Susul AS, Recall Tesla Model S dan X Juga Dilakukan di China

08/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah China mengizinkan recall Tesla Model S dan X atas masalah pada kartu multi media eMMC yang bisa menimbulkan gangguan pada beberapa fungsi keselamatan

Recall Tesla Model S dan X di AS karena masalah eMMC kini juga dilakukan di China. Mulai 5 Februari 2021 sebanyak 36.126 unit Model S dan X harus ditarik karena masalah pada kartu multi media eMMC (embedded Multi Media Card). Informasi tersebut diumumkan lembaga administrasi untuk peraturan pasar, State Administration for Market Regulation (SAMR) pasca pengajuan yang dilakukan Tesla Motors (Beijing).

Semuanya model impor

36.126 unit yang direcall semuanya adalah model impor. Rinciannya; sebanyak 20.428 unit Model S masa produksi antara 18 September 2013 hingga 20 Februari 2018, dan sebanyak 15.698 unit Model X masa produksi antara 12 Maret 2016 hingga 16 Februari 2018.

>>> Recall Tesla Model S dan Model X Kembali Terjadi

Gambar menunjukkan Pengumuman recall Tesla Model S dan X oleh pemerintah China

Pemerintah China umumkan recall Tesla Model S dan X

SAMR menjelaskan yang jadi sumber masalah adalah kartu eMMC 8GB yang dinilai sudah tidak support karena melewati batas pemakaian. Kartu eMMS memiliki siklus program / penghapusan 3000 standar industri.

Seiring berjalannya waktu, masa pakai eMMC akan habis. Setelah itu pengontrol eMMC tidak akan dapat menjaga integritas sistem file. Kehilangan ini dapat menyebabkan kegagalan sejumlah fungsi utama software, seperti kerusakan gambar pada head unit, kerusakan kontrol defrost / defogging, atau fungsi sinyal belok eksternal tidak menyala yang berpengaruh pada risiko keselamatan.

Ganti eMMC 64GB

Pada recall Tesla Model S dan X kali ini eMMC 8GB bakal diganti secara cuma-cuma dengan eMMC 64GB. Bukan itu saja, modulnya juga akan diganti dan diinstal dengan versi 2020.48.12 yang merupakan versi terbaru.

Sebagai langkah untuk mempercepat proses recall, Tesla Motors (Beijing) akan memberitahu para pemilik mobil Tesla dengan kriteria di atas melalui beragam cara. Seperti surat resmi, surat elektronik, dan yang lain. Service Center Tesla juga bakal menghubungi pemilik via phone untuk memastikan informasi benar-benar tersampaikan.

Sebelumnya, recall Tesla Model S dan X dilakukan di AS  karena masalah eMMC. Lembaga keselamatan lalu lintas jalan raya, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyerukan kepada Tesla untuk menarik ratusan ribu Model S dan X, kemudian melakukan penggantian kartu dari 8GB menjadi 64GB berikut modul-modulnya.

>>> Mari Mengenal Apa Itu Mobil Tesla

Foto menunjukkan Interior Tesla Model X

Recall dikarenakan ada masalah pada eMMC Tesla Model S dan X

>>> Baca berita menarik lainnya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top