SUV Lagi Ngetren, Toyota Belum Tentu Bawa Yaris Cross ke Indonesia

13/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
SUV Lagi Ngetren, Toyota Belum Tentu Bawa Yaris Cross ke Indonesia
Mobil-mobil SUV memang tengah ngetren di dunia, tak terkecuali di Tanah Air. Namun Toyota menyebut SUV barunya Yaris Cross belum tentu dibawa ke Indonesia.

Mobil-mobil jenis SUV memang tengah menjadi tren global dalam beberapa tahun belakangan. Tak heran bila para pabrikan mulai mengenalkan deretan mobil baru yang berjenis SUV. 

Misalnya Toyota yang baru-baru ini justru merilis Yaris namun versi SUV dengan nama Yaris Cross. Yaris Cross untuk pertama kali akan diproduksi untuk memenuhi pasar Jepang. Kemudian setahun setelahnya bakal menyapa warga di Eropa. 

>>> Mungkinkah Toyota Yaris Cross Diboyong ke Indonesia?

Belum Tentu Dibawa ke Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? PT Toyota Astra Motor (TAM) sendiri tak menampik bahwa model itu bisa ditawarkan di Indonesia mengingat mobil jenis SUV juga cukup diminati di Tanah Air. 

Toyota Yaris Cross

Tampang Yaris Cross

"Misal Yaris Jepang di waktu Tokyo Motor Show itu kan ada pertanyaan di Indonesia akan diganti nggak? Ternyata kan tidak, mobil-mobil yang di launching negara lain belum tentu di introduce atau tidak di introduce ya," kata Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam wawancara virtual dengan beberapa media otomotif, Selasa (12/5/2020). 

Anton menambahkan saat ini kebutuhan SUV di Indonesia sudah cukup terpenuhi dengan adanya model yang ditawarkan oleh pabrikan asal Jepang tersebut. 

>>> Mobil Baru Toyota Paling Ditunggu di 2020: Dari GR Yaris Sampai Raize

Toyota sendiri saat ini memiliki beberapa model SUV yang dijual di Indonesia yakni C-HR, Fortuner, Rush, dan juga untuk segmen premium ada Land Cruiser. 

"Kebutuhan di Indonesia juga bervariasi dan saya rasa produk-produk SUV seperti Fortuner atau Rush itu tetap demand SUV yang tinggi. Trennya sekarang memang mengarah ke suv 5-seater cuma kita memang selalu pelajari market ini berkembang dan Toyota selalu pelajari," jelas Anton. 

Tak Meninggalkan Hatchback

Untuk pasar global pun demikian, Toyota juga diketahui gencar mengenalkan model SUV. Meski begitu, PT TAM menyebut akan tetap memperhatikan mobil-mobil jenis lain yang tak sepopuler SUV. 

>>> Pengemudi Mobil Pribadi Langgar PSBB Jakarta: Denda Rp 1 Juta sampai Diderek

Disebutkan Anton, para peminat mobil hatchback di Indonesia masih terbilang besar. Penjualan mobil jenis hatchback keluaran Toyota pun masih cukup lumayan. Misalnya sebelum adanya penyebaran wabah corona, TAM mampu menjual Agya 1.500-2.000 unit setiap bulannya. Sementara untuk model Yaris bisa laku sekitar 600-800 unit setiap bulan. 

Toyota Agya

Penjualan mobil hatchback masih cukup seksi di Indonesia

"Hatchback tetap jadi salah satu market segmentasi yang kita perhatikan lah ya, kita nggak bisa bilang market hatchback kecil, karena sebenarnya kalau dibandingkan sedan masih besar," pungkas Anton. 

>>> Klik di sini untuk berita otomotif terkini lainnya 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Nissan Tawarkan Diskon Pada SUV Terra Hingga Rp 100 Juta

28/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada berbagai promo Nissan yang bisa Anda nikmati saat ini. Anda bisa mendapatkan model Nissan Terra diskon hingga Rp100 juta untuk produksi tahun 2019.

Lihat juga

Spyshot SUV Listrik Hyundai Bocor, Beda Jauh Dari 45 Concept

09/05/2020

Mobil baru

4 menit

Hyundai mengonfirmasi akan menghadirkan SUV listrik yang mengambil inspirasi dari 45 Concept. Spyshot mobilnya sudah beredar, namun secara desain berbeda jauh dari konsepnya.

Lihat juga

Review Range Rover Vogue 2019: SUV Ningrat Yang Semakin Canggih

Rp. 3.200.000.000

16/02/2019

Editor rate:

Generasi keempat dari Range Rover Vogue ini tampil tidak hanya semakin mewah tapi juga canggih. Penambahan fitur bernama Touch Pro Duo membuat SUV bergaya ningrat ini akan semakin memanjakan pengemudi dan penumpang. Lantas apa saja perbedaan dari pendahulunya? Simak review Range Rover Vogue 2019 dari kami.

Lihat juga

Profil Range Rover Velar 2.0 2017 Indonesia, SUV Spesialis Jalan Raya Dari Range Rover

Rp 2.099.000.000

23/05/2018

Editor rate:

Range Rover Velar awalnya hanya bernama Velar saja dan sebenarnya sudah debut jauh sebelum Range Rover diperkenalkan. Ketika Range Rover sudah diperkenalkan, otomatis Velar mendapat embel-embel Range Rover di depannya. Range Rover Velar resmi diperkenalkan di Indonesia pada September 2017 kemarin. Berikut ini profil Range Rover Velar 2.0 2017 Indonesia.

Lihat juga
 
back to top