SUV Lagi Ngetren, Toyota Belum Tentu Bawa Yaris Cross ke Indonesia

13/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil-mobil SUV memang tengah ngetren di dunia, tak terkecuali di Tanah Air. Namun Toyota menyebut SUV barunya Yaris Cross belum tentu dibawa ke Indonesia.

Mobil-mobil jenis SUV memang tengah menjadi tren global dalam beberapa tahun belakangan. Tak heran bila para pabrikan mulai mengenalkan deretan mobil baru yang berjenis SUV. 

Misalnya Toyota yang baru-baru ini justru merilis Yaris namun versi SUV dengan nama Yaris Cross. Yaris Cross untuk pertama kali akan diproduksi untuk memenuhi pasar Jepang. Kemudian setahun setelahnya bakal menyapa warga di Eropa. 

>>> Mungkinkah Toyota Yaris Cross Diboyong ke Indonesia?

Belum Tentu Dibawa ke Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? PT Toyota Astra Motor (TAM) sendiri tak menampik bahwa model itu bisa ditawarkan di Indonesia mengingat mobil jenis SUV juga cukup diminati di Tanah Air. 

Toyota Yaris Cross

Tampang Yaris Cross

"Misal Yaris Jepang di waktu Tokyo Motor Show itu kan ada pertanyaan di Indonesia akan diganti nggak? Ternyata kan tidak, mobil-mobil yang di launching negara lain belum tentu di introduce atau tidak di introduce ya," kata Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam wawancara virtual dengan beberapa media otomotif, Selasa (12/5/2020). 

Anton menambahkan saat ini kebutuhan SUV di Indonesia sudah cukup terpenuhi dengan adanya model yang ditawarkan oleh pabrikan asal Jepang tersebut. 

>>> Mobil Baru Toyota Paling Ditunggu di 2020: Dari GR Yaris Sampai Raize

Toyota sendiri saat ini memiliki beberapa model SUV yang dijual di Indonesia yakni C-HR, Fortuner, Rush, dan juga untuk segmen premium ada Land Cruiser. 

"Kebutuhan di Indonesia juga bervariasi dan saya rasa produk-produk SUV seperti Fortuner atau Rush itu tetap demand SUV yang tinggi. Trennya sekarang memang mengarah ke suv 5-seater cuma kita memang selalu pelajari market ini berkembang dan Toyota selalu pelajari," jelas Anton. 

Tak Meninggalkan Hatchback

Untuk pasar global pun demikian, Toyota juga diketahui gencar mengenalkan model SUV. Meski begitu, PT TAM menyebut akan tetap memperhatikan mobil-mobil jenis lain yang tak sepopuler SUV. 

>>> Pengemudi Mobil Pribadi Langgar PSBB Jakarta: Denda Rp 1 Juta sampai Diderek

Disebutkan Anton, para peminat mobil hatchback di Indonesia masih terbilang besar. Penjualan mobil jenis hatchback keluaran Toyota pun masih cukup lumayan. Misalnya sebelum adanya penyebaran wabah corona, TAM mampu menjual Agya 1.500-2.000 unit setiap bulannya. Sementara untuk model Yaris bisa laku sekitar 600-800 unit setiap bulan. 

Toyota Agya

Penjualan mobil hatchback masih cukup seksi di Indonesia

"Hatchback tetap jadi salah satu market segmentasi yang kita perhatikan lah ya, kita nggak bisa bilang market hatchback kecil, karena sebenarnya kalau dibandingkan sedan masih besar," pungkas Anton. 

>>> Klik di sini untuk berita otomotif terkini lainnya 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top