SUV Blasteran Inggris-China MG ZS Bakal tantang HR-V, Apa Kata Honda?

25/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
SUV Blasteran Inggris-China MG ZS Bakal tantang HR-V, Apa Kata Honda?
Honda baru saja kedatangan rival baru di segmen SUV yakni dengan kehadiran Morris Garage ZS. Apa tanggapan Honda terkait SUV blasteran Inggris dan China itu?

Pasar otomotif Indonesia semakin ramai dengan kehadiran pendatang baru yakni merek asal Inggris blasteran China Morris Garage atau disingkat MG. Tak bermodalkan tangan kosong, MG datang ke Indonesia langsung memboyong SUV anyarnya ZS.

Menggendong mesin berkapasitas 1.500 cc, MG ZS bakal menantang sederet mobil SUV yang sudah terlebih dulu hadir di Indonesia seperti Honda HR-V ataupun Mazda CX-3. 

Harga Lebih Terjangkau Dibandingkan Honda HR-V dan Mazda CX-3

Dibandingkan dua pesaingnya itu, harga MG ZS justru cenderung lebih murah. Honda HR-V ditawarkan mulai Rp 297 juta sementara Mazda CX-3 dijual mulai Rp 414 jutaan. Harga MG ZS justru tak sampai Rp 300 juta. Dua model SUV MG ZS dibanderol masing-masing Rp 255,8 juta dan Rp 289,8 juta.

Gambar menunjukkan mobil Morris Garage ZS berwarna merah

Mobil perdana Morris Garage di pasar Indonesia

>>> Imbauan di Rumah Saja Bikin Honda Rajin Tawarkan Servis ke Rumah

Bagi Honda, ini bukan kali pertama mendapatkan rival yang menawarkan harga jual lebih murah. Sebelumnya, laju penjualan SUV Honda sempat terjegal dengan adanya mobil merek China seperti Wuling Almaz dan juga DFSK Glory. Apa kata Honda terkait hal ini? 

"Saya rasa konsumen sekarang ini memilih kendaraan bukan dari kebaruan dan harga jual saja yah. Tapi mereka juga melihat juga, performa, pelayanan purna jual, dan juga resale value nya. Namun kami tetap memonitor perkembangannya kedepan untuk produk baru ini," sebut Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy saat ditanyai pendapatnya oleh Cintamobil.com, Selasa (24/3/2020). 

Honda HR-V kedatangan rival baru yakni MG ZS

Honda HR-V ditantang SUV blasteran Inggris China MG ZS

>>> Mercedes-AMG E63 Wagon Sudah Siap Dikenalkan?

Segmen SUV di Tanah Air tampaknya cukup menggoda bagi MG untuk mendatangkan ZS. Bekal MG ZS tak cuma harga murah, untuk menantang para rivalnya mobil blasteran Inggris-China itu diklaim memiliki segudang fitur dan tingkat keamanan yang mumpuni. 

Ciri khas mobil asal Inggris tak dihilangkan oleh MG pada ZS karena memiliki Brit Dynamic. 

"Satu keunikan yang penting pada produk MG adalah implementasi Brit Dynamic. Brit Dynamic merupakan sebuah pondasi yang mencakup semua nilai lebih pada setiap mobil MG. Desain berstandar Inggris, handling yang penuh presisi, tenaga mesin yang terdepan, serta keselamatan tanpa kompromi," tutur Marketing and PR Director of MG Motor Indonesia Arief Syarifudin. 

>>> SUV MG ZS Meluncur, Harganya Mulai Rp 255 Jutaan

Menawarkan Beragam Fitur

MG menawarkan panaromic sunroof, layar infotainment 8 inci dengan kompabilitas Apple CarPlay, serta sistem kemudi multifungsi. Ada pula ventilasi udara bisa diputar 360 derajat yang dengan bezel berwarna chrome yang menegaskan tampilan mewah mobil ini. Sayangnya, seperti ZS dimasukkan tanpa voice command i-SMART.

Selain itu, mesin yang ditawarkan masih sama seperti pasar Thailand. Menggunakan mesin 1.5L yang mampu mengeluarkan 114 daya kuda dan torsi maksimum 150 Nm dipadukan dengan transmisi otomatis dengan sistem triptonic. Pengendaraan semakin terjaga dengan teknologi pengereman ABS+EBD+EBA, cruise control, Hill Start Assist, serta Stability Control System.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Melirik Calon Lawan Morris Garage ZS di Indonesia, dari HR-V sampai Terios

09/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Persaingan SUV di Tanah Air semakin ketat. Baru-baru ini ada Morris Garage yang memboyong SUV MG ZS untuk bertarung dengan Honda HR-V dan LSUV lainnya.

Lihat juga

Rumor: Morris Garage Akan Ikut Ambil Bagian di IIMS 2020

13/02/2020

Mobil baru

3 menit

Akhir tahun lalu desas-desus merek mobil Morris Garage (MG) akan ekspansi ke Indonesia ramai diperbincangkan. Akankah IIMS 2020 jadi debut MG di Indonesia?

Lihat juga

Serius Jualan di Indonesia, Morris Garages (MG) Gabung GAIKINDO

23/01/2020

Mobil baru

3 menit

Morris Garages (MG) menunjukkan keseriusannya berjualan mobil di Indonesia dengan mendaftar di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Lihat juga

Virus Corona Paksa Penjualan Mobil Februari di Tiongkok Turun 70 Persen

25/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus Corona di Kota Wuhan tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga penjualan mobil. Dilaporkan penjualan turun hingga 92 persen di Februari 2020.

Lihat juga

Data Penjualan Mobil Dirilis, Ini 20 Merek Terlaris di Indonesia Januari 2020

02/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota kembali jadi merek paling favorit dengan meraih penjualan terbaik. Bagaimana yang lain, berikut 20 merek terlaris di Indonesia bulan Januari 2020.

Lihat juga