Surabaya Jadi Kota Termacet di Indonesia

12/01/2022

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Surabaya menduduki posisi teratas kota termacet di Indonesia. Tepat di bawah Surabaya, Jakarta menjadi kota paling macet kedua. Simak lengkapnya berikut.

Pembatasan yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 turut berdampak pada kemacetan di Ibu Kota Jakarta. Buktinya Jakarta tak lagi masuk daftar dalam kota termacet di dunia sejak tahun 2020 dan berlanjut pada tahun 2021. 

>>> Tanpa Jakarta, Ini Daftar 10 Kota Termacet di Dunia

Jakarta Kota Termacet ke-222 di Dunia

Daftar Kota Termacet Di Dunia, Jakarta di Posisi 10

Saat aturan mulai dilonggarkan, jalanan Jakarta mulai macet lagi

Jakarta kini menempati posisi ke 222 kota termacet di dunia seperti tertuang dalam survei yang dilakukan Inrix. Kota termacet di dunia sepanjang tahun 2021 dihuni oleh London. London sendiri pada tahun 2020 mengisi tempat ke 16. Di London, pengendara harus rela kehilangan 148 jam di jalan karena kemacetan. 

Kemudian kota termacet di dunia yang kedua adalah Paris. Kemacetan di Paris membuat pengendara kehilangan 140 jam. Masih dari Eropa, tempat ketiga ada Brussels yang sebelumnya menempati posisi ke-25. 

Pun demikian dengan kawasan Asia. Nama Jakarta juga tak tercantum dalam 20 besar kota yang paling macet di Asia. Di Asia, kota paling macet adalah Istanbul. Di bawah Istanbul ada Bursa, Bangkok, Ankara, Esenyurt, Izmir, Adana, dan Corum. Ya 9 dari 10 kota paling macet di Asia diisi oleh kota di Turki. 

Di Indonesia juga begitu. Jakarta absen menghuni tempat teratas sebagai kota paling macet se-Tanah Air. Kota dengan angka kemacetan paling tinggi di Indonesia adalah Surabaya. Surabaya juga sekaligus menjadi kota paling macet ke-41 di dunia. Secara statistik, kemacetan di Surabaya membuat 62 jam terbuang sia-sia. 

jalanan Jakarta

Jalanan Jakarta saat ada sejumlah pembatasan

>>> Begini Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet

Surabaya Jadi Kota Termacet di Indonesia

Adanya kemacetan tentu juga berdampak pada kecepatan kendaraan yang hanya mencapai 13 mph atau setara dengan 20,9 km/jam. 

Jakarta justru berada di posisi kedua kota paling macet seantero Indonesia. Ini bisa jadi menjadi prestasi sendiri bagi Jakarta yang sebelumnya berada di posisi ke 55. Apalagi waktu yang terbuang akibat kemacetan juga turun dari 409 jam menjadi hanya 28 jam. Tapi uniknya, kecepatan yang bisa ditempuh saat jam sibuk di Jakarta malah lebih lamban dibanding dengan Surabaya yakni hanya mencapai 11 mph atau setara 17,7 km/jam. 

Gambar Jadwal Ganjil Genap

Ada juga pembatasan berupa aturan ganjil/genap

Kemudian ada Denpasar di tempat ketiga sekaligus mengisi posisi 291 kota termacet di dunia. Total 31 jam terbuang akibat kemacetan di Denpasar terutama di jam-jam sibuk. Berikut ini daftar lima besar kota termacet di Indonesia sepanjang tahun 2021. 

1. Surabaya 20,9 km/jam
2. Jakarta 17,7 km/jam
3. Denpasar 19,3 km/jam
4. Malang 19,3 km/jam
5. Bogor 19,3 km/jama

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top