Indonesia melalui importir mobil mewah Prestige Image Motorcars, menjadi salah satu SUV paling berkarakter dan legendaris di Indonesia. Simak reviewnya melalui video berikut:

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top