Susul Spin, Chevrolet Captiva Benar-Benar Discontinue Dari Pasar Indonesia

10/11/2018

Pasar mobil
Susul Spin, Chevrolet Captiva Benar-Benar Discontinue Dari Pasar Indonesia
Perjalanan Chevrolet Captiva Indonesia harus berakhir pahit. Sudah mengaspal di bumi pertiwi sejak 2007, penjualan Captiva resmi discontinue pada akhir 2018 ini setelah mendapati catatan penjualan yang begitu buruk.

Pengumuman Chevrolet Captiva discontinue

General Motors Indonesia mengumumkan penghentian Chevrolet Captiva

Agen Pemegang Merek (APM) Chevrolet di Indonesia, General Motor Indonesia harus menelan pil pahit. Melalui situs resminya, GM Indonesia mengumumkan discontinue Chevrolet Captiva dari pasar Indonesia mengikuti jejak Spin yang telah berhenti sejak 2014. Dengan dihentikannya penjualan Captiva, GM Indonesia kini tinggal menyisakan lima model yaitu Trax, Trailblazer, Spark, Orlando, dan Colorado.

Meski tidak dijelaskan alasan dihentikannya penjualan Captiva, kemungkinannya bisa ditebak dengan mudah. Chevrolet Captiva mencatatkan penjualan yang sangat buruk. Dikutip dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Captiva tidak banyak berkontribusi terhadap penjualan Chevrolet. Periode Januari - September 2018, penjualan Chevrolet mencapai 1.887 unit. Dari jumlah sebanyak itu, Captiva hanya menyumbang penjualan sebanyak 71 unit dengan penjualan terbanyak diraih di kuartal I. Sedangkan di kuartal II dan seterusnya mulai Mei hingga September 2018, Captiva hanya laku sebanyak 3 unit dengan perincian Mei laku 2 unit dan Agustus laku 1 unit. Untuk bulan Juni, Juli dan September tidak ada penjualan sama sekali.

Foto Chevrolet Captiva 2016 tampak depan samping

Chevrolet Captiva generasi terakhir diluncurkan di GIIAS 2016

Data impor di GAIKINDO juga terungkap tidak ada pengiriman Chevrolet Captiva dari Thailand sejak awal tahun 2018. Artinya, model yang dijual tahun 2018 ini didatangkan sejak 2017 dan tinggal menghabiskan stok.

Di pasar global, posisi Captiva digantikan oleh Chevrolet Equinox. Apakah strategi sama akan diberlakukan di Indonesia? Saat dikonfirmasi Cintamobil.com, Yuniadi Haksono Hartono, Director Communications & External Affairs Chevrolet Indonesia mengatakan pihaknya belum memiliki komentar spesifik mengenai hal tersebut.

>>> Baca Review lengkap Chevrolet Captiva 2016 di sini!

Aura kemerosotan Chevrolet memang sudah terasa sejak tahun lalu. Pertama; penjualan Chevrolet lebih banyak mengalami penurunan. Periode Januari - September 2018, penjualan Chevrolet mencapai 1.887 unit. Angka penjualan ini turun 31 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2017 dimana penjualan Chevrolet masih mencapai 2.752 unit. Kedua; banyak dealer resmi Chevrolet yang 'ganti baju' menjadi dealer resmi Wuling.

Seperti PT Automobil Jaya Mandiri (AJM) yang sejak 2010 menjadi dealer resmi Chevrolet Semarang dan berkembang menjadi beberapa cabang di kota lain. Sejak peluncuran Wuling Confero S di GIIAS Agustus 2017 lalu, AJM beralih menjadi dealer resmi Wuling Motors. Hanya saja, meski dealer AJM kini tidak lagi melayani penjualan Chevrolet, tapi masih melayani service untuk semua jenis mobil Chevrolet.

Foto Dealer Wuling Semarang tampak depan

Dealer Chevrolet Semarang yang kini menjadi dealer resmi Wuling Motors

"Dealer Chevrolet sudah tak ada, sudah tutup sejak ada Wuling Confero di GIIAS 2017 lalu dan jadi dealer Wuling," tutur Ryan Novrianto, Sales Executive Wuling Motors Semarang saat berbincang dengan Cintamobil.com di sela-sela peluncuran Wuling Formo di pusat perbelanjaan Java Super Mall Semarang, Kamis (8/11/2018).

"Cuma bengkelnya saja yang masih beroperasi untuk servis mobil Chevrolet," katanya melanjutkan.

>>> Target Besar Wuling Motors Jateng, Punya Dealer 3S di Setiap Kota

World Premiere Chevrolet Captiva 2019 

Berbeda dengan belahan dunia lainnya. Kabar terbaru di pameran otomotif Bogota Motor Show 2018 Colombia yang berlangsung dari 7-18 November 2018 saat ini, General Motors sedang bersemangat menghadirkan banyak model keren dari Chevrolet seperti Blazer 2019, Silverado Trailboss, Bolt EV, Camaro series, Colorado, Equinox, Spark, Traverse Redline. Termasuk world premiere generasi terbaru Chevrolet Captiva. Dalam press release yang diterbitkan GM (6/11/2018), generasi terbaru Chevrolet Captiva ini dibekali mesin turbo 1.500 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 147 hp dan torsi maksimum 230 Nm dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Foto Chevrolet Captiva Bogota Auto Show 2018

World Premiere Chevrolet Captiva di Bogota Motor Show 2018 Colombia

Di Colombia model baru ini diklaim sebagai generasi terbaru. Tapi untuk di bawa ke Indonesia sepertinya sangat tidak mungkin. Satu alasan kuat desain dan model mobil ini sudah tidak asing karena menggunakan basisnya Baojun 530. Model yang sama diperkenalkan Wuling Motors di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 sebagai Wuling SUV dan saat ini sedang bersiap untuk diluncurkan.

>>> Wuling SUV Versi Produksi Mulai Menampakkan Diri di Jalan Raya

Foto Wuling SUV di GIIAS 2018

Apa bedanya dengan Wuling SUV yang dikenalkan di GIIAS 2018?

Jadi, ditunggu saja apa yang bakal dipersiapkan GM Indonesia sebagai pengganti Chevrolet Captiva yang telah pensiun.

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top