SUV Baru Nissan Disiapkan, Lebih Mungil Dari Kicks

28/01/2020

Pasar mobil

3 menit

SUV Baru Nissan Disiapkan, Lebih Mungil Dari Kicks
Melalui sebuah postingan di sosial media terendus bahwa SUV baru Nissan tengah disiapkan untuk pasar India. Mobil ini akan berdimensi lebih kecil dari Nissan Kicks, dan masuk segmen SUV sub-4 meter.

Melalui jejaring sosial media Twitter, Nissan India memberikan teaser compact SUV untuk pasar India. Belum ada info lebih lanjut terkait dimensi mobil memang, tapi dengan Nissan Kicks memiliki panjang 4 meter lebih, tampaknya SUV terbaru Nissan ini akan masuk ke segmen sub-4 meter, yang nantinya akan dihadapkan dengan Vitara Brezza, Hyundai Venue, Kia Sonet, Renault HBC, Tata Nexon, Ford EcoSport, dan Mahindra XUV300.

Belajar dari Kicks dan Renault Captur yang mendapat respon kurang positif di India karen perawakan ala-crossover, desainer Nissan tampak sangat berhati-hati dalam mendesain SUV barunya, dan memastikan mobil tersebut sesuai dengan selera pasar.

Nissan Kicks yang sudah lebih dulu hadir di India

Mobil baru Nissan ini akan diposisikan di bawah Nissan Kicks untuk segmen Sub-Compact SUV

>>> Diisukan keluar dari aliansi, Nissan tegaskan komitmen dengan Renault-Mitsubishi

Ini bisa terlihat dari siluet pada teaser, di mana konsep SUV baru Nissan memiliki perawakan yang jangkung, serta garis atap yang lurus seperti SUV kebanyakan, dan tidak terlihat seperti sebuah hatchback yang dikekarkan atau model yang terlihat kurang SUV.

Di bagian depan, SUV sub-4 meter Nissan ini akan mengadopsi desain lampu depan Nissan Kicks yang seperti boomerang. Sementara profil kaca samping agresif, ini terlihat dari desain kaca yang tegak lurus di bagian Pillar C.

Teaser SUV baru Nissan

Dilihat dari teaser, desain SUV sub-compact Nissan ini akan terlihat kekar dan tangguh

>>> Pilihan mobil terbaik dapat Anda temukan di sini

Seperti dijelaskan di atas, desain garis dibuat datar layaknya SUV konvensional, atau tidak terlalu melandai seperti mobil coupe kekinian, hal ini sesuai dengan selera pasar India. SUV baru Nissan ini tampaknya akan memakai basis platform CMF-A+ dan akan berbagi parts dengan Renault HBC, yang dirumorkan akan hadir dalam bentuk konsep di Auto Expo 2020.

Di balik kap, SUV baru Nissan ini akan memakai mesin tiga silinder 1.000cc turbo HR10 yang menghasilkan tenaga 100 HP dan torsi 170 Nm, serta dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan sebagai standar, atau CVT. Nissan mengklaim akan meluncurkan SUV barunya tahun 2020, namun belum diumumkan lagi kapan waktu pastinya. Bagaimana dengan pasar ASEAN khususnya Indonesia?

Nissan Kicks sedang dijajal di Indonesia

Nissan Kicks sedang dites di Indonesia, akan gantikan Nissan Juke?

>>> Berita mobil baru bisa Anda lihat di sini

Saat ini, Nissan Kicks yang sudah lebih dulu hadir di India dirumorkan akan masuk pasar ASEAN, khususnya Indonesia dalam waktu dekat. Hal ini diperkuat dengan foto spyshot sebuah SUV yang masih ditutup kamuflase sedang melakukan tes di Jalan Indonesia, apakah Nissan Motor Indonesia akan menghadirkan sebuah SUV dalam waktu dekat? Menarik untuk ditunggu.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top